Kenali Manfaat Benzyl Alcohol, Alkohol Aromatik dalam Industri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023

“Benzyl alcohol merupakan jenis alkohol aromatik yang tergolong alami karena dapat ditemukan pada tumbuhan tertentu. Fungsi paling umumnya adalah untuk dicampur pada produk kecantikan sebagai preservatif.”

Kenali Manfaat Benzyl Alcohol, Alkohol Aromatik dalam IndustriKenali Manfaat Benzyl Alcohol, Alkohol Aromatik dalam Industri

Halodoc, Jakarta – Produk kecantikan dan perawatan memiliki banyak kandungan zat yang memiliki manfaat khusus untuk kulit. Salah satu kandungan yang harus ada di dalamnya adalah preservatif. Seperti namanya, zat preservatif berfungsi untuk membuat produk kecantikan bisa lebih tahan lama dengan cara mencegah bakteri. 

Namun, banyak pengguna yang saat ini enggan menggunakan preservatif buatan seperti paraben karena khawatir akan bahayanya bagi kesehatan. Maka dari itu, kini penggunaan preservatif alami seperti benzyl alcohol mulai menjadi populer. 

Benzyl alcohol, atau mungkin kamu kenal juga sebagai benzene methanol dan phenylcarbinol merupakan jenis alkohol aromatik alami yang terkandung dalam berbagai produk kecantikan. Simak berikut informasi lebih jauh tentang alkohol ini, manfaat, dan penggunaannya!

Apa Itu Benzyl Alcohol?

Alkohol aromatik ini tergolong organik atau alami karena berada pada tumbuhan tertentu, seperti buah persik, aprikot, kranberi, dan beberapa jenis teh. Bentuknya adalah cairan tanpa warna dengan aroma yang cukup manis. 

Penggunaannya saat ini bisa kamu temukan terkandung dalam produk kecantikan dan perawatan wajah seperti moisturizer, sabun cuci muka, lip balm, dan juga kosmetik.

Apa Saja Manfaat Benzyl Alcohol?

Sejauh ini, benzyl alcohol memiliki fungsi utama sebagai campuran produk kosmetik dan juga perawatan. Inilah perannya dalam produk-produk tersebut: 

1. Sebagai preservatif

Manfaat yang paling umum dari alkohol ini adalah sebagai preservatif. Ini karena sifatnya yang tidak sensitif, anti-bakteri, dan anti-jamur. Penambahan preservatif alami pada produk menghentikan pertumbuhan mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi. 

Jenis zat yang alami akan cenderung lebih disukai oleh konsumen karena penggunaannya akan lebih aman. Untuk informasi lebih lanjut tentang perbedaanya, kamu bisa mencari tahu seputar Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya.

2. Memberikan aroma

Jenis alkohol ini juga memiliki komponen aromatik, sehingga produk yang mengandungnya bisa memiliki aroma yang manis dan segar seperti bunga. Hal ini juga memungkinkan karena alkohol terkandung dalam minyak atsiri seperti melati dan kenanga. 

3. Mengoptimasi formula produk

Manfaat terakhir benzyl alcohol dalam produk skincare adalah untuk mengoptimasi formulanya sehingga penggunanya bisa mendapat manfaat yang maksimal dari produk tersebut. 

Zat ini bisa berperan sebagai agen penyeimbang untuk mencegah oksidasi produk serta agen pelarut untuk menyatukan bahan-bahan lain yang terkandung dalam produk yang sama. Terlebih dari itu, benzyl alcohol juga bisa mengurangi kekentalan cairan sehingga produk skincare mudah untuk kamu gunakan. 

Bagaimana Cara Menggunakannya dengan Aman?

Jenis alkohol aromatik ini tidak memiliki reaksi negatif ketika tercampur dengan bahan-bahan lain. Umumnya, individu yang tidak memiliki alergi kontak terhadap bahan ini  tidak akan mengalami efek samping ketika menggunakannya setiap hari. 

Namun, perlu kamu perhatikan juga bahwa terdapat dosis yang aman untuk menggunakan segala jenis produk kimiawi. Alkohol ini memiliki risiko sensitivitas saat kandungannya dalam suatu produk tergolong berlebihan. Dosis yang aman adalah lima sampai sepuluh persen dari total keseluruhan kandungan produk. 

Itulah berbagai hal yang perlu kamu tahu tentang benzyl alcohol dan juga manfaatnya. Kalau kamu mengalami efek samping tertentu setelah menggunakan bahan ini, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Byrdie. Diakses pada 2023. Benzyl Alcohol Is Super Common in Skincare—But Is It Safe?
Paula’s Choice Skincare. Diakses pada 2023. Benzyl Alcohol.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan