Ini Tokoh Wanita yang Penemuannya Mengubah Sejarah Dunia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Februari 2023

“Banyak penemuan dari para tokoh wanita yang berhasil mengubah dunia. Beberapa di antaranya bermanfaat bagi bidang medis.”

Ini Tokoh Wanita yang Penemuannya Mengubah Sejarah DuniaIni Tokoh Wanita yang Penemuannya Mengubah Sejarah Dunia

Halodoc, Jakarta – Dunia nyaman yang kamu nikmati saat ini merupakan hasil dari penemuan para tokoh wanita di masa lalu. Ide-ide brilian dan semangat tokoh-tokoh wanita ini membuat banyak hal-hal yang dulunya tak mungkin, menjadi mungkin. 

Beberapa temuan yang mengubah sejarah dunia ini juga sangat bermanfaat dalam perkembangan dunia kedokteran. Selain itu, ada juga temuan yang manfaatnya masih terasa hingga kini, seperti WiFi.

Tokoh Wanita yang Mengubah Dunia dengan Penemuannya

Dari banyaknya ilmuwan di seluruh dunia, beberapa tokoh wanita berikut ini berhasil mengubah dunia dengan penemuannya:

  1. Marie Curie (1867-1934): Teori Radioaktivitas

Salah satu pemikir ilmiah terbesar sepanjang masa, Marie Curie adalah orang pertama yang mempelajari teori radioaktivitas, termasuk tentang pembelahan sebuah atom, yang ternyata memungkinkan.

Setelah kematian tragis suaminya, Pierre Curie, ia menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai profesor fisika di sebuah fakultas sains. Marie pun menerima hadiah nobel untuk karyanya dengan radioaktivitas, dan ia menerimanya untuk kedua kalinya karena menemukan polonium dan radium.

  1. Hedy Lamarr (1914-2000): WiFi

Hedy Lamarr adalah tokoh wanita yang terkenal karena akting dan kecantikannya. Namun, bertahun-tahun kemudian sejak terkenal, ia mendapatkan pujian yang pantas dia dapatkan untuk penemuannya yang penting. 

Lamarr, bersama dengan George Antheil, berhasil menemukan sistem lompat frekuensi gelombang radio untuk memandu torpedo. Memungkinkan torpedo menemukan targetnya sekaligus mencegah intersepsi. 

Meskipun paten mereka telah berakhir beberapa dekade yang lalu, teknologi Lamarr dan Antheil sekarang digunakan di banyak teknologi penting saat ini, yaitu Wi-Fi, GPS, dan lainnya.

  1. Ann Tsukamoto (1952-Sekarang): Sel Punca

Seorang tokoh wanita yang jadi penemu dan peneliti sel punca, Ann Tsukamoto memiliki beberapa paten di bidang penelitian sel punca. Salah satu penemuannya yang paling signifikan adalah menemukan cara untuk mengisolasi sel punca.

Ia telah berperan penting dalam penelitian kanker dan membantu menemukan perawatan untuk sejumlah kondisi medis lainnya.

  1. Letitia Geer (1853-1935): Jarum Suntik Satu Tangan

Tokoh wanita lainnya yang penemuannya mengubah sejarah dunia adalah Letitia Geer. Ia mematenkan jarum suntik satu tangan pada tahun 1899 , yang memudahkan para profesional medis untuk mengambil darah dan memberikan obat yang menyelamatkan nyawa. 

Penemuan Geer, yang merupakan kemajuan dari jarum berongga Francis Rynd dan jarum suntik hipodermik Charles Pravaz dan Alexander Wood yang datang sebelumnya, memungkinkan operasi yang lebih aman dan lebih efisien di bidang medis. Rancangan ini menjadi standar dalam kedokteran, mengubah cara memberikan vaksin dan obat-obatan.

  1. Patricia Bath (1942-2019): Operasi Katarak Laser

Patricia Bath memegang total lima paten, tetapi kontribusinya yang paling terkenal adalah untuk Laserphaco Probe. Ketika tokoh wanita ini menemukan Laserphaco Probe pada 1986 silam, itu adalah penemuan yang mengubah hidup orang yang menderita katarak, memungkinkan mereka untuk hidup normal dan akhirnya melihat dengan jelas lagi.

Katarak terjadi ketika lensa bening di mata menjadi buram dan berkabut, sehingga sulit untuk melihat. Kondisi ini pada akhirnya bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Probe Laserphaco menggunakan laser dan irigasi untuk menghilangkan lensa yang sakit dan mengganti lensa itu dengan lensa buatan. Ini menggunakan laser untuk menguapkan katarak melalui penyisipan kecil 1 milimeter ke mata. Setelah prosedur, lensa pengganti bisa menggantikan lensa mata asli.

  1. Stephanie Kwolek (1923-2014): Kevlar 

Stephanie Kwolek adalah tokoh wanita yang menemukan alternatif baja pada ban mobil radial. Ia berusaha mengubah polimer padat menjadi cairan dan meskipun gagal. 

Ketika ia melihat lebih dekat, dia menyadari serat dalam zat itu lima kali lebih kuat dari baja. Sejak penemuannya, ini telah digunakan untuk apa saja mulai dari ban sepeda hingga rompi pelindung polisi.

Itulah beberapa tokoh wanita yang penemuannya berhasil mengubah sejarah dunia. Berkat penemuan-penemuan mereka, dunia medis dan teknologi saat ini jadi semakin maju.

Layanan kesehatan saat ini juga semakin mudah dan bisa kamu dapatkan semudah berkirim pesan. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, download Halodoc saja untuk berbicara dengan dokter melalui chat.

Referensi:
Invention Land. Diakses pada 2023. Ten Female Inventors Who Changed Our Lives.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan