Kenali 8 Jenis Marmut yang Menggemaskan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Juli 2021
Kenali 8 Jenis Marmut yang MenggemaskanKenali 8 Jenis Marmut yang Menggemaskan

“Walaupun jenisnya ada banyak, umumnya semua marmut punya sifat dan perilaku yang sama. Misalnya The American adalah tipe marmut yang paling umum. Marmut jenis ini terkenal ramah dan senang bermain dengan anak-anak. Abyssinian merupakan jenis marmut yang terkenal paling ramah dan lucu. Bulunya panjang sehingga membutuhkan perawatan yang spesifik.”

Halodoc, Jakarta – Bentuk dan raut wajah yang menggemaskan adalah alasan mengapa marmut kerap menjadi hewan peliharaan favorit. Buat kamu yang tertarik memelihara marmut, perlu tahu kalau marmut ada macam jenisnya. Setiap ras punya warna, ukuran, dan bentuknya sendiri. 

Walaupun jenisnya ada banyak, umumnya semua marmut punya sifat dan perilaku yang sama. Untuk lebih jelasnya lagi, ada baiknya kamu mengenali jenis-jenis marmut untuk tahu kira-kira jenis marmut seperti apa yang kamu pilih untuk dipelihara. Selengkapnya baca di sini!

Baca juga: Budidaya Marmut, Ini Cara Efektif yang Bisa Dicoba

1. American

The American adalah tipe marmut yang paling umum. Marmut jenis ini terkenal ramah dan senang bermain dengan anak-anak. The American cukup populer karena mudah dirawat dan tipikal yang standard. Bulunya pendek sehingga mudah dirawat. Marmut jenis ini menjadi pilihan yang tepat buat orang yang tidak suka keribetan. 

2.  Abyssinian

Ini merupakan jenis marmut yang terkenal paling ramah dan lucu. Bulunya panjang sehingga membutuhkan perawatan yang spesifik. Kalau The American dikenal dengan perilaku standarnya kalau tipe Abyssinian terkenal aktif dan cukup nakal, sehingga butuh ketelitian dan kesabaran. Namun, semua itu bisa tergantikan lewat tampangnya yang lucu dan menggemaskan.

Baca juga: Tips Membuat Kandang Anjing yang Low Budget

3. Peruvian

Peruvian adalah jenis marmut yang memiliki rambut terpanjang. Rambut ataupun bulunya Peruvian bisa mencapai sampai 51 sentimeter. Karena itulah Peruvian membutuhkan perawatan yang spesifik. Kalau tidak teliti, bulunya yang panjang bisa rusak, gampang kotor, dan membuatnya bisa terserang penyakit.

4. Silkie

Silkie memiliki kesamaan dengan Peruvian karena sama-sama memiliki rambut panjang dan halus. Hal yang membedakan Silkie dan Peruvian adalah rambutnya lebih panjang di sekitar kepala sehingga perlu diikat ke belakang supaya tidak menutupi mata.  Justru penataan rambut seperti ini yang membuat Silkie terlihat sangat menggemaskan dan jauh berbeda dari marmut jenis lainnya. Buat kamu yang tertarik memelihara Silkie harus komitmen untuk merawat rambutnya supaya tetap sehat dan lembut dan ini bukan perkara yang mudah.

Baca juga: Jenis Hamster yang Sangat Menggemaskan

5. Teddy

Teddy adalah jenis marmut yang memiliki bulu sangat padat tetapi pendek. Bulu mereka tidak terlalu lembut seperti marmut jenis lain tetapi sangat mudah diatur. Namun, untuk menjaganya tetap sehat, kamu perlu sering menyikat bulunya supaya benda-benda asing yang menempel di bulunya dapat hilang. 

6. Alpacas

Jenis ini dianggap sebagai salah satu ras yang paling indah karena Alpacas memiliki bulu yang bergelombang dan kasar. Diperlukan penyikatan teratur untuk menghilangkan kekusutan pada bulunya. 

7. Baldwin

Baldwin adalah tipe marmut yang tidak berbulu. Penampilannya cenderung aneh agak menyeramkan. Tapi, buat orang-orang yang senang dengan sesuatu yang unik, tipe ini cukup digemari. Perlu diketahui kalau Baldwin beraktivitas di dalam ruangan, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kamu juga perlu menyiapkan selimut hangat di kandangnya supaya dia tetap nyaman dan tenang.

8. Coronet

Coronet dapat dikenali dari surainya yang panjang sangat tebal. Kombinasi ini membuatnya terlihat lucu dan terkesan tua karena bulu-bulunya juga memanjang di area wajah menyerupai alis. Coronet juga terkenal ramah dan senang bermain. Namun, bulunya yang panjang membutuhkan perawatan tersendiri.

Itulah informasi mengenai jenis marmut yang menggemaskan. Kalau kamu punya pertanyaan seputar kesehatan hewan bisa kontak langsung ke dokter hewan andalan lewat aplikasi Halodoc ya! Percayakan selalu kesehatan hewan peliharaan di Halodoc!

Referensi:
Pet Comments. Diakses pada 2021. Guinea Pig Breeds.
Good House Keeping.com. Diakses pada 2021. A Full List of Guinea Pig Breeds, From Classic American to Fluffy Teddy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan