Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Jujube

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Oktober 2022

“Meski ukurannya kecil, buah jujube dikemas dengan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi buah ini bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti membantu tidur, mengatasi sembelit, dan masih banyak lagi.”

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Buah JujubeJarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Jujube

Halodoc, Jakarta – Jujube adalah buah kecil berwarna merah yang penampilannya mirip seperti kurma. Buah yang dikenal juga sebagai kurma Cina atau kurma merah ini, berasal dari Asia Selatan dan sudah menjadi populer di seluruh dunia. 

Memiliki rasa asam manis dan tekstur yang kenyal, buah Jujube sering dikeringkan dan diolah menjadi permen, atau makanan penutup di beberapa bagian Asia di mana mereka banyak ditemukan. Namun, buah yang punya nama latin Ziziphus jujuba sebenarnya sudah sejak lama dikonsumsi dan digunakan untuk pengobatan tradisional. 

Jujube bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari membantu tidur hingga menyehatkan pencernaan. Simak manfaat buah jujube untuk kesehatan di sini.

Manfaat Buah Jujube untuk Kesehatan

Buah Jujube kaya akan berbagai nutrisi baik, seperti kalsium, potasium, saponin, flavonoid, asam betulinat, serta vitamin A dan C. Karena itu, mengonsumsi buah ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan:

1. Mengatasi masalah tidur

Dalam pengobatan Cina, jujube digunakan secara tradisional untuk mengobati masalah tidur seperti insomnia. Baik buah maupun bijinya kaya akan flavonoid, yaitu saponin dan polisakarida. Saponin sudah dikenal sebagai obat tidur alami oleh beberapa ahli. Buah Jujube bisa membantu tidur dengan memberikan efek menenangkan pada seluruh sistem saraf.

Jadi, bila kamu sering mengalami sulit tidur atau insomnia, cobalah untuk minum segelas teh (tanpa kafein) jujube hangat sebelum tidur untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak.

2. Membantu mengatasi sembelit

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, manfaat mengonsumsi jujube bisa memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit. Satu porsi buah jujube kering (100 gram) bisa memberikan 6 gram serat makanan. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk mengatur pergerakan usus, sehingga buang air besar pun menjadi teratur.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah jujube juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Tidak hanya bisa mencerahkan kulit, nutrisi tersebut juga bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan mencegah penyakit. Mengonsumsi 100 gram jujube bisa memberimu asupan vitamin C sebanyak 69 miligram.

4. Membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah jujube lainnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal itu karena makanan sehat tersebut kaya akan kalium tapi rendah sodium (garam). Kalium merupakan nutrisi yang bisa membantu merilekskan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah rileks, tekanan darah akan tetap terjaga. 

Buah jujube juga bekerja sebagai agen anti-aterogenik, yaitu mencegah lemak menumpuk dan menyumbat arteri. Itulah mengapa mengonsumsi buah ini secara rutin bisa menyehatkan jantung.

5. Mencegah kanker

Ekstrak buah jujube mengandung fenolat yang bisa meningkatkan aktivitas antioksidan buah tersebut. Artinya, enzim antioksidan dalam buah tersebut bisa bekerja lebih cepat untuk menghilangkan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

Ada beberapa penelitian in-vitro yang sudah membuktikan khasiat ekstrak jujube dalam mencegah penyebaran sel kanker. Sebuah studi yang dilakukan di University of Calabria di Italia menunjukkan, bahwa itu bisa memperlambat penyebaran kanker secara efektif, bahkan membunuh sel kanker payudara ganas.

Selain itu, vitamin C yang tinggi dalam buah jujube diduga juga memiliki sifat antikanker yang kuat. Sebuah studi pada tikus menemukan suntikan vitamin C dosis tinggi bisa membunuh sel kanker tiroid.

6. Meredakan kecemasan

Mengonsumsi buah jujube juga sudah terbukti bisa memberikan efek menenangkan pada otak dan sistem saraf. Hal ini tidak hanya bisa membantu tidur, tapi juga meredakan kecemasan. Efek sedatif dari buah jujube atau ekstrak minyak buah tersebut diketahui bekerja pada tingkat hormonal, dan menimbulkan sensasi tenang dan rileks pada pikiran dan tubuh kamu.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah jujube. Bila kamu sakit, kamu bisa mendapatkan obat dan vitamin yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan kamu melalui aplikasi Halodoc

Tidak perlu keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Jujube Fruit (Ber) You Must Know.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Jujube Fruit? Nutrition, Benefits, and Uses.
WebMD. Diakses pada 2022. Are There Health Benefits of Chinese Jujube Fruit?.
Style Craze. Diakses pada 2022. 21 Amazing Benefits Of Jujube, How To Use It, & Side Effects

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan