Jangan Asal, Ini Cara Merebus Ayam agar Kandungan Gizi Tak Hilang

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023

“Merebus ayam dengan tepat adalah kunci untuk menjaga kandungan nutrisinya. Proses perebusan yang tepat meliputi memasukkan ayam ke dalam panci yang telah mendidih, turunkan suhu dan rebus ayam selama 30 sampai 45 menit.”

Jangan Asal, Ini Cara Merebus Ayam agar Kandungan Gizi Tak HilangJangan Asal, Ini Cara Merebus Ayam agar Kandungan Gizi Tak Hilang

Halodoc, Jakarta – Ayam termasuk salah satu sumber protein hewani yang sangat populer dalam masakan sehari-hari. Namun, sering kali kita tidak menyadari bahwa cara memasak ayam juga dapat memengaruhi kandungan gizinya. Merebus ayam dengan benar adalah kunci untuk mengoptimalkan kandungan nutrisi yang terkandung agar tidak hilang. 

Banyak vitamin dan mineral larut dalam air dan berkurang secara signifikan selama proses perebusan. Perebusan ayam dapat menghilangkan lebih banyak vitamin B daripada burung yang dipanggang. Hal ini juga berlaku sama untuk mineral seperti selenium, fosfor, dan potasium. Nutrisi yang hilang karena proses perebusan juga tidak hilang selamanya, sebagian besar hanya berpindah ke air rebusan.

Tips Agar Tidak Hilang Kandungan Gizi pada Ayam Ketika Merebus

Berikut adalah beberapa tips agar kandungan gizi pada ayam tidak hilang ketika proses perebusan

1. Pilih Ayam Segar dan Berkualitas

Langkah pertama yang penting adalah pilihlah ayam yang segar dan berkualitas. Pastikan ayam masih dalam keadaan segar dengan kadaluarsa yang masih lama sebelum proses perebusan. Ayam yang berkualitas baik memiliki daging yang kenyal, berwarna merah muda, dan tidak memiliki bau yang tidak sedap.

2. Bersihkan Ayam dengan Baik

Pastikan untuk membersihkan ayam dengan baik sebelum proses perebusan. Bilas ayam di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang mungkin menempel. Kamu juga bisa menggunakan jus lemon atau cuka untuk membersihkan dan menghilangkan bakteri.

3. Jaga Proses Perebusan yang Tepat

Perebusan ayam yang tepat adalah kunci untuk mempertahankan kandungan gizi yang terkandungnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Gunakan panci yang cukup besar agar ayam matang dengan merata.
  2. Tuang air secukupnya ke dalam panci untuk menutupi ayam sepenuhnya.
  3. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah seperti garam, merica, jahe atau bawang putih jika kamu ingin membuat ayamnya lebih enak.
  4. Tempatkan ayam dalam air mendidih dan didihkan selama beberapa menit.
  5. Kemudian kecilkan api dan biarkan ayam mendidih selama 30-45 menit. Pastikan ayam matang merata dengan mengecek daging terlepas dari tulangnya.
  6. Setelah ayam matang, keluarkan dari air rebusan dan biarkan dingin beberapa saat sebelum digunakan atau diolah.

Manfaatkan Air Rebusan Ayam

Air ayam juga memiliki nilai gizi yang berharga. Jangan buang air masak! Anda dapat menggunakannya sebagai bahan dasar sup yang kaya dan bergizi untuk sup, saus, atau hidangan lainnya. Kaldu ayam mengandung kolagen, protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan tulang, kulit, dan pencernaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, bisa juga membaca artikel mengenai Ini Kandungan Protein Ayam yang Perlu Diketahui.

Dengan mengetahui cara perebusan yang tepat, maka kandungan gizi pada ayam tetap optimal. Jangan lupa gunakan air rebusannya sebagai kuah kaldu yang enak dan menyehatkan. Dengan begitu kita bisa menikmati makanan yang enak sekaligus menjaga kesehatan dan nutrisi tubuh kita.

Untuk beragam tips makanan sehat dan bergizi lainnya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi melalui Halodoc. Selain itu juga, kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin dan suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh jika perlu.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What’s the Healthiest Way to Cook Chicken?
Pan Guides. Diakses pada 2023. Is Boiled Chicken Healthy: The Surprising Benefit Of Boiled Chicken You Didn’t Know About.
Women’s Health. Diakses pada 2023. The Healthiest Way To Cook Chicken, According To A Nutritionist.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan