Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Bunga Teratai bagi Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 November 2022

“Teratai adalah tanaman yang akar, batang, biji dan bunganya bisa diolah sebagai obat tradisional. Manfaatnya mulai dari mengatasi sakit perut hingga menjaga kesehatan kulit.”

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Bunga Teratai bagi KesehatanJangan Dilewatkan, Ini Manfaat Bunga Teratai bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Bunga teratai (lotus) memiliki nama latin yakni Nelumbo nucifera. Tanaman ini umum digunakan dalam pengobatan tradisional, khususnya di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Seluruh bagian teratai, termasuk akar, batang, biji dan bunganya bisa dimanfaatkan guna meningkatkan kesehatan tubuh. Caranya dengan dikeringkan, diekstrak atau diolah menjadi bubuk atau kapsul. 

Manfaat teratai berasal dari serat, protein, karbohidrat, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium yang terkandung di dalamnya. Di antaranya mengatasi sakit perut dan masalah pencernaan serta menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Teratai Bagi Tubuh

Adapun kandungan dalam 100 gram bunga teratai, yakni:

  • Kalori sebanyak 74 kilo kalori.
  • Serat sebanyak 4.9 gram.
  • Protein sebanyak 2.6 gram.
  • Karbohidrat 17.2 gram. 
  • Kalsium sebanyak 45 miligram.
  • Magnesium sebanyak 23 miligram.
  • Fosfor sebanyak 100 miligram. 
  • Kalium sebanyak 556 miligram. 

Teratai juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, termasuk zat besi dan vitamin C serta B6. Tanaman ini memiliki sifat antitumor, antimikroba, antiradang, antidiabetes dan antioksidan.

Adapun manfaat dari beberapa kandungan di atas, yakni:

1. Mengatasi Diare

Mengatasi Diare

Teratai bersifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, yakni Salmonella typhi, Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Caranya dengan merendam biji teratai di dalam air hangat dalam waktu beberapa jam. Kemudian minum air rendaman selagi hangat.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan dapat terjaga dengan baik berkat kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalam akar teratai. Kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Mengatasi Masalah Jerawat

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menikmatinya dengan mencampurnya ke dalam teh hijau. Langkah ini efektif mengurangi produksi minyak (sebum) berlebihan yang menjadi pemicu jerawat. Imbangi juga dengan kebiasaan sehat, seperti rajin membersihkan wajah.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teratai mengandung vitamin A yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Di dalamnya juga memiliki antioksidan yang efektif mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan tersebut dapat mencegah efek samping dari paparan radikal bebas, seperti penuaan dini.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga Berat Badan Ideal

Bunga teratai mengandung tinggi serat yang dapat membantu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Cara ini dapat mencegah keinginan mengonsumsi camilan manis di sela-sela waktu makan. Dengan begitu, berat badan ideal bisa terjaga dengan baik.

Siapa pun boleh mengonsumsi bunga teratai. Namun, pengidap alergi perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Silakan tanya dokter terlebih dulu guna meminimalisir efek samping pasca penggunaan.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Lotus – Uses, Side Effects, and More.
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Unique Health Benefits of Lotus.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan