Ketahui Cara Tepat untuk Menyikat Gigi Anjing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   19 November 2021
Ketahui Cara Tepat untuk Menyikat Gigi AnjingKetahui Cara Tepat untuk Menyikat Gigi Anjing

Cara menyikat gigi anjing ternyata mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kuncinya, lakukan hal ini secara rutin agar anjing terbiasa. Menyikat gigi hewan peliharaan adalah hal yang penting dilakukan untuk menurunkan risiko gangguan kesehatan, baik pada rongga mulut maupun penyakit lainnya..“

Halodoc, Jakarta – Mengetahui cara menyikat gigi anjing adalah hal yang penting bagi pemilik hewan peliharaan. Pasalnya, hal ini dibutuhkan untuk memastikan kesehatan gigi dan menjaga kebersihan mulut anjing peliharaan. Faktanya, anjing memiliki risiko gangguan kesehatan gigi yang hampir sama dengan manusia, yaitu penumpukan plak, gingivitis, bau mulut, gangguan gusi, hingga gigi patah. 

Perawatan yang tepat bisa membantu menghindari risiko gangguan-gangguan tersebut. Kabar baiknya, cara menyikat gigi anjing cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, tidak perlu terlalu sering pergi ke salon khusus anjing. Namun, pemeriksaan ke klinik hewan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan gigi dan mulut anjing peliharaan. 

Bagaimana Cara Menyikat Gigi Anjing?

Kebanyakan pemilik hewan peliharaan ingat untuk selalu memandikan dan membersihkan bulu di tubuh anjing. Sayangnya, ada bagian yang kerap kali dilupakan, yaitu gigi dan mulut. Padahal, menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi anjing peliharaan adalah hal yang penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko gangguan pada mulut dan gigi yang bisa berujung pada penyakit parah. 

Jika kamu masih ragu dan belum mengetahui bagaimana cara menyikat gigi anjing peliharaan, jangan khawatir! Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menyikat gigi anjing sehingga kebersihan dan kesehatan gigi bisa selalu terjaga: 

  1. Kenali Kebutuhan Anjing 

Bekal utama pemilik hewan peliharaan adalah mengenali kebutuhan dari sahabat bulu tersebut, termasuk kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut. Perhatikan aktivitas dan pola makan anjing peliharaan untuk mengetahui berapa kali dan bagaimana cara menyikat gigi anjing yang benar. Jika dibutuhkan, coba bicarakan dengan dokter hewan terkait kebutuhan sikat gigi anjing. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan ahli kesehatan hewan. Lebih mudah menghubungi dokter hewan melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan terkait kesehatan hewan peliharaan dan dapatkan rekomendasi terpercaya dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

  1. Pilih Produk yang Tepat 

Penting untuk memastikan produk dan peralatan yang digunakan untuk menyikat gigi anjing sudah tepat. Pilih sikat gigi khusus anjing serta pasta gigi yang memang diformulakan khusus. Hal ini tentu akan lebih baik dan efektif dalam menjaga kesehatan gigi anjing peliharaan. 

  1. Sentuh Perlahan 

Sebelum mulai menyikat gigi anjing, perkenalkan terlebih dahulu dengan sentuhan lembut. Langsung menyikat gigi hanya akan membuat anjing peliharaan terkejut atau bahkan merasa takut. Biar lebih mudah, mulai dengan membuka mulut dan gigi anjing dengan tangan, kemudian secara perlahan masukkan sikat gigi ke dalam mulut anjing dan biarkan ia mengenali benda tersebut. 

  1. Tambahkan Pasta Gigi 

Setelah anjing peliharaan terlihat mulai mengenali dan bisa menerima sikat gigi, lanjutkan dengan menambahkan pasta gigi. Ingat, pilih pasta gigi yang sesuai dan memang sudah diformulasikan khusus. 

  1. Mulai Menyikat Gigi 

Sekarang, kamu bisa mulai menyikat gigi anjing. Mulailah dengan bagian depan, kemudian dilanjutkan ke bagian gigi dan mulut lainnya. Sikat dengan lembut sampai semua bagian gigi rata dibersihkan. Kemudian, ajarkan anjing untuk membilas mulutnya. 

  1. Buat Menyenangkan dan Rutin 

Selanjutnya, penting untuk memastikan anjing peliharaan terbiasa dengan hal ini. Dengan begitu, kegiatan menyikat gigi tidak lagi sulit dilakukan. Rutinlah menyikat gigi anjing agar kesehatannya selalu terjaga. Selain itu, kamu bisa melakukan beberapa trik atau aktivitas menyenangkan agar anjing peliharaan merasa betah saat harus menyikat gigi.  

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
I Heart Dogs. Diakses pada 2021. How To Brush Your Dog’s Teeth: 5 Key Steps.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Toothbrushing Steps to Make Dog Teeth Dazzle. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan