Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Daun Selada

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Januari 2023

“Daun selada mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin, berbagai macam manfaatnya bisa dirasakan.”

Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Daun SeladaKandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Daun Selada

Halodoc, Jakarta – Daun selada kerap disantap menjadi lalapan pada masakan Sunda, bahkan juga dibuat menjadi salad. Makanan ini memang sangat menyegarkan sehingga cocok dipadukan dengan beberapa masakan pedas.

Bukan hanya itu, daun selada memiliki nutrisi yang menyehatkan saat dikonsumsi. Konsumsi rutin dari sayuran ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Berbagai Nutrisi pada Daun Selada

Pada selada dengan porsi sebanyak 35 gram,  beberapa nutrisi yang terkandung adalah:

  • Kalori sebesar 4,9.
  • Sodium sebesar 6,7 mg.
  • Gula sebesar 0,5 gram.
  • Serat sebesar 0,4 gram, atau setara 1% dari kebutuhan harian tubuh.
  • Protein sebesar 0,4 gram, atau setara 1% dari kebutuhan harian tubuh.
  • Kalsium sebesar 9,5 mg, atau setara 1% dari kebutuhan harian tubuh.
  • Potasium sebesar 59 mg, atau setara 1% dari kebutuhan tubuh.

Lalu, apa saja sih manfaat kesehatan dari mengonsumsi daun selada? Ini daftarnya:

1. Memperlambat Penurunan Kognitif

Menurut studi dari Neurology, disebutkan jika mengonsumsi satu porsi sayuran dengan daun hijau dapat membantu tubuh dalam memperlambat penurunan fungsi otak (kognitif). Sebab, masalah ini dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Pada sayur dengan daun hijau mengandung phylloquinone, lutein, nitrat, folat, dan kaempferol yang sangat baik dalam mencegah masalah tersebut. Dengan begitu, kemampuan otak tetap terjaga dengan baik meski usia sudah tidak muda lagi.

2. Efektif untuk Program Diet

Mengacu pada jurnal dari Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, sayur ini mengandung asupan serat, lemak total, asam tak jenuh, dan berbagai kandungan lainnya yang sangat baik untuk program diet. Makanan ini dapat mengurangi rasa lapar sekaligus memastikan tubuh tetap ternutrisi dengan baik.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada daun selada dapat membuat pencernaan menjadi lancar dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sayuran ini juga dapat mengatasi masalah konstipasi dan sangat baik untuk membuat usus besar lebih sehat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Daun selada kaya akan kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K. Nutrisi ini sangat baik dalam melindungi dan memperkuat jaringan tulang. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh wanita menopause untuk menjaga kesehatan tulang, sebab kondisi ini dapat meningkatkan risiko terhadap osteoporosis atau masalah tulang lainnya.

5. Kaya akan Kandungan Antioksidan

Sayuran ini juga kaya akan antioksidan berkat kandungan vitamin C dan E di dalamnya. Hal ini sangat baik dalam membantu tubuh menjaga kesehatan jantung, membersihkan racun dari tubuh, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan yang dikombinasikan dengan vitamin A dan beta karoten sangat baik dalam pencegahan berbagai kanker.

Itulah berbagai nutrisi yang terkandung dalam daun selada beserta dengan manfaatnya. Jika kamu ingin menjaga tubuh tetap sehat, konsumsi sayuran ini secara rutin perlu dilakukan. Terlebih jika kamu membutuhkan asupan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait nutrisi dan manfaat dari konsumsi daun selada, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh sekarang juga!

Referensi:
Nutrition Value. Diakses pada 2022. Lettuce, raw.
Med India. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lettuce.
Lettuce Info. Diakses pada 2022. Lettuce Nutrition.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan