Kenali Lebih Dekat Karakteristik Burung Dara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 Juni 2021
Kenali Lebih Dekat Karakteristik Burung DaraKenali Lebih Dekat Karakteristik Burung Dara

Halodoc, Jakarta – Tentunya sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi dengan burung dara. Selain banyak dijumpai di taman kota, burung dara juga banyak menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan karena proses pemeliharaan yang terbilang mudah.

Baca juga: 5 Tips Tepat Memelihara Burung Dara

Untuk lebih optimal dalam perawatan burung dara, tidak ada salahnya mengetahui beberapa karakteristik mengenai burung dara. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memelihara burung dara dan menghindari berbagai risiko gangguan kesehatan pada burung kesayangan kamu.

Kenali Lebih Banyak Mengenai Burung Dara

Burung dara merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ukuran tubuh sedang. Biasanya, burung dara memiliki panjang tubuh 32–37 sentimeter.  Jika dilihat dari fisiknya, burung dara memiliki leher yang terbilang pendek dan gempal. Selain itu, paruh burung dara pun tidak terlalu panjang. Jadi, tidak terlalu sulit untuk mengenali burung dara.

Burung dara memiliki warna yang bervariasi, tetapi umumnya burung dara memiliki warna abu-abu. Bentuk ekor burung dara juga biasanya berbentuk bulat dengan ujung berwarna gelap. Burung jenis ini cukup banyak dijumpai di taman kota oleh masyarakat. Selain sebagai hewan peliharaan, burung dara juga banyak ditemukan dalam kondisi liar di habitat aslinya. 

Lalu, bagaimana cara untuk memastikan burung dalam kondisi sehat? Burung dara menjadi salah satu jenis burung yang memiliki bentuk kepala yang unik. Jika burung memiliki bentuk kepala dan ukuran yang baik, kondisi ini menandakan burung dara dalam keadaan yang baik.

Selain itu, burung dara memiliki bentuk paruh yang kecil dan lancip. Burung dara dalam kondisi sehat jika paruh tetap dalam keadaan lancip. Burung dara juga memiliki mata yang bundar. Pastikan burung dara tetap memiliki kedua bola mata yang bundar untuk memastikan kesehatan.

Baca juga: 5 Perawatan Burung Kutilang yang Perlu Diketahui

Burung dara merupakan jenis burung yang berpasangan. Jadi, kamu sebaiknya membeli dua jenis burung dara berpasangan agar burung dara tidak mengalami kondisi stres.

Selain itu, pastikan warna burung dara tetap berkilau dan tidak kusam. Segera pastikan kesehatan burung kesayangan pada dokter hewan melalui Halodoc jika burung terlihat mengalami gangguan kesehatan pada area bulu atau kulit. Penanganan lebih awal tentunya akan membuat pengobatan dan perawatan lebih mudah dilakukan. 

Berikan Pakan yang Tepat untuk Burung Dara

Untuk menjaga kesehatan burung dara, kamu juga perlu memberikan sejumlah pakan terbaik. Burung dara akan banyak mengonsumsi biji-bijian, seperti padi, gandum, jagung, beras putih, hingga beras merah.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan air bersih untuk burung agar kebutuhan cairannya dapat terpenuhi dengan baik. Untuk menghindari kondisi stres, kamu juga perlu menyiapkan kandang yang nyaman dan bersih bagi burung dara.

Pastikan ukuran kandang burung dara cukup luas untuk burung dara beraktivitas di dalam kandang. Kamu juga perlu menyiapkan kandang burung dengan ventilasi yang cukup, terhindar dari predator, dan juga tidak berada langsung dari paparan sinar matahari.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan juga burung dara peliharaan kamu. Kamu perlu memandikan burung dara agar kebersihan tubuhnya tetap terjaga. Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar burung dara. 

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Burung Merpati yang Sehat

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter hewan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga agar kamu bisa mendapatkan informasi mengenai cara tepat dalam memelihara burung dara.

Referensi:

Thegorbalsla. Diakses pada 2021. Burung Dara.

Pigeon Control Resource Centre. Diakses pada 2021. Pigeons.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan