Inilah 5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Kulit Kusam

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2023

“Ada sejumlah cara mudah dan ampuh untuk mengatasi kulit kusam. Salah satunya adalah dengan membersihkan wajah secara lembut dengan menghindari penggunaan scrub yang keras.”

Inilah 5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Kulit KusamInilah 5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Kulit Kusam

Halodoc, Jakarta – Kulit kusam menjadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi dan dapat menyerang siapa saja. Baik remaja yang sedang mengalami pubertas, maupun orang dewasa yang banyak beraktivitas di luar ruangan. 

Kondisi ini dapat terjadi akibat sejumlah faktor. Mulai dari sel kulit mati yang menumpuk, kulit dehidrasi, stres, kurang antioksidan, kebiasaan merokok hingga paparan sinar matahari berlebih. 

Namun, apa pun penyebabnya, sebenarnya ada sejumlah cara mudah dan ampuh untuk mengatasi kulit kusam. Jika kamu atau ada anggota keluargamu yang tengah mengalami kondisi ini, tidak ada salahnya untuk mencoba sejumlah cara berikut. 

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Kulit Kusam

Berikut adalah sejumlah perawatan kulit sebagai cara mudah dan ampuh untuk mengatasi kulit kusam: 

1. Bersihkan Wajah secara Lembut

Pastikan kalau kamu telah menghilangkan tabir surya, riasan atau kotoran yang menyumbat pori-pori setelah aktivitas sepanjang hari. Namun, pastikan untuk membersihkan kulit wajah secara lembut. 

Artinya, kamu perlu menghindari penggunaan scrub yang keras dan sabun yang membuat kulit kering. Sebab, keduanya dapat memicu iritasi kulit, kemerahan dan kulit mengelupas. 

Sebagai gantinya, gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk menghilangkan riasan dan tabir surya tanpa mengikis dan merusak lapisan atas kulit. Kemudian, lakukan pencucian kedua dengan sabun muka lembut untuk menghilangkan minyak.

2. Hindari Air Panas

Cara mudah dan ampuh mengatasi kulit kusam selanjutnya adalah menghindari penggunaan air panas. Sebab, air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga berisiko memicu iritasi dan kekeringan. 

Selain itu, menggunakan air panas untuk mandi atau mencuci muka juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di permukaan kulit. Kondisi ini dapat membuat kulit memerah, meski hanya sementara. 

Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah. Pilih juga pembersih yang melembapkan dengan bahan-bahan tertentu. Misalnya seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

3. Eksfoliasi Secara Rutin

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi secara teratur adalah salah satu kunci untuk mengatasi kulit kusam. Sebab, sel kulit mati yang menumpuk di lapisan luar kulit dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik. 

Nah, pengelupasan kulit secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengekspos lapisan kulit segar yang siap mempertahankan hidrasi. 

Hal ini dapat membantu mengencangkan kulit, membuatnya terlihat lebih muda, halus, dan sehat. Namun, jika kulitmu sedang berjerawat, pastikan untuk berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi. 

Agar aman, simak tipsnya dalam artikel: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

4. Menggunakan Serum Wajah

Serum wajah mengandung bahan dengan konsentrasi tinggi yang membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Serum juga cepat menyerap ke dalam kulit, bisa mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah pembersihan. 

Nah, ada sejumlah kandungan yang dapat menjadi rekomendasi bahan serum, yaitu: 

  • Vitamin C.
  • Vitamin B3 (niacinamide).
  • Asam ferulat.
  • Resveratrol.

Bahan-bahan ini memiliki efek antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas penghancur kolagen.

Vitamin C juga membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bintik hitam, sehingga membuat kulit tampak lebih kencang seiring berjalannya waktu.

Bahan utama lain yang perlu kamu perhatikan adalah asam hialuronat, yang mengikat air untuk sementara di lapisan permukaan kulit.

Jika bingung memilih serum wajah yang tepat, ketahui rekomendasinya dalam artikel: Ini 5 Rekomendasi Serum yang Ampuh untuk Mencerahkan Wajah

5. Menggunakan Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang telah terbukti secara ilmiah merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. Umumnya retinoid menjadi pilihan untuk mengobati jerawat

Namun, berkat cara kerjanya, retinoid juga kerap menjadi pilihan mengatasi kulit kusam. Adapun, bahan ini bekerja dengan membantu mengelupas sel-sel kulit tua dan memunculkan sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. 

Selain itu, retinoid juga menghaluskan dan menipiskan lapisan atas sel. Namun, jika ingin mencobanya, pastikan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. 

Sebab, retinoid memerlukan resep dalam penggunaannya. Cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik melalui aplikasi Halodoc

Kamu juga bisa klik gambar di bawah ini untuk menghubungi dermatologis terpercaya di Halodoc dengan biaya yang lebih terjangkau.

chat dokter halodoc
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to get glowing skin. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan