Kenali 4 Manfaat Skincare Mengandung Salicylic Acid

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Mei 2024

“Salicylic acid dalam skincare memiliki banyak manfaat. Mulai dari meredakan jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, hingga mengeksfoliasi sel kulit mati.”

Kenali 4 Manfaat Skincare Mengandung Salicylic AcidKenali 4 Manfaat Skincare Mengandung Salicylic Acid

DAFTAR ISI:

Apa Itu Salicylic Acid?

Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit

Rekomendasi skincare yang Mengandung Salicylic Acid

Halodoc, Jakarta – Saat membeli skincare, kamu mungkin sering menemukan salicylic acid pada label komposisinya. Misalnya pada skincare yang mengklaim bisa membantu mengatasi jerawat, atau membuat kulit lebih kencang dan cerah.

Karena banyak manfaatnya, senyawa ini memang menjadi salah satu bahan yang umum digunakan dalam skincare. Namun, sebenarnya apa saja sih manfaat dan rekomendasi produk yang mengandung salicylic acid? Yuk simak pembahasannya! 

Apa Itu Salicylic Acid

Salicylic acid adalah asam beta-hidroksi (BHA), yang merupakan jenis asam pengelupasan atau eksfoliasi. Jenis lainnya adalah AHA, atau asam alfa hidroksi, dan ini termasuk bahan-bahan seperti asam glikolat dan laktat.

Berasal dari kulit pohon willow atau diproduksi secara sintetis, senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Ini juga merupakan salisilat, yang menempatkannya dalam kelompok yang sama dengan aspirin.

Sebagai BHA, salicylic acid larut dalam minyak, yang berarti dapat menembus kulit pada tingkat yang lebih dalam daripada bahan AHA yang larut dalam air.

Kamu juga bisa Mengenal Lebih Dekat Asam Salisilat dan Fungsinya di artikel ini. 

Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit

Berikut ini beberapa manfaat salicylic acid untuk kulit:

1. Membantu Eksfoliasi Kulit

Seperti yang disebutkan tadi, BHA (termasuk salicylic acid) digunakan untuk pengelupasan kulit. BHA mirip dengan AHA  karena digunakan untuk pengelupasan kimiawi atau chemical peeling.

Jenis pengelupasan ini dianggap sebagai pengelupasan kimia, jadi jangan berharap ada butiran yang menggosok sel-sel kulit mati seperti pada scrub. Sebaliknya, pengelupasan kimia seperti salicylic acid dengan lembut melarutkan sel-sel kulit mati, yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bercahaya dari waktu ke waktu. 

2. Membantu Mengurangi Peradangan

Senyawa ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan kulit. Ini adalah asam ini cukup lembut untuk sebagian besar orang dengan kulit sensitif dan mereka yang rentan terhadap kemerahan dan/atau rosacea.

Pastikan untuk menggunakan asam ini sesuai petunjuk, karena penggunaan eksfoliator yang berlebihan dapat menyebabkan kekeringan. 

3. Meredakan Jerawat

Senyawa ini juga punya sifat antimikroba. Ini dapat masuk jauh ke dalam pori-pori dan memecahkan komedo terbuka dan tertutup, karena BHA larut dalam minyak. Komedo terbentuk ketika minyak berlebih bercampur dengan sel-sel kulit mati dan membentuk sumbat yang menyumbat pori-pori. 

Karena sifat keratolitiknya, asam salisilat menggali jauh ke dalam kulit untuk melarutkan sumbat. Ini juga membantu mengurangi munculnya hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat, dan membuat warna kulit lebih merata.

4. Menghilangkan Kotoran dan Minyak Berlebih

Senyawa ini larut dalam minyak dan mampu menembus lebih dalam ke pori-pori dibandingkan dengan AHA. Ini bahkan dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sebum berlebih. Hasilnya, pori-pori tampak lebih kecil, yang berarti kulit tampak lembut, kenyal, dan halus. 

Rekomendasi skincare yang Mengandung Salicylic Acid

Jika kamu sedang mencari skincare apa saja yang mengandung salicylic acid, berikut rekomendasi beberapa produknya:

1. Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 30 ml

Pertama, ada Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 30 ml yang mengandung salicylic acid 2%. Ini adalah serum yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat serta blackhead pada kulit. 

Karena mengandung salicylic acid dan zinc, sehingga serum ini juga dapat digunakan sebagai exfoliator untuk membersihkan sel kulit yang mati hingga ke pori-pori terdalamnya. 

Gunakan serum ini secara rutin di pagi dan malam hari agar hasilnya lebih maksimal.

Rentang harga: Rp109.900 – Rp152.900 per botol.

Dapatkan Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser 150 ml

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser 150 ml adalah pilihan skincare yang mengandung salicylic acid. Produk pembersih wajah dari Cosrx ini mengandung salicylic acid dan tea tree oil.

Guna salicylic acid yaitu untuk mengeksfoliasi kulit mati dan mengurangi produksi di wajah. Sementara, tea tree oil untuk mengobati peradangan pada jerawat.

Cara pakainya, pijat lembut cleanser pada kulit wajah yang sudah dibasahi. Lalu, bilas hingga bersih dengan air hangat.

Rentang harga: Rp110.000 – Rp175.000 per tube.

Dapatkan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser 150 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60 g

Selain COSRX, ada cleanser dari ERHA yang juga mengandung salicylic acid. Produk ini mampu membersihkan kotoran sekaligus membantu eksfoliasi sel kulit mati. 

Dengan kandungan salicylic acid-sulfur, pembersih wajah ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mempercepat pengeringan jerawat. 

Produk Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60 g juga ditambahkan scrub yang lembut, yang memaksimalkan proses pengangkat kulit mati dan kotoran hingga ke pori-porinya.

Rentang harga: Rp96.000 – Rp111.400 per tube.

Dapatkan Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Scarlett Acne Serum 15 ml

Scarlett Acne Serum mengandung 3 zat aktif utama yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan kulit wajah kamu. 

Pertama, tea tree water untuk merawat kulit berjerawat. Kedua, salicylic acid untuk membersihkan minyak berlebih pada kulit dan melindunginya dari efek buruk sinar UV. Terakhir, Jeju centella asiatica untuk merawat keremajaan kulit serta menjaga kelembaban kulit. 

Gunakan serum wajah ini dua kali sehari. Diamkan sesaat agar serum meresap sempurna ke kulit.

Rentang harga: Rp63.500 – Rp88.500 per pot.

Dapatkan Scarlett Acne Serum 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Votre Peau Salycilic Acid Acne Toner 100 ml

Pilihan selanjutnya adalah Votre Peau Salycilic Acid Acne Toner 100 ml. Toner dari Votre Peau ini membantu mengurangi minyak penyebab jerawat, regenerasi sel, serta menjadikan pori-pori kulit lebih halus.

Ini karena adanya kandungan salicylic acid, zinc PCA, dan Witch Hazel di dalam toner tersebut. 

Kamu bisa gunakan skincare ini di pagi dan malam hari. Pastikan wajah sudah dibersihkan sebelum mengaplikasikan produk ini pada kulit wajah.

Kisaran harga: Rp105.000 per botol.

Dapatkan Votre Peau Salycilic Acid Acne Toner 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 20 ml

Produk yang juga mengandung salicylic acid yaitu Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 20 ml. Produk Somethinc ini memiliki kandungan bakuchiol, sunflower seed oil, minyak tanamu, ekstrak apel, dan juga salicylic acid. 

Semua kandungan tersebut bekerjasama merangsang kulit untuk memproduksi sel baru & kolagen, mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, dan menjaga elastisitas kulit.

Saat mengaplikasikannya, kamu bisa tuangkan 5-10 tetes serum ke telapak tangan. Lalu, tepuk perlahan ke area wajah dan leher. Tunggu 1-3 menit sebelum penggunaan tahapan skincare lainnya. 

Rentang harga: Rp75.000 – Rp103.300 per botol.

Dapatkan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Hanasui Serum Anti Acne 20 ml

Selanjutnya, ada Hanasui Serum Anti Acne yang dapat membantu mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, mengencangkan kulit wajah, dan sebagai antioksidan. 

Selain salicylic acid, Hanasui Serum ini mengandung vitamin B3 yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari serta mencerahkan kulit. Vitamin ini juga memiliki efek antiaging, sehingga mampu melawan tanda-tanda penuaan dini. 

Rentang harga: Rp13.500 – Rp28.000 per botol.

Dapatkan Hanasui Serum Anti Acne 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa beli skincare salicylic acid di atas di Toko Kesehatan Halodoc secara online dan praktis tanpa perlu keluar rumah. 100% produknya asli!

Perlu dipertegas, apa pun jenis kulit kamu, hindari melapisi asam salisilat dengan produk lain yang mengandung asam tanpa berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Sebab, ini dapat menyebabkan luka bakar, kerusakan atau jaringan parut jika digunakan secara tidak benar. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bahan aktif lainnya, seperti retinol dan antioksidan, dalam produk skincare kamu. Beberapa dari bahan-bahan ini dapat mengintensifkan efek dari beberapa asam yang menyebabkan rasa terbakar atau jaringan parut.

Itulah pembahasan mengenai salicylic acid. Jika kamu membutuhkan saran dari ahlinya soal perawatan kulit, bisa bertanya pada dokter kulit di Halodoc kapan dan di mana saja.

Referensi:
Mind Body Green. Diakses pada 2024. What Does Salicylic Acid Do? 5 Skin Care Benefits That Make It A Classic.
Net Doctor. Diakses pada 2024. Salicylic Acid: What It Is, Benefits And How To Use It In Your Skin Routine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan