Kenali Tanda-Tanda Awal Kucing Munchkin Sakit

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Agustus 2021
Kenali Tanda-Tanda Awal Kucing Munchkin SakitKenali Tanda-Tanda Awal Kucing Munchkin Sakit

“Kucing Munchkin menjadi terkenal di abad ini karena bentuk tubuhnya yang mungil dan imut, sehingga banyak orang yang menginginkannya. Padahal, kucing Munchkin terbilang rentan untuk sakit karena kelainan genetik. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda awal saat hewan ini sakit.”

Halodoc, Jakarta – Kucing memang hewan yang sangat lucu dan menggemaskan untuk dipelihara. Hewan berbulu ini kerap menjadi teman di rumah dan bahkan telah dianggap menjadi bagian dari keluarga. Ada banyak jenis kucing yang menjadi favorit, salah satunya adalah Munchkin. Kucing dengan kaki pendek ini bahkan banyak dipilih karena bentuk tubuhnya yang imut.

Perlu diketahui, kaki pendeknya ini terjadi akibat mutasi genetik yang tentunya membuat kontroversial di kalangan pecinta kucing. Selain itu, Munchkin juga rentan sakit karena masalah genetik tersebut. Ada beberapa tanda-tanda awal saat hewan berbulu ini sakit. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Fakta Unik Sejarah Ditemukannya Kucing Munchkin

Gejala Awal saat Kucing Munchkin Sakit

Munchkin adalah ras kucing yang memiliki kaki pendek akibat adanya mutasi genetik pada tubuhnya. Memang, kucing dapat dilahirkan secara alami dengan mutasi genetik yang menyebabkan kaki pendek, atau dwarfisme, tetapi beberapa orang sengaja membiakkannya. Hal ini disebabkan banyak orang yang menganggap jika jenis kucing ini terlihat imut dan menggemaskan.

Beberapa lembaga hewan menganggap jika praktik pembiakkan hewan dengan karakterisik yang tidak normal bukan hal yang baik. Pasalnya, mutasi genetik yang terjadi pada Munchkin dapat membuat dirinya rentan mengalami masalah kesehatan. Sebagian besar masalah yang terjadi berhubungan dengan kelainan bentuk tulang, tetapi bisa juga yang lainnya.

Nah, berikut beberapa masalah kesehatan yang rentan untuk dialami kucing Munchkin:

  • Lordosis.
  • Masalah mobilitas.
  • Pectus excavatum.

Semua masalah tersebut dapat menimbulkan beberapa tanda awal saat terjadi yang membuat kamu sebagai pemiliknya dapat mendiagnosisnya dengan cepat. Dengan begitu, mungkin saja tindakan cepat dapat dilakukan sehingga tidak terjadi masalah yang berarti. Namun perlu dipahami jika kucing Munchkin memang terlahir dengan “kelainan”, sehingga rentan terserang banyak penyakit.

Nah, berikut adalah tanda-tanda awal saat kucing Munchkin mengidap sakit tersebut:

1. Lordosis

Gangguan ini terjadi akibat kondisi tulang belakang yang langka akibat otot-otot di tulang belakang juga tumbuh dengan pendek. Hal ini membuat tulang belakang masuk ke dalam tubuh. Masalah ini dapat disebabkan oleh kelainan genetik, seperti halnya kaki yang memendek pada kucing Munchkin. Pertanda yang terlihat saat Munchkin sakit ini adalah postur tulang belakangnya yang tidak normal.

Jika kamu bingung tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kucing Munchkin, dokter hewan dari Halodoc siap memberikan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam interaksi dengan ahli medis dapat dilakukan dengan penggunaan smartphone di mana saja dan kapan saja. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Begini Cara Memelihara Kucing Munchkin untuk Pemula

2. Masalah Mobilitas

Kucing Munchkin juga berisiko tinggi untuk mengalami masalah mobilitas. Sakit pada kucing Munchkin ini terjadi ketika tulang rawan aus lebih cepat, sehingga sendi menjadi bengkak dan nyeri yang menimbulkan kesulitan dalam bergerak.

Tanda-tanda awal yang dapat terlihat saat masalah ini terjadi adalah perubahan gaya hidup dan perilaku kucing. Biasanya, kucing tidak memiliki keinginan untuk melompat dari ketinggian, sering tidur, jarang berinteraksi, dan sulit untuk naik-turun tangga. Jika Munchkin kamu sakit seperti ini, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan.

3. Pectus Excavatum

Kucing Munchkin juga rentan alami pectus excavatum, gangguan yang terjadi pada tulang dada saat alami deformasi yang menyebabkan penyempitan horizontal pada dada. Hal ini menyebabkan bagian tengah dada terlihat datar atau cekung, bukan cembung layaknya kucing normal. Pertanda lainnya yang dapat terlihat saat kucing alami gangguan ini adalah sulit bernapas, penurunan berat badan, nafsu makan yang buruk, batuk, hingga muntah.

Baca juga: Apa Saja Jenis Makanan yang Cocok untuk Kucing Munchkin?

Nah, itulah beberapa gangguan yang rentan terjadi pada kucing Munchkin dan beberapa tanda-tanda awal yang timbul saat hewan ini sakit. Jika kamu sudah memutuskan untuk memelihara jenis kucing ini, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan rutin. Saat gejalanya terlihat, tindakan medis dini dapat dilakukan agar kucing tetap sehat.

Referensi:
Pawlicy Advisor. Diakses pada 2021. Common Cat Health Issues by Breed, Age, and Environment.
The Healthy Pet Club. Diakses pada 2021. Mobility problems in cats.
Pet MD. Diakses pada 2021. Pectus Excavatum in Cats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan