Ketahui 6 Manfaat Barley Malt bagi Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Juni 2023

“Barley malt menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh jika kamu mengonsumsinya secara rutin. Contohnya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga berat badan, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.”

Ketahui 6 Manfaat Barley Malt bagi Kesehatan TubuhKetahui 6 Manfaat Barley Malt bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Barley malt atau jelai merupakan biji-bijian serealia utama yang tumbuh di iklim sedang secara global. Biji-bijian ini memiliki tekstur yang agak kenyal dengan rasa yang unik seperti kacang. 

Biasanya, barley malt diolah menjadi roti, risotto, atau milkshake. Barley malt juga kaya akan nutrisi dan dipenuhi dengan berbagai manfaat kesehatan. Lantas, apa saja manfaat barley malt  untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Barley Malt bagi Kesehatan Tubuh

Ada berbagai manfaat barley malt yang bisa kamu peroleh jika mengonsumsinya secara rutin. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kaya nutrisi bermanfaat

Barley malt kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman lainnya yang bermanfaat. Jika dikonsumsi secara utuh, biji-bijian ini dapat menjadi sumber serat, molibdenum, mangan, dan selenium yang sangat kaya. 

Selain itu barley malt juga dilengkapi dengan lignan, yaitu sekelompok antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. 

Sayangnya jelai mengandung antinutrisi yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi. Untuk menghilangkanya, cobalah merendam atau menumbuk barley malt supaya kandungan ini dapat berkurang.

2. Mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan

Ada alasan mengapa barley malt sering digunakan sebagai bahan untuk sereal. Sebab, biji-bijian ini tinggi serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Sehingga cocok dikonsumsi di pagi hari sebelum kamu beraktivitas. Manfaat ini ternyata juga dapat berdampak pada penurunan berat badan. 

Alasannya barley malt mengandung serat larut yang dikenal sebagai beta-glucan. Beta-glucan dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi, sehingga dapat membatasi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Seiring waktu hal ini akan berpengaruh bagi penurunan berat badan. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Barley malt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, karena mengandung banyak serat yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut dapat mempercepat gerakan usus sehingga memperlancar buang air besar dan mengurangi kemungkinan sembelit. 

Sementara itu, serat larut tugasnya memberi makanan untuk bakteri baik pada usus, yang menghasilkan asam lemak rantai pendek atau SCFA. SCFA dapat membantu memberi makan sel usus, mengurangi peradangan, dan memperbaiki gejala gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan penyakit Crohn.

4. Menurunkan kolesterol

Beta-glukan yang ditemukan dalam barley malt telah terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL), dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya melalui feses. 

Asam empedu diproduksi oleh hati yang berasal dari kolesterol darah. Ketika asam empedu berkurang, hati kemudian harus menggunakan lebih banyak kolesterol untuk membuat asam empedu baru. 

Nah, proses di ataslah yang dapat menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah. Untuk mengetahui makanan penurun kolesterol lainnya, kamu bisa baca artikel berikut, “Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba.”

5.  Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi biji-bijian utuh secara konsisten, telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Hal ini karena, barley malt dapat menurunkan faktor risiko tertentu, seperti mengurangi kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah, dengan kandungan serat larutnya. 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Elsevier B.V. asupan rata-rata 8,7 gram serat larut per hari dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sekitar 0,3-1,6 mmHg. Tekanan darah dan kolesterol LDL tinggi adalah dua faktor umum penyebab penyakit jantung.

6. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat lainnya dari barley malt yaitu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, dengan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sekresi insulin. Kandungan magnesium dalam barley malt yang kaya akan mineral, memiliki peran penting dalam produksi insulin dan penggunaan gula oleh tubuh. Mengonsumsi barley malt sebagai menu sarapan dapat memberikanmu manfaat ini. 

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian berjudul Effect of a barley breakfast cereal on blood glucose and insulin response in normal and diabetic patients. Berdasarkan penelitian tersebut, sarapan dengan barley malt memberikan peningkatan maksimum gula darah dan kadar insulin maksimal yang lebih rendah. 

Itulah berbagai manfaat barley malt untuk kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, konsumsi juga vitamin untuk menunjang kesehatanmu.

Kini, kamu bisa mengakses kebutuhan vitamin melalui aplikasi Halodoc, praktis tanpa perlu keluar rumah. Tunggu apa lagi,  yuk download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Impressive Health Benefits of Barley.
Dr.Axe. Diakses pada 2023. What Is Malt? (Healthy Sweetener or Another Sugar Trap?).
NIH. Diakses pada 2023. Effect of a barley breakfast cereal on blood glucose and insulin response in normal and diabetic patients.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan