Kenali 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
Kenali 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan TubuhKenali 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh

“Manfaat daun suji yang dapat menunjang kesehatan tubuh dapat terjadi karena senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin di dalamnya. Selain itu, daun suji juga mengandung vitamin C, yang membuat daun ini memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun suji yang dapat diperoleh jika rutin dikonsumsi?”

Halodoc, Jakarta – Daun suji, atau yang bisa disebut dengan Dracaena angustifolia menjadi salah satu tanaman yang dikenal sebagai sumber klorofil (zat hijau daun). Ciri fisiknya dapat dilihat dari bentuknya yang memanjang dengan ujung runcing, berwarna hijau gelap, dan bunga yang berwarna putih kekuningan. Daun ini umumnya digunakan sebagai pewarna alami makanan.

Sekilas memang terlihat mirip dengan daun pandan. Namun, warna yang dihasilkan oleh daun suji terlihat lebih pekat, dan tidak beraroma seperti daun pandan. Daun suji mengandung tinggi antioksidan yang berperan sebagai antiinflamasi, antinyeri, antibakteri, dan antijamur dalam tubuh. Sejumlah kandungan baik di dalamnya membuat daun ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, seperti:

Baca juga: Benarkah Daun Kelor Bisa Bantu Atasi Asam Lambung?

1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat pertama daun suji adalah mengatasi gangguan pernapasan. Selain gangguan pernapasan akibat asma, daun suji mampu mengatasi sesak napas, batuk, serta menunjang kesehatan paru-paru. Manfaat tersebut terjadi karena kandungan flavonoid di dalamnya.

2. Meningkatkan Berat Badan

Bagi seseorang yang menjalani program menambah berat badan, konsumsi daun suji bisa menjadi solusi. Daun jenis ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan seseorang. Hasilnya sendiri tidak dapat terjadi secara instan. Kamu perlu menunjang prosesnya dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya. Sebelum mengonsumsinya, kamu bisa menanyakan lebih lanjut dengan ahli gizi terkait dengan bagaimana cara menaikkan berat badan yang tepat.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor bagi Pengidap Anemia

3. Mengatasi Disentri

Manfaat daun suji dalam mengatasi disentri dapat terjadi karena adanya kandungan saponin di dalamnya. Saponin bersifat antibakteri, yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab disentri. Berbeda dengan diare, pengidap disentri akan mengalami diare yang bercampur dengan darah atau lendir.

4. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat daun suji selanjutnya adalah menjaga atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat tersebut berkaitan dengan kandungan flavonoid dalam daun suji. Kandungan tersebut menurunkan kadar kolesterol dengan cara menurunkan aktivitas enzim pembentuk kolesterol, dan menurunkan absorbsi kolesterol dalam saluran pencernaan.

5. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Salah satu komponen dalam klorofil yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh adalah magnesium. Jika dikonsumsi, daun suji mampu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia atau eklampsia pada ibu hamil. Manfaat tersebut berhubungan langsung dengan magnesium yang dapat mengatur dan mengurangi tekanan darah, serta melonggarkan pembuluh darah.

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Sejumlah manfaat daun suji yang telah disebutkan sebelumnya dapat kamu rasakan jika rutin mengonsumsi atau memakainya. Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat suji bagi kesehatan tubuh.  

Berkaitan dengan efek samping pemakaian, hingga kini belum ditemukan efek samping penggunaan daun suji yang berkaitan dengan kesehatan seseorang. Meskipun bahan alami, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan.

Jika ingin menggunakan daun suji untuk mengatasi penyakit tertentu, disarankan untuk mendiskusikan hal tersebut terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menghindari hal-hal yang membahayakan. Selengkapnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc di sini, ya. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Times of India. Diakses pada 2021. Is suji really healthy.

Food and Nutrition Journal. Diakses pada 2021. Stability of Chlorophyll as Natural Colorant: A Review for Suji (Dracaena Angustifolia Roxb.) Leaves’ Case.

Food Research (2019). Diakses pada 2021. Immunomodulatory activity and phytochemical content determination of fractions of suji leaves (Dracaena angustifolia (Medik.)Roxb.).

Specialty Produce. Diakses pada 2021. Suji Leaves Information and Facts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan