Kenali 7 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Oktober 2023

“Ada sejumlah manfaat selada air untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meurunkan risiko penyakit kronis hingga mengurangi kerusakan oksidatif pada sel darah.”

Kenali 7 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan TubuhKenali 7 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Selada air merupakan salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam famili yang sama dengan kangkung, kubis, dan kubis Brussel. Tanaman ini berwarna hijau gelap dan tumbuh di mata air alami.

Saat ini, selada air kerap menjadi bahan dari sejumlah hidangan lezat, berkat rasanya yang menyegarkan dan khas. Namun, tak cuma itu, nyatanya kandungan nutrisi selada air yang tinggi, membuat sayuran ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat selada air untuk kesehatan tubuh? 

Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Tubuh

Selada air termasuk sebagai makanan sehat yang dapat menjadi menu sehari-hari. Sebab, sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan. 

Misalnya, kandungan vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan retina dan penglihatan tetap baik. 

Selada air juga kaya vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan dari cedera, dan mendukung produksi kolagen yang sehat. 

Namun tak haya itu, berkat kandungan nutrisinya, masih ada sejumlah manfaat selada air lainnya, yaitu: 

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis 

Manfaat selada air yang pertama bisa didapatkan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini berperan penting dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis termasuk diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. 

Untungnya, diet tinggi makanan kaya antioksidan seperti selada air dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang menurunkan risiko penyakit ini.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat selada air berikutnya dapat membantu mendukung kesehatan jantung. Antioksidan, khususnya karotenoid yang berkaitan dengan sejumlah manfaat. Mulai dari penurunan tekanan darah, risiko penyakit jantung yang lebih rendah, dan bahkan risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. 

Masih ada sejumlah makanan lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Simak rekomendasinya dalam artikel: Kenali 5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selada air adalah sumber yang baik dari tiga mineral yang penting untuk kesehatan tulang, yaitu kalsium, kalium, dan magnesium. Kalsium adalah mineral yang paling umum dalam tubuh. 

Sementara itu, jika kamu tidak mendapatkan cukup kalium ini dapat melemahkan tulang dari waktu ke waktu, yaitu osteoporosis.

Magnesium dan kalium secara tidak langsung berdampak pada kesehatan tulang yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan sel-sel tulang. 

Artinya, manfaat selada air mampu membantu mengurangi risiko komplikasi dari osteoporosis dan penuaan.

4. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh 

Vitamin C sejak lama terkenal memberikan efek yang baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C berkaitan dengan penurunan fungsi kekebalan dan peningkatan peradangan. 

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan cara produksi sel darah putih yang melawan infeksi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun belum dipelajari secara khusus, manfaat selada air kemungkinan besar selada air membantu untuk menurunkan berat badan. Sebab, kandungannya yang rendah kalori menjadi bagian penting dari asupan makanan yang tidak boleh terlupakan. Terutama bagi mereka yang berencana menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat selada air untuk tubuh karena dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena selada air kaya akan isothiocyanate. Penelitian yang terbit pada 2018 silam dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research menunjukkan, brokoli dan selada air berpotensi membantu mencegah gangguan dan penuaan otak. 

Selain selada air, masih ada sejumlah makanan yang juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan otak. Simak rekomendasinya dalam artikel: 5 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Fungsi Otak

7. Mengurangi Kerusakan Oksidatif pada Sel Darah

Manfaat selada air berikutnya adalah mengurangi kerusakan oksidatif pada sel darah. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi seperti vitamin C dan vitamin E efektif dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada sel darah merah. Konsumsi makanan seperti selada air dengan nutrisi ini bermanfaat bagi kesehatan.

Itulah informasi mengenai manfaat selada air untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik mencobanya? Pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatanmu dan keluarga, ya. Tentunya dengan mengonsumsi makanan sehat tinggi nutrisi seperti selada air. 

Jika masih memiliki pertanyaan seputar makanan ini, segeralah hubungi dokter. Cek rekomendasi dokter spesialis gizi klinik terbaik di Halodoc

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Watercress.
Healthline. Diakses pada 2023. The 11 Most Nutrient-Dense Foods on the Planet.
Organic Facts.net. Diakses pada 2023. 10 Impressive Benefits Of Watercress. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about watercress. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan