Kenali 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2022

“Daun binahong adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun binahong yaitu meningkatkan tekanan darah, menyembuhkan luka dan sakit perut.”

Kenali 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan TubuhKenali 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Anredera cordifolia, atau yang dikenal dengan nama lokal sebagai binahong, adalah tanaman merambat dengan daun berbentuk hati. Daun binahong dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.  Para ahli meyakini bahwa tanaman herbal ini bermanfaat sebagai pereda rheumatoid arthritis, asam urat, demam chikungunya, dan nyeri. 

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong, kamu bisa mengolahnya sebagai minuman herbal atau ditumis sebagai lalapan. Manfaat tanaman asli Indonesia ini diketahui karena adanya kandungan flavonoid dalam jumlah banyak dan kaya akan antioksidan.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan 

Tanaman herbal ini telah lama digunakan sebagai pengobatan herbal di banyak negara. Setiap bagian dari tanaman binahong dapat digunakan sebagai obat, tapi daunnya lebih sering dimanfaatkan. Beberapa zat baik yang terkandung di dalam daun binahong yaitu saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, dan antioksidan. 

Berikut ini manfaat daun binahong yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menyembuhkan sakit perut

Telat makan atau tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan sakit perut. Hal tersebut juga dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu. Kondisi seperti ini dapat diatasi dengan meminum minuman herbal dari daun binahong. Meski begitu, sakit perut yang disebabkan oleh tidak makan tepat waktu, harus dicegah dengan disiplin dalam waktu makan. 

2. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Untuk mendapatkan manfaat daun binahong yang satu ini, kamu perlu menumbuk daun sampai halus. Kemudian oleskan pada luka di kulit. 

Selain menyembuhkan luka, daun binahong juga bermanfaat untuk merawat kulit. Sebab daun binahong mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini. 

3. Meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lesu. Alhasil, kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, bahkan bisa membuatmu pingsan. Maka itu, orang yang memiliki masalah tekanan darah rendah harus mengatasinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral. Salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil delapan lembar daun binahong dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan kamu meminumnya sekali sehari.

4. Mencegah radikal bebas

Seperti yang diketahui, daun binahong mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas. 

Kondisi tersebut dapat mengubah sel-sel sehat menjadi sel jahat, kemudian sel jahat itu akan membunuh sel-sel sehat lainnya. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi bahan alami yang mengandung antioksidan di dalamnya. Salah satunya daun binahong.

5. Perawatan pasca operasi

Manfaat daun binahong selanjutnya yaitu sebagai ramuan yang direkomendasikan untuk perawatan pasca operasi. Dengan begitu, pemulihan pasca operasi dapat berjalan baik. Setelah operasi, seseorang akan kehilangan banyak darah dan energi, karena itu diperlukan asupan yang mengandung protein dan mineral di dalamnya.

Daun binahong adalah salah satu pilihan yang baik. Caranya, rebus 20 lembar daun binahong dengan tiga gelas air. Kemudian minum airnya setidaknya sekali sehari, agar pulih dengan cepat. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. Perlu dipahami juga, tanaman herbal dapat digunakan sebagai pendukung pengobatan medis. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter di Halodoc terlebih dulu sebelum menggunakannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Hindawi. Diakses pada 2022. Effects of Binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis) Extracts on the Levels of Malondialdehyde (MDA) in Cataract Goat Lenses
Kompas. Diakses pada 2022. Anredera cordifolia: Medicinal Plant with Many Benefits
Dr Health Benefit. Diakses pada 2022. 15 Health Benefits of Binahong Leaves (No.2 is Amazing)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan