Inilah Kandungan Nutrisi Sehat pada Mentega

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Agustus 2022

“Mentega memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Beberapa kandungan tersebut, antara lain asam lemak CLA, beta-karoten, dan vitamin D.”

Inilah Kandungan Nutrisi Sehat pada MentegaInilah Kandungan Nutrisi Sehat pada Mentega

Halodoc, Jakarta – Mentega adalah produk dengan bahan dasar susu yang berbahan dasar susu dan krim. Di Indonesia, mentega kerap digunakan sebagai pelengkap saat makan roti, atau untuk membuat kue.

Meski begitu, masih banyak orang yang bertanya-tanya jika terdapat nutrisi yang bermanfaat pada mentega. Padahal, ada beberapa kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat saat dikonsumsi dan tentunya menyehatkan.

Kandungan Nutrisi Menyehatkan pada Mentega

1. Asam Lemak CLA

Mentega kaya akan kandungan asam lemak terkonjugasi asam linoleat (conjugated linoleic acid/CLA). Suplemen ini merupakan penurun lemak yang populer belakangan ini.

Disebutkan jika CLA dapat memberikan manfaat kesehatan, berupa pengurangan lemak tubuh, hingga risiko penyakit kardiovaskular juga kanker. Hal ini juga dapat meningkatkan massa tulang, sehingga tidak mudah keropos atau patah.

2. Beta-Karoten

Mentega juga kaya akan kandungan beta-karoten, senyawa yang dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. Kandungan ini dikaitkan dapat membantu tubuh dalam menurunkan risiko kanker, termasuk juga kanker paru-paru dan kanker prostat.

Mentega juga mengandung salah satu bentuk vitamin A yang paling mudah untuk diserap. Nutrisi ini sangat baik dalam meningkatkan penglihatan, kesehatan tiroid dan juga adrenal.

3. Vitamin D

Kandungan vitamin D pada mentega juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Produk susu ini dapat membantu dalam memperkuat tulang, termasuk untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Selain itu, mentega juga kaya kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan tulang. Kalsium yang masuk ke tubuh sangat baik dalam mencegah gangguan pada tulang, seperti osteoporosis. Dengan begitu, kondisi yang membuat tulang menjadi lemah dan rapuh bisa dihindari.

4. Vitamin E

Seperti yang diketahui banyak orang, vitamin E dapat memberikan manfaat menyehatkan bagi kulit. Pasalnya, nutrisi ini dapat mengurangi kerusakan pada kulit akibat sinar UV dari matahari. Selain itu, nutrisi ini juga dapat mengurangi peradangan kulit, serta meningkatkan penyembuhan luka.

5. Mengandung Antioksidan

Mentega juga mengandung antioksidan, terutama selenium, yang sangat baik dalam membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini sangat baik dalam menurunkan risiko untuk terkena penyakit kanker.

Perlu diketahui juga, mengonsumsi mentega dalam jumlah sedang dapat mendukung pola diet juga, lho. Produk susu ini mengandung nutrisi yang dapat menurunkan tingkat obesitas jadi lebih rendah.

Mentega juga bisa menjadi bagian dari diet rendah karbohidrat, sehingga mampu membantu dalam penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan diet rendah lemak. Lalu, mentega juga sangat rendah gula yang tentunya menyehatkan.

Nah, berikut adalah beberapa nutrisi menyehatkan yang terkandung pada mentega. Dengan rutin mengonsumsi produk susu ini, diharapkan segala manfaat yang menyehatkan bisa dirasakan.

Meski begitu, tetap batasi makan mentega setiap harinya, karena hanya disarankan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Setiap orang disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 13 gram lemak jenuh per harinya. Angka tersebut hampir setara dengan dua sendok makan mentega.

Jadi, batasi konsumsinya dengan tepat, terutama saat anak sangat suka makanan dengan mentega. Bisa jadi manfaat kesehatannya tidak didapatkan, melainkan dampak buruknya karena terlalu banyak konsumsi lemak jenuh.

Jika memiliki pertanyaan terkait berbagai nutrisi menyehatkan dari mentega atau produk lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone di tangan!

Referensi:
Fit Day. Diakses pada 2022. The Nutrition of Butter.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Butter Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. Butter 101: Nutrition Facts and Health Effects.
Web MD. Diakses pada 2022. Butter: Are There Health Benefits?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan