Ketahui Prosedur Pemasangan KB IUD di Dokter

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2021
Ketahui Prosedur Pemasangan KB IUD di DokterKetahui Prosedur Pemasangan KB IUD di Dokter

“KB IUD disebut sebagai jenis alat kontrasepsi yang memiliki efektivitas tinggi untuk menunda kehamilan. Alat kontrasepsi ini dipasang dengan cara dimasukkan ke rahim melalui vagina. Penasaran bagaimana prosedur pemasangan alat KB ini? Simak penjelasannya di artikel berikut!

Halodoc, Jakarta – KB IUD alias intrauterine device merupakan jenis alat kontrasepsi dalam rahim. Kontrasepsi ini juga dikenal dengan istilah KB spiral. Seperti alat kontrasepsi lainnya, penggunaan IUD bertujuan untuk menunda atau mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Katanya, IUD merupakan salah satu jenis KB yang efektif dan tepat bagi pasangan yang belum berencana memiliki keturunan. 

Ini karena alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim ini memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan. Cara kerjanya adalah dengan menghambat gerakan sperma menuju saluran rahim. Dengan begitu, pembuahan bisa dicegah dan tidak akan terjadi kehamilan. Berencana untuk memasang alat kontrasepsi ini? Cari tahu dulu seputar prosedurnya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Benarkah IUD Lebih Baik dari KB Suntik?

Persiapan sebelum Pemasangan KB IUD 

KB IUD adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim melalui vagina. Sebelum alat ini dimasukkan, dokter akan melakukan beberapa persiapan, termasuk pemberian obat pereda nyeri dan memberi penjelasan terkait prosedur yang akan dilakukan. Kemudian, dokter akan melakukan tes kehamilan untuk memastikan kamu tidak sedang hamil dan tidak memiliki kemungkinan hamil dalam waktu dekat. 

Pemeriksaan dilanjutkan untuk mengetahui posisi, ukuran, dan pergerakan rahim. Setelah semuanya siap, dokter akan mulai melakukan prosedur pemasangan KB IUD, didahului dengan menstabilkan, dan mengukur saluran rahim. Vagina akan dibuka dengan alat yang disebut speculum untuk kemudian dibersihkan, tujuannya agar terhindar dari risiko infeksi setelah pemasangan KB IUD. 

Jika semua hal sudah sesuai standar, termasuk ukuran rahim, dokter atau petugas medis akan menyiapkan IUD yang akan dipasang. Sebelum dimasukkan, alat ini akan dibengkokkan pada bagian lengannya. IUD akan diletakkan pada inserter khusus berupa tabung yang kemudian dimasukkan lewat vagina. Setelah sampai di kedalaman rahim yang tepat, IUD akan dikeluarkan dari tabung dengan cara didorong. 

Baca juga: 13 Fakta Tentang Kontrasepsi IUD yang Perlu Diketahui

Setelah itu, bagian alat yang tadi dibengkokkan akan kembali ke bentuk semula, yaitu menyerupai huruf T. Setelah semuanya selesai, inserter dan speculum yang digunakan untuk proses pemasangan akan dikeluarkan dari vagina. Proses pemasangan KB IUD umumnya akan memakan waktu sekitar 5–15 menit. Namun, kamu mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri sebelum kembali beraktivitas. 

Ada beberapa efek samping yang bisa muncul setelah pemasangan alat kontrasepsi ini, mulai dari gejala ringan hingga berat. IUD bisa memicu efek samping perdarahan, nyeri parah pada perut, hingga pingsan. Namun, efek samping ini biasanya akan mereda dan hilang setelah beberapa hari. Selain itu, efek dari pemasangan IUD tidak akan memengaruhi efektivitas dari alat kontrasepsi ini. 

KB spiral yang dipasang dilengkapi dengan benang tipis. Benang tersebut akan bergelantung dari leher rahim hingga vagina. Benang hanya akan disisakan 1–2 inci, sehingga tidak bisa terlihat dari luar vagina. Setelah pemasangan KB IUD, mungkin dibutuhkan beberapa hari untuk kembali normal. Bicarakan dengan pasangan atau anggota keluarga jika rasa tidak nyaman yang muncul terjadi secara berkepanjangan. 

Baca juga: Pengaruh Kontrasepsi IUD Terhadap Kanker Serviks

Jika merasakan masalah atau efek samping berat setelah pulang ke rumah setelah pemasangan KB IUD, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab keluhan tersebut bertahan dan agar bisa ditangani segera. Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Intrauterine device (IUD).
Verywell. Diakses pada 2021. What to Expect During an IUD Insertion.
Healthline. Diakses pada 2021. What It Feels Like to Get an IUD.
WebMD. Diakses pada 2021. IUD Insertion: What to Expect.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan