Kenali 4 Manfaat Sagu bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Desember 2022

“Ada berbagai manfaat sagu untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan berat badan hingga menambah energi untuk tubuh.”

Kenali 4 Manfaat Sagu bagi Kesehatan TubuhKenali 4 Manfaat Sagu bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Di beberapa daerah Indonesia, sagu menjadi makanan pokok yang bisa menggantikan nasi. Biasanya, masyarakat mengolah sagu menjadi berbagai jenis bahan makanan, seperti tepung dan butiran sagu.  Bukan tanpa alasan, sagu juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, ketahui berbagai manfaat sagu untuk kesehatan berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Sagu

Sagu adalah sejenis pati yang melalui proses ekstraksi dari batang tanaman palem sagu. Sagu termasuk ke dalam karbohidrat kompleks.

Pohonnya menjadi tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah dan cepat. Pohon ini menjadi tanaman asli dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini.

Sagu merupakan sumber karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Selain itu, ada berbagai jenis kandungan lainnya, seperti lemak, protein, serat, dan zat besi. Namun, jumlah nutrisi lainnya tidaklah terlalu banyak.

Dalam 100 gram sagu, terdapat nutrisi seperti:

  • Kalori: 332 kalori.
  • Protein: Kurang dari satu gram.
  • Lemak: Kurang dari satu gram.
  • Karbohidrat: 83 gram.
  • Serat: Kurang dari satu gram.
  • Zinc: 11 persen dari Referensi Asupan Harian.

Selain zinc, makanan ini rendah akan vitamin dan mineral. Hal ini membuat tepung sagu menjadi jenis tepung yang paling rendah nutrisi dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. 

Tepung sagu juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki alergi terhadap gluten. Hal ini karena tepung sagu tidak mengandung gluten secara alami di dalamnya. 

Manfaat Sagu untuk Kesehatan Tubuh

Berikut berbagai manfaat sagu yang bisa kamu rasakan untuk tubuh, seperti:

1. Meningkatkan Berat Badan

Tepung sagu memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Hal ini sangat baik untuk membantu kamu mendapatkan energi agar tubuh berfungsi secara normal. Selain itu, kalori yang cukup banyak membuat kamu bisa meningkatkan berat badan lebih optimal.

Jadi, jika kamu sedang melakukan diet untuk meningkatkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari sagu. Jangan lupa tambahkan bahan ain yang bernutrisi untuk tubuh.

2. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat memicu gangguan jantung. Nyatanya, mengonsumsi tepung sagu bisa membuat kadar trigliserida dan kolesterol lebih rendah daripada pengonsumsian jenis tepung lainnya. 

3. Meningkatkan Kekuatan Fisik

Mengonsumsi makanan, seperti bubur yang terbuat dari sagu sebelum berolahraga atau berkegiatan mampu meningkatkan kekuatan fisik. Hal ini karena sagu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi pada tubuh.

Dengan begitu, kegiatan olahraga atau aktivitas yang dijalani sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. 

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Meskipun sedikit, sagu masih memiliki kandungan serat di dalamnya. Hal ini bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan pencernaan agar kamu terhindar dari gangguan pencernaan.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi makanan yang berbahan dasar sagu. Namun, pastikan untuk mengonsumsi jenis makanan lain dengan kandungan nutrisi yang beragam di dalamnya.

Jangan lupa untuk tanyakan langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami. Kami bisa menggunakan Halodoc untuk bertanya melalui Voice/Video Call atau Chat secara langsung. 

Dengan begitu, keluhan kesehatan yang kamu alami bisa ditangani secara tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Sago, and Is It Good for You?
Live Strong. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Sago?
Organic Facts. Diakses pada 2022. 9 Surprising Health Benefits Of Sago.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan