Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Olahraga plank memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengencangkan otot perut, meningkatkan fleksibilitas, menguatkan otot inti, dan meningkatkan metabolisme tubuh.”

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Plank untuk TubuhJarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta –  Plank adalah latihan menahan berat badan yang melibatkan memosisikan batang tubuh tetap berada dalam garis lurus, selama kurun waktu tertentu. Plank tidak hanya melibatkan batang tubuh, melainkan juga kelompok otot yang lain, seperti lengan, paha, dan bokong. 

Ketahui 4 manfaat olahraga plank

Olahraga plank memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya untuk menguatkan otot inti, plank juga dapat mengobati sakit punggung, melatih keseimbangan dan mengencangkan perut. Yuk, baca lebih lanjut manfaat olahraga plank yang jarang diketahui di sini!

Mengenal Manfaat Olahraga Plank

Di dalam latihan kardio, plank kerap dimasukkan sebagai salah satu sesi dalam olahraga. Plank adalah latihan inti yang sederhana dan efektif yang membantu membangun kekuatan dan stabilitas yang berfokus pada seluruh tubuh. Latihan plank juga juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas. 

Pada dasarnya plank dapat dilakukan dengan metode yang berbeda, tetapi proses utama latihannya tetap berfokus pada menjaga tubuh tetap tegak lurus dengan lantai, perut menghadap ke lantai demikian juga dada. Sebagai kombinasi, tangan ataupun lengan bisa digunakan untuk menopang tubuh. Begitu juga posisinya, bisa ke depan ataupun menyamping, secara bergantian. 

Lantas, seperti apa manfaat olahraga plank?

1. Membantu memperbaiki postur tubuh 

Plank dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan membuat postur lebih tegak lurus. Ketika kamu melakukan plank, ada banyak otot yang dilatih untuk tegak, seperti punggung, dada, bahu, perut, dan leher. Secara tidak langsung, jenis latihan ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh, membuatnya kuat dan juga sehat.

Baca juga: 4 Latihan Perbaiki Struktur Tulang

2. Meningkatkan fleksibilitas

Plank tidak hanya bermanfaat untuk menegakkan postur, plank juga melatih fleksibilitas. Gerakan plank membantu meregangkan bahu, tulang selangka, dan otot lain, sehingga meningkatkan kelenturan dan memperkuat otot inti. 

3. Membantu mengurangi lemak perut

Menghilangkan lemak perut atau lemak visceral adalah bagian tersulit dari setiap program penurunan berat badan. Ada banyak latihan yang menjanjikan pengurangan lemak perut, tapi tidak terbukti secara signifikan. Nah, plank benar-benar melatih inti otot perut, sehingga membuat perut lebih kencang. 

4. Memperkuat otot inti 

Latihan plank bekerja pada otot inti tubuh, yaitu perut, dada, punggung, dan bahu. Jika dilakukan secara rutin dan intens, latihan plank dapat memperkuat otot inti, sehingga ini juga dapat membantu kamu dalam melakukan aktivitas harian. Tubuh bisa lebih stabil, kuat, tidak mudah jatuh, dan lain sebagainya.

5. Membantu mengurangi nyeri sendi dan sakit punggung

Saat otot perut menjadi lebih kuat, tubuh menjadi lebih bisa bergantung pada otot perut yang pada akhirnya bisa mengurangi tekanan pada otot punggung. Postur tubuh yang baik dan tegak juga dapat membuat sumsum tulang belakang berada pada posisi semestinya, sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan terhadap nyeri sendi.

6. Membantu meningkatkan metabolisme

Salah satu fungsi terpenting lainnya dari plank adalah membantu meningkatkan metabolisme. Walaupun terlihat sederhana, tetapi plank adalah latihan yang sulit dan cukup menantang. Melakukannya 1-2 menit, sudah membakar kalori yang cukup lumayan. Inilah sebabnya, mengapa latihan plank dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Tips Melakukan Plank

Jika kamu baru dalam melakukan plank, ada baiknya kamu mengikuti panduan berikut ini: 

1. Lakukan pelan-pelan tapi pasti

Kebanyakan orang menyerah dalam 1 atau 2 hari dan tidak melakukan plank untuk seterusnya. Kunci untuk sukses mendapatkan manfaat dari plank adalah konsistensi. Cobalah lakukan pelan-pelan, tapi pasti.

2. Tidak perlu lama, asalkan gerakannya tepat

Kamu tidak perlu langsung plank selama 5 menit di percobaan pertama. Lakukan saja 30 detik dulu, asal pastikan kalau gerakan yang kamu lakukan memang benar. Kemudian, tingkatkan menjadi 60 detik dan seterusnya.

3. Lakukan setidaknya dua kali sehari

Untuk mendapatkan manfaat optimal, lakukan plank setidaknya dua kali dalam sehari. Misalnya plank pertama dilakukan pagi hari, lalu selanjutnya sore atau malam hari.

4. Plank kombinasi

Supaya tidak jenuh, lakukan plank kombinasi. Menahan tubuh dengan telapak tangan, lengan, atau plank ke samping.

5. Kombinasikan dengan gerakan lain

Supaya olahragamu tidak membosankan, kombinasikan dengan olahraga lain. Misalnya dengan squat, ataupun burpees.

Itulah manfaat olahraga plank untuk tubuh, dan tips melakukannya dengan optimal. Punya masalah dengan kesehatan, kamu bisa buat janji medis dengan dokter lewat aplikasi Halodoc ya! Jangan lupa, download aplikasinya sekarang juga ya!

Referensi:
Healthcorps. Diakses pada 2023. 7 Health Benefits of Plank Exercises (+5 Plank Variations You Should Know).
Phamreasy. Diakses pada 2023. 6 Major Benefits Of Doing Plank Exercise Daily.
Pure Gym. Diakses pada 2023. How to Gym.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan