Kandungan Nutrisi Telur Bebek bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Januari 2022
Kandungan Nutrisi Telur Bebek bagi Kesehatan TubuhKandungan Nutrisi Telur Bebek bagi Kesehatan Tubuh

“Telur bebek adalah salah satu makanan yang terkenal dengan manfaat dan kandungan nutrisinya. Bukan hanya secara fisik, makanan ini juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Telur bebek termasuk jenis telur yang banyak dikonsumsi setelah telur ayam. Telur yang biasa diolah menjadi telur asin ini disebut-sebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan telur ayam, terutama dari segi nutrisi.

Namun, apa saja sih kandungan nutrisi pada telur bebek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh? Ketahui selengkapnya pada ulasan berikut!

Berbagai Nutrisi pada Telur Bebek untuk Kesehatan

Telur bebek umumnya berukuran lebih besar dari telur ayam dengan bagian kuning yang cukup besar. Hal ini membuat telur bebek banyak digunakan untuk membuat makanan yang dipanggang karena sifatnya yang lembap dan mudah mengembang dengan baik, sehingga dapat mempertahankan bentuknya dengan lebih baik. Telur ini juga lebih sering dipilih untuk isian krim dan puding karena mengandung sedikit air dan kaya lemak.

Dengan cara apa pun kamu menyajikannya, telur bebek memang dapat menjadi sumber nutrisi yang baik. Terlihat dari kuning telurnya yang lebih gelap menunjukkan jika terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, disertai dengan asam lemak omega-3 hingga 50% lebih banyak vitamin A dibandingkan dengan telur ayam.

Lalu, apa saja sih nutrisi dari telur bebek yang baik untuk kesehatan? Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

1. Membentuk Otot

Salah satu manfaat telur bebek untuk kesehatan adalah mampu membentuk otot pada tubuh. Telur ini mengandung lebih banyak protein dibandingkan telur ayam karena ukurannya yang lebih besar. Seperti yang diketahui, protein dapat membantu untuk membangun otot tanpa lemak, mempertahankan berat badan yang sehat, dan pemulihan tubuh pasca berolahraga atau cedera.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tidak banyak orang yang tahu jika depresi dapat disebabkan oleh kekurangan zat zinc, magnesium, dan selenium. Dengan mengonsumsi telur bebek, kamu dapat memastikan semua nutrisi tersebut tercukupi. Telur ini kaya akan kandungan selenium yang mampu mencukupi setengah kebutuhan harian tubuh. Selain itu, telur ini juga kaya vitamin D yang baik untuk menurunkan risiko mengalami depresi.

3. Kaya akan Vitamin B12

Telur bebek juga kaya akan kandungan vitamin B12 yang sangat baik untuk sistem saraf dan kesehatan sel darah merah. Seseorang yang kekurangan vitamin B12 dapat mengalami masalah keseimbangan dan memori hingga kelelahan. Kandungan vitamin B12 pada telur bebek hampir lima kali lipat dibandingkan nutrisinya pada telur ayam.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Telur bebek ternyata mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan kolin di dalamnya. Kandungan ini mampu mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak yang berperan pada reaksi biokimia. Dengan begitu, sel-sel saraf pada otak dapat berjalan dengan lebih efektif.

Nah, itulah beberapa nutrisi yang terkandung pada telur bebek yang mampu menyehatkan tubuh. Dengan mengonsumsi telur ini secara rutin, tentu kamu dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan. Namun, penting juga untuk memperhatikan jumlah yang dikonsumsi per hari karena telur ini kaya akan kandungan kolesterol yang tentunya tidak baik untuk beberapa orang.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Duck Eggs.
Live Strong. Diakses pada 2021. Why Duck Eggs Are Even More Nutritious Than Chicken Eggs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan