Ini yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan Dequalinium Chloride

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Juli 2023

“Penggunaan dequalinium chloride memerlukan perhatian dan kecermatan. Misalnya, menggunakan sesuai petunjuk dokter, menghindari penggunaan berlebihan, dan mengetahui efek samping yang mungkin terjadi.”

Ini yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan Dequalinium ChlorideIni yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan Dequalinium Chloride

Halodoc, Jakarta – Dequalinium chloride atau degirol adalah obat tablet hisap yang bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan, radang tenggorokan, radang atau infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan, termasuk mencegah flu dan batuk. Obat resep ini bekerja dengan membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi ringan yang menyerang mulut dan tenggorokan. 

Orang dewasa maupun anak-anak usia di atas 10 tahun dapat mengonsumsi obat yang termasuk kategori antiseptik ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi dequalinium chloride. Berikut ulasannya!

Perhatian Selama Menggunakan Dequalinium Chloride

Seperti halnya penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan Dequalinium chloride juga memerlukan perhatian dan kecermatan. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan selama menggunakan dequalinium chloride:

1. Gunakan sesuai petunjuk dokter

Penting untuk selalu menggunakan obat apapun sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter atau petunjuk kemasan. Pastikan untuk membaca dan memahami instruksi penggunaan, dosis yang dianjurkan, dan durasi penggunaan yang disarankan.

2. Hindari penggunaan berlebihan

Menggunakan obat ini dalam dosis yang tepat juga sangat penting. Hindari menggunakannya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Jika terjadi iritasi atau reaksi alergi setelah penggunaan, segera hentikan penggunaan dan tanyakan pada dokter.

3. Simpan dengan aman

Pastikan untuk menyimpan obat ini di tempat yang aman dan terkunci, jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu pastikan juga untuk menyimpannya pada suhu yang tepat sesuai petunjuk pada kemasan. Jangan pernah menggunakan obat yang telah kadaluarsa atau rusak.

4. Efek samping yang mungkin terjadi

Sebagai pengguna obat, penting untuk memahami efek samping yang mungkin terjadi. Efek samping umum yang umum terjadi yaitu iritasi kulit, kemerahan, dan sensasi terbakar. Jika kamu mengalami efek samping yang tidak biasa atau mengkhawatirkan, segera hubungi dokter.

5. Interaksi obat

Informasikan kepada dokter atau apoteker tentang semua obat atau suplemen yang sedang kamu gunakan sebelum memulai pengobatan dengan dequalinium chloride. Beberapa obat atau suplemen dapat berinteraksi dengan obat tersebut dan mempengaruhi efektivitasnya atau meningkatkan risiko efek samping.

6. Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui

Jika kamu sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui, penting untuk memberi tahu dokter sebelum menggunakan obat ini. Efek penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui belum sepenuhnya dipahami. Namun, dokter akan memberikan penilaian risiko dan manfaat terkait penggunaannya.

Cara Menggunakan Dequalinium Chloride

Selain perhatian penggunaan obat, penting juga untuk memahami cara tepat menggunakan Dequalinium chloride. Sebelum menggunakan obat, pastikan untuk mengikuti anjuran dokter atau informasi yang terlampir pada kemasan obat:

  • Jika mendapatkan obat dalam bentuk tablet hisap, kamu harus menghisapnya secara perlahan seperti menghisap permen. Pastikan untuk memberi jarak waktu antara satu dosis ke dosis berikutnya.
  • Apabila mendapatkan tablet vagina, maka kamu harus memasukkan jauh ke dalam vagina sesaat sebelum tidur malam. Namun hindari penggunaan tablet vagina jika sedang menstruasi. 

Hindari menggunakan obat ini melebihi dosis rekomendasi dokter. Jika lupa untuk mengonsumsi obat, segera konsumsi saat teringat. Namun jika jaraknya sudah dekat dengan dosis berikutnya, sebaiknya abaikan dosis yang terlewat. Selain itu, hindari menggandakan dosis obat.

Itulah hal yang perlu kamu perhatian selama menggunakan obat Dequalinium chloride. Agar lebih memahami penggunaan Dequalinium chloride, baca juga artikel ini: Amankan Mengonsumsi Dequalinium Chloride Setiap Hari?

Referensi:
Med India. Diakses pada 2023. Information about Dequalinium
Drugbank. Diakses pada 2023. Dequalinium

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan