Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 1

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Oktober 2024

“Ada berbagai vitamin ibu hamil trimester 1 yang perlu dipenuhi, seperti asam folat, zat besi, hingga vitamin A. Pastikan ibu memenuhi kebutuhannya setiap hari untuk mendukung kehamilan yang sehat.”

Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 1Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 1

DAFTAR ISI

Beragam Vitamin Ibu Hamil di Trimester 1


Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan di trimester pertama bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu baru menjalani ini untuk pertama kalinya. Ada berbagai hal yang perlu dilakukan agar kehamilan bisa berjalan baik, salah satunya memastikan kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi setiap harinya. 

Vitamin berperan penting dalam proses tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, serta mendukung kesehatan ibu selama kehamilan. 

Mau tahu, jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan ibu hamil di trimester pertama? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Beragam Vitamin Ibu Hamil di Trimester 1

Trimester pertama kehamilan biasanya akan dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir, hingga akhir minggu ke 12. Biasanya, kehamilan di trimester pertama dapat kamu ketahui setelah melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan tes kehamilan di rumah.

Jika hasilnya positif, sebaiknya segera kunjungi dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan yang tengah kamu jalani. 

Biasanya ada berbagai gejala yang terjadi saat hamil trimester pertama. Contohnya, seperti perubahan payudara, pusing, hingga kram perut.

Meskipun pada usia kehamilan ini kamu juga kerap mengalami mual dan kesulitan makan, tetapi pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut jenis vitamin yang perlu kamu konsumsi selama trimester pertama, yaitu:

1. Asam folat

Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil trimester pertama. Nutrisi ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. 

Selain itu, asam folat juga baik dikonsumsi oleh wanita saat merencanakan kehamilan. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung asam folat, seperti bayam, brokoli, kale, hingga kacang-kacangan. 

Untuk memenuhinya kebutuhan asam folat saat hamil, kamu bisa juga mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat. Berikut “Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil”.

2. Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan organ, mata, tulang bayi, perkembangan saraf, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah di awal kehamilan.

Kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin A yang diperlukan melalui berbagai makanan sehat yang mengandung vitamin ini. Misalnya, sayuran hijau, ubi, telur, pepaya, mangga, hingga semangka.

Yuk, Catat, Ini Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus. Kamu bisa mengonsumsinya untuk mendukung kehamilan yang sehat!

3. Zat besi

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Saat hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak sel darah merah, guna menunjang pertumbuhan bayi.

Kadar zat besi yang rendah membuat ibu lebih mudah kelelahan, kurang konsentrasi, dan meningkatkan risiko infeksi. Kekurangan zat besi juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang cukup vital di trimester pertama.

Kamu bisa mendapatkan zat besi dari daging hingga kacang-kacangan. Hindari mengonsumsi hati hewan saat hamil.

4. Kalsium

Tubuh tidak dapat memproduksi kalsium secara alami. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan kalsium dari berbagai makanan sehat, seperti yoghurt, susu, tahu, kale, hingga ikan.

Terpenuhinya kalsium dalam tubuh, akan mengoptimalkan kesehatan tulang ibu dan membantu pertumbuhan tulang pada janin. Ibu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai jumlah kalsium yang diperlukan setiap hari.

Tapi kamu juga harus menghindari konsumsi kalsium yang berlebihan. Sebab, kelebihan kadar kalsium dalam tubuh membuat kamu mengalami beberapa efek samping, seperti perut kembung atau konstipasi.

Itulah beberapa vitamin ibu hamil trimester 1 yang perlu dipenuhi dengan baik. Vitamin dan suplemen kehamilan lainnya bisa kamu beli dengan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Ibu bisa lakukan konsultasi dokter menggunakan Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2024. What to Eat When You’re Pregnant: First Trimester.
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2024. Nutrition During Pregnancy.
CDC. Diakses pada 2024. Folic Acid.
My Nutrition. Diakses pada 2024. Iron for Pregnant Women.
Grow by Web MD. Diakses pada 2024. Get the Calcium You Need During Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan