Kapan Bisa Berhubungan Intim setelah Kuret? Ini Faktanya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Juni 2023

“Secara fisik, seorang wanita yang mengalami keguguran dapat kembali berhubungan intim dua minggu setelah kuret. Namun, mungkin diperlukan waktu yang lebih lama untuk menunggu kesiapan mental.”

Kapan Bisa Berhubungan Intim setelah Kuret? Ini FaktanyaKapan Bisa Berhubungan Intim setelah Kuret? Ini Faktanya

DAFTAR ISI

  1. Waktu yang Aman Berhubungan Intim Setelah Kuret
  2. Sulit Berhubungan Intim Setelah Kuret Adalah Normal
  3. Apakah Berhubungan Intim Setelah Keguguran Terasa Sakit?
  4. Hubungi Dokter Ini untuk Tips Aman Berhubungan Intim
    1. dr. Helena Sunarja Sp.OG
    2. dr. Naeny Fajriah Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Setelah mengalami keguguran dan menjalani kuret, kamu perlu menunggu beberapa waktu sebelum berhubungan intim lagi.

Dokter merekomendasikan waktu yang aman untuk berhubungan intim setelah pendarahan atau gejala terkait keguguran sudah berhenti, atau sekitar satu hingga dua minggu. 

Ada juga dokter yang merekomendasikan 6 minggu lebih, terutama jika komplikasi. Selain berhubungan intim, dokter juga menyarankan untuk menghindari memasukkan benda asing ke dalam vagina, termasuk tampon untuk mencegah infeksi pasca keguguran dan kuret. 

Waktu yang Aman Berhubungan Intim Setelah Kuret

Setelah mengalami keguguran, siapapun mungkin perlu meluangkan waktu untuk memproses perasaannya, meskipun telah menjalani kuret untuk mempercepat proses keguguran. 

Keguguran dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai emosi, seperti sedih, marah, dan rasa bersalah. Apa pun emosi yang dirasakan, merupakan hal yang normal bagi orang yang mengalami keguguran. 

Komplikasi medis tertentu juga dapat membuat hubungan seksual menjadi sulit, meskipun kamu sudah menjalani kuret. Penting bagi kamu untuk meluangkan waktu untuk sembuh, baik secara mental maupun fisik, sebelum memutuskan untuk berhubungan intim pasca keguguran dan kuret

Menurut National Health Service (NHS), seseorang harus menunggu sampai semua gejala keguguran hilang sebelum berhubungan intim lagi. Hal tersebut membantu mengurangi kemungkinan seorang wanita terkena infeksi.

Sementara itu, menurut American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan agar menunggu 1-2 minggu setelah kuret untuk berhubungan intim atau memasukkan benda apa pun ke dalam vagina.

Namun, waktu tersebut adalah yang aman untuk fisik, belum termasuk dengan kesiapan mental individu. Pada akhirnya, semua tergantung pada kesiapan kamu dan pasangan.

Agar lebih memahami informasi di atas, baca juga artikel beriku: Setelah Alami Keguguran, Perlukah Menjalani Kuret?

Sulit Berhubungan Intim Setelah Kuret Adalah Normal

Jika kamu belum ingin berhubungan intim setelah keguguran dan menjalani kuret, maka itu adalah hal yang normal. Meskipun secara fisik tubuh dapat pulih dan berhubungan intim aman dilakukan, tetap perlu waktu untuk menyembuhkan luka emosional terkait kehilangan janin.

Bukan hal yang salah untuk memberi waktu pada diri sendiri. Kamu mungkin mengalami masa berduka setelah kehilangan.

Belum lagi perasaan terkejut mengetahui bahwa rasa sedih yang kamu rasakan mungkin tidak berhubungan dengan berapa lama kehamilan yang berlangsung. Kondisi tersebut lebih tentang bagaimana kamu memproses emosi.

Memproses emosi mungkin terasa lebih mudah jika kamu mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan psikolog untuk membicarakan perasaanmu.

Jika belum siap untuk berhubungan intim, ada banyak cara untuk berhubungan fisik dengan pasangan setelah mengalami keguguran, misalnya:

  • Berpelukan.
  • Bercengkrama.
  • Berpegangan tangan.
  • Pijat.
  • Menghabiskan waktu romantis dengan pasangan.
  • Mengobrol secara mendalam.

Apakah Berhubungan Intim Setelah Keguguran Terasa Sakit?

Saat mengalami keguguran, rahim berkontraksi. Kamu mungkin juga merasa kram yang rasanya sama seperti periode menstruasi atau lebih sakit dari itu. Seiring waktu, kram tersebut akan mereda saat rahim mengalami pemulihan. 

Meski begitu, kamu mungkin mengalami rasa sakit atau kram selama atau setelah berhubungan intim, terutama di masa-masa awal. Namun, perlu diingat bahwa nyeri tersebut juga dapat disebabkan oleh infeksi atau hal lain yang memerlukan penanganan dokter.

Tanda-tanda infeksi lainnya, yaitu:

  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Keputihan berbau tidak sedap.

Itulah yang perlu diketahui tentang waktu yang aman untuk bisa berhubungan intim setelah kuret. Jika kamu mengalami gejala yang mengkhawatirkan, jangan ragu bertanya pada dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc, sekarang juga!

Baca juga: Posisi Hubungan Intim saat Hamil Sesuai Trimester

Hubungi Dokter Ini untuk Tips Aman Berhubungan Intim

Apabila kamu dan pasangan ingin melakukan hubungan intim setelah kuret, sebaiknya hubungi dokter spesialis kandungan di Halodoc terlebih dahulu untuk mendapat tips berhubungan intim yang aman.

Sebab, terdapat beberapa kondisi yang dianjurkan untuk tidak berhubungan intim terlebih dahulu setelah melakukan kuret.

Karena itu, kamu bisa konsultasikan hal tersebut dengan dokter di Halodoc yang telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Helena Sunarja Sp.OG

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Helena Sunarja Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2019. 

Dokter Helena Sunarja Sp.OG saat ini berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR LR00000518651628.

Dengan pengalaman selama 12 tahun yang ia miliki, dr. Helena Sunarja Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang hubungan intim setelah kuret.

Chat dr. Helena Sunarja Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Naeny Fajriah Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Naeny Fajriah Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2012 dan 2021. 

Dokter Naeny Fajriah Sp.OG saat ini berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7321301321133805.

Dengan pengalaman selama 12 tahun yang ia miliki, dr. Naeny Fajriah Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tips berhubungan intim setelah kuret.

Chat dr. Naeny Fajriah Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis kandungan yang bisa kamu hubungi seputar tips berhubungan intim yang aman setelah melakukan kuret.

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tenang saja, privasi kamu pasti terjaga dengan aman di Halodoc.Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

setelah kuret, hubungi dokter kandungan Halodoc untuk konsultasi lanjutan
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. All About Sex and Intimacy After a Miscarriage or D and C
Very Well Family. Diakses pada 2023. When Is It Safe to Have Sex Following a Miscarriage?
Medical News Today. Diakses pada 2023. Sex and intimacy after a pregnancy loss

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan