Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Aloe Vera bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 November 2021
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Aloe Vera bagi TubuhJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Aloe Vera bagi Tubuh

“Manfaat aloe vera untuk tubuh ada banyak. Tanaman yang satu ini disebut bisa membantu melembapkan kulit, mengatasi luka bakar, bahkan baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat dari lidah buaya didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, termasuk magnesium, vitamin, mineral, hingga asam amino esensial.

Halodoc, Jakarta – Manfaat aloe vera ada banyak dan sayang untuk dilewatkan. Tanaman ini sudah tidak asing, sebab banyak ditanam di rumah. Selain untuk mempercantik halaman rumah, ternyata ada banyak manfaat aloe vera untuk tubuh, terutama berguna untuk merawat kulit. Aloe vera alias lidah buaya juga diketahui sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. 

Manfaat tanaman ini bisa didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, zinc, antioksidan, dan folat. Tanaman ini juga mengandung vitamin A, B, C, dan B, serta asam amino essensial. Lantas, apa saja manfaat aloe vera untuk tubuh? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya

Beragam Manfaat Aloe Vera yang Perlu Diketahui

Ada banyak manfaat aloe vera atau lidah buaya bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Melembapkan Kulit 
melembabkan kulit

Mengoleskan gel alami dari aloe vera bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim yang ada di dalamnya. 

  1. Mengatasi Masalah Kulit 
mengatasi masalah kulit

Masalah kulit yang muncul bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Nah, penggunaan lidah buaya bisa membantu mengatasinya. Manfaat aloe vera bisa membantu mengatasi ruam kulit, jerawat, serta iritasi kulit.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Lidah Buaya yang Perlu Diketahui

  1. Mengobati Luka Bakar 
mengobati luka bakar

Aloe vera alis lidah buaya ternyata juga bisa membantu mengatasi luka bakar pada permukaan kulit. Getah atau gel dari tanaman ini bisa membantu mempercepat pemulihan kulit yang terkena luka bakar. 

  1. Baik untuk Pencernaan 
baik untuk pencernaan

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengonsumsi lidah buaya disebut bisa membantu mengatasi mulas, sembelit, serta mengatasi penyakit asam lambung. Manfaat ini didapat berkat kandungan enzim dan bakteri baik dalam aloe vera. 

  1. Mencegah Dehidrasi 
mencegah depresi

Lidah buaya memiliki banyak kandungan air sehingga cocok untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Selain itu, tanaman ini juga bisa membantu mencegah peradangan dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Baca juga: 4 Manfaat Makan Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Selain memanfaatkan lidah buaya, menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan lengkapi dengan multivitamin tambahan. Cek kebutuhkan multivitamin dan produk kesehatan lain di Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera. Download Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Amazing Uses for Aloe Vera.
WebMD. Diakses pada 2021. Aloe Vera.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan