Kenali 9 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Januari 2024

“Ada banyak sekali manfaat buah mangga madu untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menyehatkan mata, baik untuk pencernaan, menurunkan kolesterol hingga mempercantik kulit.”

Kenali 9 Manfaat Buah Mangga Madu untuk KesehatanKenali 9 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Mangga adalah buah yang termasuk ke dalam genus Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dari famili Anacardiaceae. Buah mangga memiliki bentuk bulat atau oval dengan kulit yang berwarna hijau, kuning, oranye, atau merah tergantung pada jenisnya. 

Mangga memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Buah ini secara umum juga mengandung vitamin C yang tinggi, serat, dan antioksidan seperti beta-karoten. Karena itu, mengonsumsi buah ini secara teratur tentunya dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Nah, salah satu jenis buah ini adalah mangga madu atau mangga ataulfo. Rasanya manis dan teksturnya creamy. Mau tahu apa saja manfaat buah mangga madu bagi kesehatan? 

Kandungan Nutrisi Mangga Madu

Berikut kandungan nutrisi yang ada dalam 165 gram daging mangga madu, yaitu:

  • Kalori: 107.
  • Sodium: 3 miligram.
  • Karbohidrat: 28 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Glukosa: 24 gram.
  • Vitamin A: 26 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 115 persen kebutuhan harian.
  • Kalsium: 2 persen kebutuhan harian.
  • Zat besi: 1 persen kebutuhan harian.

Berbagai Manfaat Buah Mangga Madu

Mangga madu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga kaya akan vitamin A dan kalsium. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dan senyawa lainnya yang baik bagi kesehatan.

Lebih jelasnya, berikut ini manfaat buah mangga madu bagi kesehatan:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Mangga madu mengandung vitamin yang sangat tinggi. Memenuhi kebutuhan vitamin ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Melansir dari Nutrients dengan judul Vitamin C and Immune Function, vitamin C bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan mendukung berbagai fungsi seluler baik sistem kekebalan bawaan maupun adaptif.

Vitamin C juga mendukung fungsi penghalang epitel terhadap patogen dan meningkatkan aktivitas pembersihan oksidan pada kulit. Dengan begitu, vitamin ini berpotensi melindungi kulit dari stres oksidatif lingkungan.

Selain mangga madu, buah dewandaru juga tak kalah bergizinya. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui”.

2. Bagus untuk kesehatan mata

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Mangga madu adalah sumber vitamin A yang dapat mendukung kesehatan mata. Antioksidan lutein dan zeaxanthin juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan terkait mata.

3. Menurunkan berat badan

Mangga madu juga mengandung serat di dalamnya. Kandungan serat yang terpenuhi dengan baik membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan serat juga mampu mengatur hormon yang terlibat dalam pengendalian nafsu makan. Hormon tersebut dikenal sebagai hormon ghrelin.

4. Meningkatkan memori dan konsentrasi

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Selain bagus untuk mata, manfaat makanan sehat ini juga dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Sebab, buah ini mengandung asam glutamin, yang baik untuk anak-anak dengan konsentrasi yang buruk. 

Senyawa ini dapat membantu mempertahankan sel-sel aktif otak dan sangat bagus untuk meningkatkan memori. Selain itu, mangga madu jua mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan fungsi otak. 

5. Baik untuk pencernaan

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Mangga madu mengandung jenis enzim yang sangat bermanfaat untuk sakit maag. Termasuk beberapa enzim pencernaan yang membantu dalam memecah protein, dan menyehatkan pencernaan. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat untuk mencegah sembelit.

6. Menurunkan kolesterol

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Karena tinggi serat, mangga madu juga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Terutama lipoprotein berdensitas rendah yang berbahaya yang umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat.

7. Mencegah anemia

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Manfaat buah mangga madu lainnya adalah mencegah anemia. Sebab mangga madu mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil dan pengidap anemia. 

Melansir dari Statpearls dengan judul Iron Deficiency Anemia, zat besi adalah salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk memproduksi hemoglobin. Kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab utama terjadinya anemia.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah mangga madu untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Mau tahu jus yang dapat membantu menambah darah? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah untuk Cegah Anemia

8. Mempercantik Kulit

Kenali 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Selain khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, buah mangga madu juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kecantikan. Sebab, kandungan vitamin E dalam buah ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya. 

Vitamin E juga dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada kulit. Selain mangga madu, buah yang juga kaya akan vitamin E adalah tomat. Yuk, baca lebih lanjut informasinya pada artikel: Ini 11 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jika Dimakan Setiap Hari.

9. Mengoptimalkan kesehatan tulang

Buah mangga madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Mulai dari vitamin A, kalsium, hingga zat besi. Terpenuhinya ketika nutrisi tersebut membuat pertumbuhan anak lebih optimal dan kamu terhindar dari cedera patah tulang.

Nah, itulah beberapa manfaat buah mangga madu bagi kesehatan. Dapat diketahui bahwa buah ini kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kandungan nutrisi atau manfaat buah mangga, sebaiknya segeralah hubungi dokter spesialis gizi

Agar lebih mudah, kamu bisa secara langsung menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kapan saja di mana saja. Jadi tunggu apa lagi? Cek sekarang juga!

chat dengan dokter
Referensi:
Organic Facts. Diakses pada 2023. What Is Ataulfo Mango.
Parenting Healthy Babies. Diakses pada 2023. 10 Health Benefits of Ataulfo Mango in Your Diet. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Vitamin E for Skin: What Does It Do?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan