Ketahui Manfaat Kucai untuk Masakan Ibu

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2021
Ketahui Manfaat Kucai untuk Masakan IbuKetahui Manfaat Kucai untuk Masakan Ibu

“Daun kucai merupakan bagian dari keluarga Allium, bersama bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Jenis sayuran ini juga sering ditambahkan ke dalam masakan. Ternyata, ada sederet manfaat sehat yang bisa didapat dari mengonsumsinya, termasuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan fungsi otak.

Halodoc, Jakarta – Kucai dikenal sebagai bahan tambahan yang bisa meningkatkan cita rasa masakan ibu. Menambahkan irisan bahan ini disebut bisa menambah aroma dan rasa unik pada masakan. Daun kucai merupakan jenis sayuran yang berasal dari keluarga Allium, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta daun bawang. 

Selain bisa menambah cita rasa masakan, ternyata sayuran ini juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, lho. Bahkan, daun kucai disebut sudah lama digunakan sebagai alternatif pengobatan. Tidak berbeda jauh dengan sayuran yang ada di kelompok atau familinya, daun ini juga sering digunakan sebagai hiasan pada makanan tertentu. 

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Sehat Kucai 

Masih belum percaya kalau daun ini bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh? Tidak perlu ragu lagi, manfaat tersebut nyatanya memang tersimpan dalam kucai. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin C, A, K, folat, kolin, kalsium, kalium, serta fofsor. Daun ini juga disebut mengandung senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antikanker. 

Secara umum, ada beberapa manfaat daun kucai yang perlu diketahui. Antara lain: 

  1. Baik untuk Otak 

Mengonsumsi daun kucai disebut baik untuk menjaga dan meningkatkan perkembangan fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat. Kandungan kolin dan folat dalam sayuran ini disebut bisa membantu menurunkan risiko gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

  1. Tulang yang Lebih Kuat 

Selain otak, manfaat lain dari kandungan nutrisi dalam daun kucai adalah bisa menjaga kekuatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi dalam daun ini disebut bisa membantu menurunkan risiko osteoporosis. Mengonsumsi sayuran ini disebut bisa membantu menjaga kepadatan tulang serta memperkuat tulang dan sendi.

Baca juga: Coba Konsumsi 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis

  1. Menurunkan Risiko Kanker 

Seperti dikatakan sebelumnya, kucai memiliki kandungan senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antikanker. Karena itu, mengonsumsi daun ini dipercaya bisa membantu menurunkan risiko kanker. Ada penelitian yang menyebut bahwa ekstrak daun ini bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang satu ini. 

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Sistem pencernaan, terutama usus harus selalu dijaga kesehatannya. Ternyata, mengonsumsi kucai bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri di usus, sehingga lebih sehat. Hal ini juga bisa menurunkan risiko terjadinya diare dan disentri. 

Kedua penyakit pencernaan itu bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Jika mengalaminya dan sudah memiliki resep obat, cek ketersediannya di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat sesuai kebutuhan akan dikirim segera ke rumah. Tidak perlu antre apalagi keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Bagaimana Cara Mengonsumsinya? 

Setelah mengetahui sederet manfaat daun kucai, mulai tertarik untuk mengonsumsinya? Lantas, bagaimana cara mendapatkan manfaat optimal dari sayuran ini? Mudah saja, pilihlah daun kucai yang berwarna hijau cerah dan merata, jangan pilih yang sudah menguning. Kamu bisa menambahkannya sebagai taburan dalam masakan tertentu. 

Baca juga: Sayuran Beku sedang Jadi Tren, Apakah Menyehatkan?

Biar lebih aman, pastikan untuk mencuci daun terlebih dahulu sebelum digunakan. Secara umum, daun ini cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, orang-orang dengan riwayat alergi tertentu, terutama alergi terhadap bawang-bawangan sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsinya. Jika muncul reaksi alergi, jangan melanjutkan mengonsumsi makanan yang mengandung daun kucai. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Chives.
Organic Facts.net. Diakses pada 2021. 8 Surprising Benefits Of Chives.
Verywell. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Chives.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan