Ketahui 4 Makanan Penambah Berat Badan

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2022

“Ada beberapa jenis makanan yang tinggi kalori sehingga mampu menambah berat badan. Jika kamu sedang berusaha mendambakan berat badan ideal, penting untuk memenuhi kebutuhan jumlah kalori setiap harinya”

Ketahui 4 Makanan Penambah Berat BadanKetahui 4 Makanan Penambah Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Namun, salah satu kunci penting dalam penambahan berat badan adalah asupan makanan. Memilih makanan yang sehat namun tinggi kalori adalah pilihan yang paling tepat.

Biasanya, seseorang yang sulit menambah berat badan tidak mampu mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus. Itu sebabnya, dibutuhkan makanan yang tinggi kalori untuk memenuhi jumlah kalori harian yang dibutuhkan. Ketika jumlah kalori ini terpenuhi, berat badan bisa dicapai.

Jenis Makanan Penambah Berat Badan

Tidak sulit sebenarnya untuk menemukan makanan yang tinggi kalori. Justru makanan-makanan ini mudah ditemukan sehari-hari. Berikut makanan tinggi kalori yang mampu menambah berat badan:

1. Kacang

kacang

Salah satu makanan tinggi kalori yang favorit dijadikan camilan adalah kacang. Kacang dan selai kacang mengandung kalori yang cukup tinggi. Misalnya, satu genggam kecil almond mentah (1/4 cangkir) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.

Karena kacang sangat padat kalori, hanya mengonsumsi dua genggam per hari sebagai camilan saja mampu memenuhi kebutuhan kalori harian kamu. Kamu juga bisa menambahkan selai kacang ke berbagai makanan ringan, seperti smoothie, yogurt, dan kerupuk sebagai camilan berkalori tinggi.

2. Susu 

susu

Selain makanan, ada juga minuman padat kalori yang mudah kamu dapatkan. Susu full cream atau susu berlemak adalah jawabannya. Bukan hanya tinggi kalori, susu juga sara akan protein, karbohidrat, lemak dan sumber kalsium yang baik. Kamu bisa coba minum satu atau dua gelas susu murni sebagai camilan, dengan makanan, atau sebelum dan sesudah berolahraga. 

3. Daging Merah 

daging merah

Kalau makanan yang satu ini sering dianggap tidak sehat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Jika tidak dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan, daging merah sebenarnya tetap aman. Daging merah mengandung leusin, asam amino  yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.

4. Nasi

nasi

Bagi orang Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak makan nasi. Makanan pokok yang satu ini ternyata termasuk makanan yang tinggi kalori. 1 cangkir (158 gram) nasi putih mengandung 204 kalori dan 44 gram karbohidrat. Kreasikan dengan makanan lain untuk menambah kandungan nutrisinya
Jika kamu punya pertanyaan lain seputar diet untuk menambah berat badan, hubungi ahli gizi melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli dibidangnya akan menjawab segala pertanyaan kamu. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How do you gain weight quickly and safely?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan