Intip Manfaat Morinda Citrifolia bagi Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 September 2022

“Di balik rasa pahitnya, morinda citrifolia atau buah mengkudu mengandung banyak nutrisi. Ada beragam manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah tersebut, mulai dari membangun metabolisme hingga meningkatkan imunitas tubuh.”

Intip Manfaat Morinda Citrifolia bagi KesehatanIntip Manfaat Morinda Citrifolia bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Morinda citrifolia atau yang lebih dikenal sebagai buah mengkudu merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer dan digemari banyak orang di Indonesia. Meskipun rasanya pahit dan baunya tajam, tapi ada banyak manfaat morinda citrifolia untuk kesehatan.

Orang Polinesia sudah sejak lama menggunakan buah mengkudu sebagai pengobatan tradisional. Biasanya, buah yang berbentuk unik ini digunakan untuk mengobati masalah kesehatan, seperti sembelit, infeksi, nyeri dan radang sendi. 

Sekarang, morinda citrifolia banyak dikonsumsi sebagai jus. Jus buah tersebut dikemas dengan antioksidan yang kuat yang bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan. Yuk, intip manfaat morinda citrifolia untuk kesehatan di sini. 

Nutrisi yang Terkandung Dalam Morinda Citrifolia

Sebelum mengetahui manfaatnya, mari kita simak dulu nutrisi apa saja yang terdapat dalam morinda citrifolia. Buah mengkudu yang kecil kaya akan vitamin C, biotin, folat, vitamin E dan flavonoid nabati, asam organik dengan sifat antioksidan. 

Komponen bermanfaat ini membantu membangun mekanisme pertahanan tubuh yang kuat untuk mencegah penyakit, merevitalisasi kulit, mengatasi ketombe di rambut, kulit kepala, dan juga memastikan sintesis dan sirkulasi sel darah merah yang sehat. 

Tidak hanya itu saja, buah yang berwarna hijau kekuning-kuningan ini juga kaya akan mineral utama, seperti magnesium, kalsium, potasium. Mineral tersebut penting untuk mendukung tulang dan sendi yang kuat, mengatur tekanan darah untuk mencegah hipertensi, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, morinda citrifolia juga rendah lemak dan kaya akan kandungan air, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Morinda Citrifolia untuk Kesehatan

Berikut manfaat morinda citrifolia untuk kesehatan:

1. Membangun metabolisme yang sehat

Meskipun rendah kalori, buah mengkudu memiliki nutrisi penting berupa fitonutrien, yaitu bahan kimia nabati yang menunjukkan sifat antioksidan yang luar biasa. Nutrisi tersebut membantu menjaga metabolisme yang optimal dengan mengubah makanan menjadi energi untuk berbagai reaksi biokimia dalam tubuh, dan juga menghilangkan radikal bebas yang merugikan, serta melindungi sel-sel sehat dari oksidasi dan kerusakan. 

Mengonsumsi satu porsi kecil morinda citrifolia atau minum jus buah tersebut sebelum latihan yang berat, bisa memberikan kamu stamina yang cukup, meningkatkan kadar energi, dan melindungi sel-sel otot dari keausan serta meningkatkan performa olahraga.

2. Meredakan nyeri sendi

Bagi kamu yang punya asam urat atau nyeri sendi, jus morinda citrifolia bisa menjadi minuman yang bermanfaat untukmu. Jus mengkudu sangat baik dalam meredakan nyeri sendi yang parah pada kondisi rheumatoid arthritis, asam urat dan osteoporosis yang melemahkan. 

Mengonsumsi 1-2 gelas jus tersebut setiap hari bisa memberikan asupan antiinflamasi yang bisa meningkatkan fleksibilitas jaringan ikat, menghilangkan kekakuan pada tulang dan sendi, serta meredakan pembengkakan dan rasa nyeri.

3. Mengurangi kerusakan sel akibat asap rokok

Sebuah penelitian yang diunggah di Food Science & Nutrition menemukan bahwa, jus mengkudu mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada perokok berat. Asap rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun dan karsinogen yang merusak DNA, dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel.

Nah, dari 245 peserta penelitian, mereka yang minum jus mengkudu mengalami pengurangan sekitar 46-57 persen dari satu jenis penanda kerusakan oksidatif akibat asap rokok, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Namun, perlu dicatat manfaat morinda citrifolia ini bukan sebagai alternatif untuk tidak berhenti merokok, melainkan menunjukkan efek antioksidan kuat dari buah tersebut.

4. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat morinda citrifolia lainnya adalah menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan lemak dalam darah dan kolesterol, serta mengurangi peradangan. Semuanya itu adalah faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian yang diunggah ke The Scientific World Journal mencatat bahwa pada perokok berat, jus mengkudu bisa mengurangi faktor risiko seperti kadar kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol total, serta mengurangi penanda peradangan yang disebut protein C-reaktif.

Sedangkan pada bukan perokok, sebuah penelitian yang diunggah ke Evidence Based Complimentary and Alternative Medicine menemukan bahwa, jus mengkudu bisa menyebabkan penurunan tekanan darah dan detak jantung.

5. Meningkatkan imun tubuh

Kaya akan vitamin C, morinda citrifolia menawarkan sejumlah besar nutrisi yang penting untuk imunitas tubuh. Makanan sehat tersebut membantu mencegah demam, batuk, pilek dan infeksi musiman yang sering terjadi, penyakit kronis diabetes, penyakit jantung, kanker, demensia, kelainan pernapasan pada paru-paru. 

Morinda citrifolia juga dikemas dengan antioksidan karotenoid yang mampu menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh. Antioksidan tersebut juga bisa meningkatkan kebugaran fisik, kesehatan mental, dan kesehatan secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat morinda citrifolia alias buah mengkudu yang luar biasa. Bila kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, kamu tetap dianjurkan untuk pergi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tetap. 

Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi terlengkap.

Referensi:
Net Meds. Diakses pada 2022. Noni: Unbelievable Health Benefits Of The Indian Mulberry Fruit And Its Flavoured Juice.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is noni juice, and is it beneficial?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan