Kenali Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan Pria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2022

“Manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Ini karena buah mahkota dewa mengandung alkaloid, polyphenols, dan flavonoids.”

Kenali Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan PriaKenali Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan Pria

Halodoc, Jakarta – Indonesia memiliki beranekaragam buah-buahan, salah satunya buah mahkota dewa yang berasal dari Papua. Buah ini cenderung memiliki rasa yang masam dan pahit jika dimakan secara langsung. Dalam bahasa Melayu, buah ini juga dikenal sebagai buah simalakama.

Di Indonesia sendiri, buah ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh juga telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah, terutama untuk kesehatan pria. Manfaat ini didapat karena buah mahkota dewa mengandung tiga nutrien utama yang baik untuk kesehatan, seperti alkaloids, polyphenols dan flavonoids.

Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan Pria

Tanaman ini sangat berguna untuk beberapa masalah kesehatan pada pria. Sayangnya, masih belum banyak orang yang mengetahuinya karena buah ini sangat langka dan cukup sulit untuk ditemukan.

Namun, tanaman ini kini telah banyak dibudidayakan di beberapa tempat. Tanaman ini bisa sangat bermanfaat jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Berikut beberapa manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan baik pria maupun wanita:

1. Menjaga Stamina Pria

Ada senyawa kimia yang mengandung saponin aktif di dalam buah mahkota dewa. Senyawa kimia ini bekerja dengan baik untuk menjaga tubuh tetap kuat. Bagi pria yang punya segudang aktivitas, tanaman obat ini sangat cocok karena dapat meningkatkan stamina sehingga tubuh tidak mudah lelah.

2. Meningkatkan Vitalitas Pria

Kandungan saponin yang terdapat pada mahkota dewa juga dapat bermanfaat bagi pria yang kurang bergairah saat hendak berhubungan seks. Senyawa ini akan membantu meningkatkan stamina pria sehingga membuat mereka lebih bergairah.

Mengonsumsi buah ini dua kali sehari akan menghasilkan efek terbaik. Kamu pun bisa mengolahnya dengan mudah, seperti dengan merebusnya saja.

3. Mengobati Gejala Masuk Angin

Selain meningkatkan kesehatan para pria, buah ini juga dapat mengobati gejala masuk angin, seperti batuk, flu, dan mual. Virus adalah penyebab berbagai penyakit seperti flu, demam, dan batuk. Untuk memerangi virus,, mahkota dewa bisa digunakan sebagai antivirus.

Kandungan antioksidan flavonoid, polifenol, dan fenol dapat membasmi virus penyebab penyakit. Dengan diolah menjadi jamu, manfaat mahkota dewa bisa kamu rasakan saat daya tahan tubuh mulai lemah. 

Cara membuat jamu inu pun cukup mudah, kamu perlu siapkan buah mahkota dewa yang sudah dicuci bersih kemudian rebus. Tunggu sampai air tersisa setengah, kemudian minum secara rutin sampai tubuh terasa lebih baik.

4. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas dapat dicegah dengan khasiat buah mahkota dewa. Berbagai penyakit dalam tubuh, termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, dan alzheimer, dapat disebabkan oleh radikal bebas. Daun dan buah mahkota dewa telah lama dapat mengobati kanker payudara dan tumor otak.

Adriamycin cyclophosphamide (AC) yang terkandung dalam mahkota dewa memiliki dampak vital dalam mengurangi perkembangan tumor pada sel payudara dengan menginduksi apoptosis.

5. Mengobati Asam Urat

Mahkota dewa juga menyembuhkan asam urat. Asam urat adalah suatu kondisi yang memengaruhi persendian dan bisa sangat menyakitkan, bengkak, dan terbakar, terutama di jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Kandungan flavonoid buah ini dapat bekerja untuk menurunkan kadar asam urat yang meningkat. 

Selain itu, buah mahkota dewa memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Mengonsumsi buah mahkota dewa tiga kali sehari dapat menurunkan kadar asam urat dengan mengolahnya menjadi obat herbal atau jamu.

Itulah pembahasan seputar manfaat buah mahkota dewa. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin yang lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Specialty Produce. Diakses pada 2022. Mahkota Dewa Information and Facts.
Wold Food. Diakses pada 2022. Mahkota Dewa, Fruit Full Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan