Ini Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif dan Sejahtera

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Mei 2024

“Menjadi seorang ibu rumah tangga kerap kali melelahkan, banyak orang tidak menyadari atau menghargai betapa kerasnya ibu bekerja. Nah, berikut beberapa tips untuk menjadi produktif dan sejahtera sebagai ibu rumah tangga.”

Ini Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif dan SejahteraIni Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif dan Sejahtera

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Menjadi produktif sebagai ibu rumah tangga mungkin seringkali terasa melelahkan. 

Dengan tumpukan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, termasuk mengurus anak, berbelanja, memasak, dan menangani berbagai tugas lainnya setiap hari, waktu cepat berlalu dan seringkali ibu merasa kewalahan. 

Banyak orang tidak menyadari atau menghargai betapa kerasnya ibu bekerja setiap hari untuk mengurus segala sesuatu di rumah. 

Kehidupan seorang ibu rumah tangga pun tidak pernah santai dan selalu dihadapkan pada tanggung jawab yang berat.

Berusaha untuk tidak melewatkan hari dengan sia-sia adalah perjuangan nyata seorang ibu rumah tangga. 

Nah, beberapa tips untuk menjadi produktif sebagai ibu rumah tangga penuh waktu ini dapat membantu ibu-ibu untuk lebih cermat dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif dan Sejahtera

Demi mencapai kesejahteraan dan produktivitas sebagai ibu rumah tangga, penting bagi ibu untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara berbagai peran yang ibu emban. 

Ini melibatkan tidak hanya menangani tugas-tugas rumah tangga dengan efisien, tetapi juga memberikan perhatian dan pelibatan anggota keluarga, serta tetap memerhatikan kesejahteraan diri sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh ibu untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan dalam menangani tugas-tugas rumah tangga:

1. Pertahankan waktu tidur yang teratur

Sebagai seorang ibu rumah tangga, penting untuk tidak mengabaikan kebutuhan akan waktu tidur yang cukup. 

Tetaplah disiplin dalam menjaga pola tidur yang sehat, dengan menargetkan sekitar 8 jam tidur setiap malam. 

Tidur yang cukup sangat penting bagi kesejahteraan wanita, membantu mereka menghadapi setiap hari dengan energi dan semangat yang optimal. 

Oleh karena itu, prioritaskan tidur pada jam-jam yang wajar agar ibu siap untuk bangun setiap pagi dengan segar dan siap menghadapi tugas-tugas sehari-hari. 

2. Buat to-do list

Pastikan untuk mencatat semua tugas yang perlu dilakukan, baik itu janji pribadi, kegiatan keluarga, pekerjaan rumah tangga, atau persiapan makanan. 

Dengan mencatat semuanya, ibu dapat memastikan bahwa tidak ada yang terlewatkan atau terlupakan. 

Selain itu, mencatat juga membantu ibu melihat dengan jelas apa yang perlu dilakukan, sehingga ia dapat merencanakan hari dengan lebih santai dan tanpa stres. 

Dengan begitu, ibu rumah tangga dapat menyelesaikan setiap tugas dengan lebih tenang.

3. Atur waktu di setiap kegiatan

Mengatur waktu untuk setiap kegiatan dapat membantu ibu untuk menghindari terjebak dalam distraksi seperti media sosial, menonton televisi, atau gangguan lainnya. 

Penggunaan alarm dapat menjadi cara yang efektif untuk mengingatkan ibu bahwa saatnya untuk menyelesaikan berbagai tugas. 

Baik menggunakan pengatur waktu pada perangkat dapur maupun alarm di ponsel, ibu dapat mengatur jadwal harian dengan lebih teratur. 

Alarm tersebut dapat diatur untuk memberi tahu ibu kapan waktu untuk beristirahat atau melanjutkan ke aktivitas selanjutnya. 

Dengan mengatur waktu dengan bijaksana, ibu dapat menjalankan hari dengan lebih efisien dan fokus pada tugas-tugas yang perlu diselesaikan.

4. Lakukan olahraga

Mengurus pekerjaan rumah merupakan pekerjaan yang berat, penting bagi ibu untuk tetap memperhatikan kesehatan jasmani dengan berolahraga secara teratur. 

Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga, entah itu dengan melakukan pemanasan ringan, mengikuti gerakan senam melalui video di internet, atau sekadar berjalan kaki. 

Tidak hanya akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan, tetapi ini juga akan membantu ibu merasa lebih baik dan sehat secara keseluruhan. 

Dengan merasa bugar dan sehat, ibu akan memiliki energi yang cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari dengan efisien dan efektif.

5. Libatkan keluarga dalam kegiatan rumah tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga penuh waktu tidak berarti harus mengemban semua tanggung jawab rumah tangga sendirian, sementara suami dan anak-anak hanya bersantai. 

Melibatkan anak-anak dengan memberi mereka tanggung jawab dalam menjaga kebersihan rumah adalah bagian dari pendidikan orang tua yang penting.

Ibu dapat melibatkan anak-anak dengan memberi mereka tugas-tugas tertentu, seperti membersihkan kamar mereka, membersihkan kamar mandi, dan bahkan membantu dalam kegiatan seperti menyiapkan makan malam, membuang sampah, atau mencuci pakaian. 

Jika suami bekerja penuh waktu di luar rumah, mungkin ibu enggan memintanya untuk membantu dalam tugas-tugas rumah tangga. 

Namun, penting untuk diingat bahwa rumah tangga adalah tanggung jawab bersama, dan keterlibatan suami dalam tugas-tugas rumah tangga dapat membantu meringankan beban ibu.

Mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak dan melibatkan suami dalam tugas-tugas rumah tangga tidak hanya membantu meringankan beban sebagai ibu, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kerjasama dan tanggung jawab kepada seluruh anggota keluarga.

Nah, itu beberapa tips yang dapat ibu lakukan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan.

Ibu juga bisa curhat ke psikolog soal masalah rumah tangga, lho. Berikut ini Peran Penting Psikolog Pernikahan dalam Rumah Tangga yang perlu ibu tahu.

Hubungi Psikolog Ini Jika Ibu Rumah Tangga Butuh Teman Curhat

Menjadi ibu rumah tangga memang tidak mudah dan seringkali menjadi beban mental bagi ibu, terutama ketika tidak ada teman yang bisa dijadikan tempat untuk berbagi keluh kesah.

Ibu dapat menghubungi daftar psikolog yang bisa menjadi pendengar yang baik, jangan ragu untuk berbicara terbuka kepada seorang psikolog tentang keluhan  yang ibu alami. 

Psikolog dapat membantu memahami situasi ibu dan memberikan saran yang sesuai.

Ibu dapat menghubungi daftar psikolog yang berpengalaman dan telah mendapatkan ulasan positif dari pasien sebelumnya yang mereka tangani.

Ini daftarnya: 

1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog

Ibu dapat menghubungi Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, seorang psikolog yang lulus dari Universitas Mercu Buana pada tahun 2014 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada tahun 2019. 

Saat ini, Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, menjalankan praktiknya di Tangerang Selatan, Banten. 

Dengan pengalamannya selama 4 tahun, ibu tak perlu ragu untuk melakukan konseling di Halodoc jika membutuhkan pendengar yang baik. 

Ia juga menyediakan layanan konseling terkait dengan depresi, gangguan kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Chat Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 80.000,- di Halodoc.

2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog

Ibu bisa menghubungi Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, yang merupakan lulusan Universitas Brawijaya pada tahun 2013 dan Universitas Indonesia pada tahun 2018. 

Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi kini berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan merupakan anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). 

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, ibu dapat mengatur jadwal sesi konseling dengan Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, melalui Halodoc.

Ia dapat memberikan konsultasi mengenai berbagai topik seperti masalah keluarga dan hubungan, gangguan kecemasan, pengasuhan anak, dan gangguan mood.

Chat Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 55.000,- di Halodoc

3. Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog

Kamu dapat menghubungi Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2015 dan Universitas Gadjah Mada pada 2019.

Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog berpraktik di Semarang, Jakarta Pusat dan Depok. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait keluarga dan rumah tangga.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Adisti Natalia M.Psi, Psikolog

Berikutnya kamu dapat menghubungi Adisti Natalia M.Psi, Psikolog, seorang psikolog yang merupakan alumni dari Universitas Gunadarma pada tahun 2015 dan 2020.

Saat ini, Adisti Natalia M.Psi, Psikolog berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dengan pengalaman kerja selama 4 tahun, ia dapat membantu kamu dalam berkonsultasi mengenai masalah rumah tangga.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan mood, stres, dan pengembangan diri.

Chat Adisti Natalia M.Psi, Psikolog dari Rp 70.000,- di Halodoc.

5. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi 

Pilihan psikolog lainnyaya adalah Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi. yang telah menyelesaikan studi psikologi di Universitas Gunadarma pada 2014 dan profesi psikolog pada 2020 di universitas yang sama. 

Ia kini membuka praktik di Depok dan masih tergabung sebagai anggota aktif Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia.

Dengan pengalaman selama 4 tahun, Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi. bisa memberikan layanan konsultasi psikologi di Halodoc terkait berbagai hal.

Mulai dari pengasuhan anak, masalah keluarga dan hubungan, stres, gangguan kecemasan, hingga trauma. 

Chat Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi Mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter yang tersedia 24/7 melalui layanan Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kamu juga bisa merasa tenang karena privasi kamu terjamin aman.

Tidak perlu tunggu lebih lama, manfaatkan layanan Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi kesehatan yang lebih mudah dan cepat!

Referensi:

A Cultivated Nest. Diakses pada 2024. How To Be Productive As A Full-Time Homemaker.
The Everyday Farmhouse. Diakses pada 2024. Homemaking Ideas and Tips for How to Be a Productive Homemaker.
One Homely House. Diakses pada 2024. 9 Steps to Becoming an Efficient Homemaker.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan