Inilah 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 September 2024

"Menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan bahan alami seperti putih telur, perasan lemon, alpukat, tomat, cuka apel, hingga bawang putih. Selain itu, kandungan dalam bahan alami tersebut juga dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat."

Inilah 10 Cara Alami untuk Menghilangkan JerawatInilah 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang beranjak dewasa. 

Memiliki jerawat terutama di wajah, tentu bisa membuat tidak nyaman. Sebab jerawat yang muncul kerap memicu rasa sakit dan kemerahan, yang tak jarang juga menurunkan rasa percaya diri. 

Nah, berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Simak ulasan selengkapnya, berikut ini!

Berbagai Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Berikut ini sejumlah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat, antara lain:

1. Putih telur 

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, menggunakan putih telur sebagai masker juga bisa bantu mencerahkan kulit wajah. 

Cara menggunakannya, kamu bisa pisahkan telur dari kuningnya, lalu campur dengan perasan air lemon secukupnya. Setelah itu, aplikasikan pada wajah seperti masker pada umumnya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih. 

Jika kamu membutuhkan obat untuk mengatasi jerawat, berikut ini beberapa rekomendasinya: 

2. Lidah buaya

Lidah buaya berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit karena memiliki kandungan Polifenol. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh. 

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya secukupnya. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. 

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. 

Selain itu, menurut Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research 2017, bawang putih juga sebagai antiinflamasi dan antibakteri yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat.

Cara menggunakannya, kamu bisa potong bawang putih menjadi bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Namun, cara ini sebaiknya tidak diterapkan pada pemilih kulit sensitif.

4. Air perasan lemon 

Air Lemon memiliki kandungan asam askorbat tinggi, yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel dan mengecilkan pori-pori. 

Caranya cukup dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon pada wajah secukupnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan bilas dengan air bersih. 

5. Mentimun

Bahan alami untuk menghilangkan jerawat berikutnya yaitu mentimun. Mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino yang dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. 

Cara menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikan masker mentimun pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan wajah menggunakan handuk lembut. 

6. Madu

Siapa yang tak kenal khasiat baik yang terkandung dalam madu?  Bahan alami yang satu ini ternyata dapat digunakan sebagai penghilang jerawat di wajah. 

Caranya dengan mengaplikasikan madu pada wajah secukupnya. Kemudian diamkan selama 15 menit. Terakhir kamu bisa bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut agar tidak mengiritasi kulit wajah.

7. Cuka apel

Cuka apel merupakan bahan rumah tangga yang terbuat dari apel fermentasi. Bahan alami yang satu ini, mengandung antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama lima menit dan bilas dengan air bersih.

Hal yang perlu ditegaskan, cara ini sebaiknya tidak diterapkan pada pemilih kulit sensitif.

8. Tomat

Tomat merupakan bahan alami yang dikenal kaya akan likopen, yakni jenis pigmen tumbuhan yang memberi warna merah pada tomat. Likopen ini memiliki sifat antioksidan, yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit, termasuk jerawat. 

Caranya kamu bisa mengoleskan tomat yang telah dipotong pada wajah secara merata. Lalu diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang dikenal dengan kandungan enzim papain. Enzim ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, serta meredakan peradangan pada jerawat. 

Kamu bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami. Diamkan masker pepaya di wajah selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

10. Alpukat

Terakhir ada alpukat yang memiliki kandungan vitamin E untuk mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menghaluskan alpukat dan beri beberapa tetes madu. Setelah itu gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air bersih. 

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat. Jika jerawat tak kunjung membaik,  kamu bisa segera konsultasikan diri ke dokter kulit pada aplikasi Halodoc. Lalu, dapatkan obat-obat untuk mengatasi jerawat di Toko Kesehatan Halodoc

Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Fifteen Home Remedies for Acne.
Healthline. Diakses pada 2024. 13 Powerful Home Remedies for Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan