Kenali Psoriasis Vulgaris, Penyakit yang Bisa Terjadi pada Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Mei 2023

“Psoriasis vulgaris adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit dan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Ketika ibu hamil mengalami penyakit ini, kondisi kehamilan mereka bisa memberikan efek tertentu pada kondisi psoriasisnya.”

Kenali Psoriasis Vulgaris, Penyakit yang Bisa Terjadi pada Ibu HamilKenali Psoriasis Vulgaris, Penyakit yang Bisa Terjadi pada Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Psoriasis vulgaris adalah jenis kondisi autoimun yang berdampak pada kulit. Ketika seseorang mengalami penyakit ini, sel kulit mereka akan terbentuk lebih cepat daripada seharusnya sehingga menyebabkan penumpukan. Hasil dari penumpukan ini kemudian berupa area kulit tertentu yang berwarna kemerahan dan bertekstur kasar seperti sisik ikan.

Penyakit ini tergolong penyakit kronis tapi tidak menular. Karena itu, penyakit ini perlu penanganan rutin ketika gejalanya muncul. Psoriasis vulgaris pun bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Bahayanya, ketika seorang calon ibu mengalami penyakit ini, kondisi kehamilan mereka bisa berdampak pada kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Pengaruh Psoriasis Vulgaris pada Ibu Hamil

Kasus penyakit psoriasis bisa terjadi sebelum wanita hamil atau baru mulai saat menjalani kehamilan. Kapanpun terjadinya, kehamilan akan membatasi dan menjadi bahan pertimbangan dalam hal-hal tertentu. Contohnya adalah dampak penyakit pada janin, batasan obat yang bisa ibu hamil konsumsi, dan juga dampak kehamilan pada gejala penyakit.

Sayangnya, sejauh ini belum ada kepastian apa perubahan yang terjadi pada kondisi psoriasis seseorang ketika hamil. Tiap ibu hamil bisa memiliki reaksi yang berbeda terhadap penyakitnya. Berdasarkan suatu penelitian, wanita tertentu mengalami gejala psoriasis vulgaris yang membaik ketika hamil, khususnya pada trimester pertama dan kedua.

Peningkatan gejala penyakit ini terjadi karena kadar progesteron yang meningkat pada ibu hamil. Progesteron yang semakin banyak bisa mengontrol proliferasi sel T, yaitu salah satu sel yang bisa menyebabkan psoriasis kambuh. Namun, kondisi penyakit yang membaik tidak terjadi pada semua ibu hamil. Bahkan, tetap ada yang merasa bahwa mereka lebih sering kambuh ketika sedang hamil.

Umumnya, gejala yang terjadi ketika kambuh adalah plak-plak seperti sisik yang muncul di kulit. Area-area yang terdampak antara lain adalah kulit kepala, lutut, siku bagian luar, wajah, tangan, dan kaki. Gejala ini biasanya akan kembali muncul dengan intensitas yang sama setelah ibu melahirkan.

Penanganan Psoriasis Vulgaris saat Hamil

Untungnya, psoriasis vulgaris itu sendiri tidak menyebabkan keguguran atau gangguan berbahaya lainnya pada bayi. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah pada ibu dan bayi jika pengobatannya tidak tepat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui obat apa yang bisa ibu hamil gunakan untuk mengurangi gejala psoriasis.

Obat psoriasis tertentu tidak aman untuk ibu hamil gunakan selama masih mengandung atau masih menyusui. Dokter umumnya akan melarang penggunaan:

  • Retinoid oral, karena bisa meningkatkan risiko kecatatan bayi setelah lahir. Obat ini juga sebaiknya wanita hindari jika berencana ingin memiliki anak (hingga tiga tahun sebelumnya).
  • Isotretinoin, karena juga bisa menyebabkan kecacatan pada bayi. 
  • Methotrexate, karena bisa menghambat pertumbuhan bagian tubuh bayi atau bahkan pada kasus tertentu menyebabkan keguguran.
  • Psoralen plus ultraviolet A (PUVA), karena bisa berdampak pada pertumbuhan tidak normal pada janin. 
  • Calcipotriene, karena dokter melihat kandungannya sebagai risiko pada kesehatan janin. 

Untuk ibu hamil, biasanya dokter akan menyarankan pengobatan dalam bentuk moisturizer atau pelembap kulit, steroid yang tidak bersifat keras, dan fototerapi dengan sinar UVB. Pastinya pengobatan yang paling tepat untuk tiap ibu hamil dengan penyakit ini akan berbeda, jadi sangat penting untuk berdiskusi dengan dokter tentang pilihan pengobatan yang sesuai.

Itulah yang ibu hamil perlu tahu tentang penyakit psoriasis vulgaris yang bisa terjadi saat kehamilan. Agar lebih paham lagi tentang penyakit ini, ibu juga bisa mencari tahu seputar Berbagai Jenis Psoriasis yang Harus Diwaspadai.

Kalau masih ada kekhawatiran tertentu tentang kondisi ini khususnya di masa hamil, jangan ragu untuk meminta bantuan lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.  Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2023. Psoriasis and Pregnancy: What to Know
Medical News Today. Diakses pada 2023. Psoriasis vulgaris: What is it?
MayoClinic. Diakses pada 2023. Psoriasis
National Library of Medicine. Diakses pada 2023. Management of psoriasis in pregnancy

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan