Ketahui 5 Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Juli 2022

“Kulit wajah yang kering tidak hanya membuat menurunkan percaya diri, tetapi juga rentan dengan segudang masalah seperti iritasi. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan bahan rumahan seperti madu, minyak kelapa, dan lidah buaya untuk mengatasinya.”

Ketahui 5 Cara Mengatasi Kulit Kering secara AlamiKetahui 5 Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami

Halodoc, Jakarta – Kulit wajah kering pastinya akan membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Tidak hanya itu, kulit kering juga membuat wajah menjadi terlihat kusam dan rentan mengalami segudang masalah, salah satunya adalah iritasi. Sebenarnya, kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti usia, salah pemakaian produk kecantikan dan perawatan wajah, dan faktor lingkungan. 

Ketika mengalami kering, kulit bisa terasa gatal. Apabila kamu menggaruknya, tentu ini akan membuat iritasi, luka, hingga infeksi menjadi lebih mungkin terjadi. Jadi, pastinya kamu harus menjaga kelembapan kulit sehingga tidak rentan kering dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Tidak harus melakukan perawatan kulit atau menggunakan berbagai krim yang harganya sangat mahal. Sebab terdapat beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa kamu coba, antara lain: 

  1. Madu

Manfaat madu untuk menunjang kesehatan tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahan alami satu ini juga sangat efektif untuk membuat wajah lebih lembap. Tak hanya itu, madu juga memiliki sifat antiperadangan yang bisa membantu meringankan iritasi pada kulit wajah. 

  1. Petroleum Jelly

Petroleum jelly memang menjadi sejenis minyak mineral yang banyak digunakan untuk mengatasi kulit kering, baik pada kulit wajah, tangan, atau kaki. Bahan ini bekerja aktif dengan menjadi penghalang oklusif yang membantu mengurangi banyaknya air yang hilang dari permukaan kulit. 

Apabila kamu memakai bahan alami ini secara rutin, kelembapan kulit akan kembali. Bahkan, kulit juga terlindungi dari iritasi dan peradangan. Sekarang, tidak sulit mendapatkan petroleum jelly di pasaran, karena bahan ini memang telah banyak digunakan sebagai kandungan beberapa produk perawatan kulit. 

  1. Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini diyakini memiliki tingkat efektivitas yang sama dengan petroleum jelly. Minyak kelapa dapat  membantu mengatasi kulit kering dengan mengembalikan kelembapannya. 

Minyak kelapa bekerja aktif dengan cara meningkatkan lipid atau lemak yang ada di permukaan untuk membantu membuat kulit menjadi lebih lembap. Tak hanya itu, asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa bersifat emolien, yang dengan segera mengisi celah atau pori pada kulit yang kering. Ini akan menjadikan kulit terasa lebih halus.

  1. Lidah Buaya

Selain madu, bahan lain yang terbukti efektif untuk membantu merawat kulit kering adalah lidah buaya. Ambil bagian dalam atau gel lidah buaya, oleskan secara merata pada kulit seperti masker wajah. Kemudian biarkan selama beberapa menit hingga gel meresap pada permukaan kulit wajah. Setelahnya, bilas wajah dengan menggunakan air dan keringkan dengan handuk. 

  1. Oatmeal

Terakhir, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker wajah untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Tambahkan madu untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal. Oatmeal menjadi bahan alami yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang memang efektif untuk merawat kulit wajah yang kering. 

Itu tadi beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah. Jika perawatan alami tidak membantu, bahkan memicu reaksi alergi pada kulit, segera hentikan penggunaan dan lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Buat janji ke rumah sakit pakai aplikasi Halodoc, kamu bisa download aplikasi Halodoc secara gratis di Play Store dan App Store.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Dry skin: Seven home remedies.
Prevention. Diakses pada 2022. How to Find the Best Natural Moisturizer for Your Skin, According to Dermatologists.
Self. Diakses pada 2022. 7 Hydrating Skin-Care Ingredients That Will Actually Help Moisturize Dry, Dull Skin.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan