Kapan Waktu Terbaik untuk Memotong Kuku Kucing?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2021
Kapan Waktu Terbaik untuk Memotong Kuku Kucing?Kapan Waktu Terbaik untuk Memotong Kuku Kucing?

“Supaya kuku kucing tetap sehat, kamu harus memiliki jadwal memotong kuku kucing sendiri. Idealnya bisa dilakukan setiap 10 hari atau 2 minggu sekali. Namun, kamu juga harus berhati-hati saat memotong kuku, atau jika kamu ragu, kamu juga bisa minta bantuan dokter hewan di klinik untuk melakukannya.”

Halodoc, Jakarta – Seekor kucing menggunakan kukunya untuk berbagai aktivitas, termasuk mencakar, memanjat, dan menandai wilayah. Menariknya, kuku kucing bisa ditarik, tetap tersembunyi sampai kucing perlu menggunakannya.

Kuku kucing juga tumbuh terus-menerus. Kucing yang tinggal di luar rumah akan menjaga kukunya tetap pendek dengan memanjat dan menggaruk pohon. Sementara kucing dalam ruangan sering menggunakan tiang garukan kucing untuk merawat kukunya, tetapi tiang ini mungkin tidak cukup untuk membuat kuku kucing tetap pendek, oleh karena itu kamu perlu memiliki jadwal memotong kuku kucing.

Jadwal Memotong Kuku Kucing 

Kebanyakan kucing harus memotong kukunya setiap setengah hingga dua minggu sekali. Melakukan rutinitas akan memudahkan kamu mengendalikan kuku kucing. Jika kamu kesulitan memotong cakarnya, kamu dapat meminta saran dari groomer atau dokter hewan.

Kuku yang tumbuh terlalu panjang bisa melengkung dan tidak dapat ditarik kembali sepenuhnya. Kamu akan tahu jika kuku kucing tumbuh terlalu panjang jika kuku kucing tersangkut di karpet atau permukaan lembut lainnya, atau jika kucing tidak bisa lagi menarik kukunya.

Kuku yang terlalu banyak tumbuh dan melengkung dapat tumbuh ke alas kaki, menyebabkan rasa sakit yang signifikan dan masalah mobilitas. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kuku kucing tetap pendek. Jadi, jadwal memotong kuku kucing adalah setiap 10 hari hingga 2 minggu agar mereka tidak sampai ke titik ini.

Namun, jangan memotong habis kuku kucing atau melakukan declawing karena ini bisa menyebabkan komplikasi dan rasa sakit yang berkelanjutan. Sebagai gantinya, berikan kucing tempat untuk menggaruk. Selain itu, bicarakan dengan dokter hewan tentang penutup kuku, atau cara memotong kuku kucing yang benar. Kamu pun bisa buat janji dengan dokter hewan di klinik hewan terlebih dahulu melalui Halodoc untuk melakukan perawatan kucing. 

Apa yang Harus Dihindari

Memotong kuku kucing sering kali menjadi pengalaman yang membuat stres bagi semua orang, tetapi tidak harus demikian. Ahli perilaku kucing mengatakan bahwa setiap kucing dapat dilatih untuk menoleransi bahkan menikmati proses pemotongan kuku mereka. Mengikuti beberapa tip sederhana dapat membantu kamu dan kucing lebih rileks selama sesi perawatan kuku reguler mereka.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat memotong kuku kucing:

  • Jangan pernah mencoba memotong kuku kucing saat kucing sedang marah atau ketika kamu sedang dalam suasana hati yang buruk. Hal ini membuat proses lebih membuat stres.
  • Jangan pernah terburu-buru memotong kuku. Kamu mungkin memotong terlalu dalam dan memotongnya terlalu cepat.
  • Jangan memarahi atau menghukum kucing karena menolak dipotong kukunya. Ini hanya akan membuat mereka menghindari jadwal memotong kuku kucing selanjutnya.
  • Jangan mencoba memotong semua kuku kucing sekaligus.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat tentang proses pemangkasan kuku kucing dan cara menjaga kucing tetap tenang selama pemangkasan kuku.

  • Pilih kursi yang nyaman di ruangan yang tenang di mana kucing tidak dapat melihat ke luar jendela.
  • Pegang kucing di pangkuan saat dia santai dan sedikit mengantuk, seperti setelah makan.
  • Setidaknya selama beberapa hari sebelum memotong kuku, pijat kaki depan dan cakar kucing, tekan perlahan setiap alas kaki dengan ibu jari dan jari telunjuk untuk memanjangkan kuku yang sesuai. Lepaskan tekanan dan segera berikan kucing camilan.
  • Biasakan kucing dengan suara gunting kuku. Tempatkan sepotong spageti mentah di gunting kuku kucing. Saat kamu menekan alas kaki seperti dijelaskan di atas, “potong” spageti saat kuku memanjang. Lepaskan tekanan dan segera obati kucing.
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Cat Nail Clipping: How and When to Cut Cat’s Nails.
Pet MD. Diakses pada 2021. How Often Should You Trim a Cat’s Nails?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan