Ini Teknik Merebus Daging dan Sayuran untuk Turunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 November 2022

“Sebagai makanan yang sama-sama penting dalam diet, merebus daging dan sayuran tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebagai contoh, untuk merebus daging, gunakanlah teknik poaching yang hanya menggunakan air sedikit dan durasi yang singkat.”

Ini Teknik Merebus Daging dan Sayuran untuk Turunkan Berat BadanIni Teknik Merebus Daging dan Sayuran untuk Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Selain rutin berolahraga, menjaga asupan makanan melalui diet merupakan cara efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, menjalani diet juga tidak hanya sebatas mengurangi kalori atau hanya menjaga makanan yang dikonsumsi. Sebab, cara memasak pun juga menjadi faktor keberhasilan dalam menjaga kadar kalori yang diterima tubuh setiap harinya tetap stabil. 

Nah, salah satu cara memasak yang menyehatkan, khususnya untuk diet, adalah dengan cara direbus. Dalam merebus makanan yang dikonsumsi, seperti daging dan sayuran, hal ini juga perlu diperhatikan dengan baik. 

Kira-kira bagaimana teknik merebus daging dan sayuran untuk turunkan berat badan? Simak caranya di sini!

Teknik Merebus Daging dan Sayuran yang Baik

Berikut adalah teknik merebus yang baik untuk menurunkan berat badan: 

1. Sayuran

Sayuran menjadi pilihan makanan terbaik untuk diet karena padat akan nutrisi tetapi memiliki kadar kalori yang rendah. Nah, salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam sayuran adalah serat. Perlu diingat bahwa serat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Karena itu, dalam melakukan defisit kalori, penting untuk mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan serat.

Di sisi lain, agar diet maksimal dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayuran tidak rusak, teknik merebus yang baik tentu perlu diterapkan. Sebab, merebus dapat mengurangi kandungan vitamin pada sayuran lebih banyak daripada metode memasak lainnya. Sebagai contoh, sayuran seperti brokoli, bayam, dan selada dapat kehilangan hingga 50 persen atau lebih vitamin saat direbus. 

Agar merebus sayuran tidak membuang banyak nutrisinya, pastikan untuk merebus sayuran dengan suhu yang rendah, serta air yang sedikit dalam panci. Selain itu, perhatikan durasi merebusnya, tergantung dari sayuran yang dimasak. Sebagai contoh, kangkung dan bayam dapat direbus selama 1-2 menit, sedangkan sayuran bertekstur tebal seperti kembang kol dapat direbus selama tiga menit. 

2. Daging

Dengan mengganti asupan karbohidrat dan lemak dengan protein, kamu mengurangi hormon rasa lapar dan meningkatkan beberapa hormon rasa kenyang. Inilah alasan mengapa protein merupakan salah satu nutrisi penting dalam menurunkan berat badan, karena dapat membuat kamu makan lebih sedikit kalori. Nah, sebagai sumber protein yang baik, merebus daging juga tidak boleh sembarangan agar kandungan protein dan nutrisi lain seperti mineral, tidak terbuang percuma. 

Perlu diketahui bahwa teknik merebus poaching merupakan salah satu teknik merebus yang sehat. Teknik dapat dilakukan dengan cara menggunakan sedikit air untuk merebus daging. Namun, selayaknya sayuran, dalam merebus menggunakan teknik poaching, kamu juga perlu memperhatikan suhu dan durasi memasak. Pastikan merebus daging dengan suhu sekitar 60-82 derajat celcius, kemudian, rebus daging selama 5-10 menit, tergantung dari tingkat kematangan daging yang kamu inginkan. 

Teknik Memasak yang juga Sehat

Selain merebus, teknik memasak lain seperti menggunakan microwave juga dianggap sebagai cara yang sehat. Perlu diketahui bahwa penggunaan microwave untuk memasak dapat menjaga nutrisi di dalam makanan dengan baik. Sebab, microwave hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memasak makanan. Menariknya lagi, sebuah studi berjudul Influence of cooking methods on antioxidant activity of vegetables menemukan, bahwa microwave adalah metode terbaik untuk mempertahankan aktivitas antioksidan bawang putih. 

Itulah penjelasan mengenai teknik merebus daging dan sayuran untuk menurunkan berat badan. Selain menjaga asupan makanan dan mengurangi kalori, kamu juga perlu rutin memeriksakan kondisi kesehatanmu. Hal ini bertujuan untuk memantau apakah diet yang dilakukan aman atau tidak. 

Nah, melalui aplikasi halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisi dengan dokter pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
CDC. Diakses pada 2022. How to Use Fruits and Vegetables to Help Manage Your Weight. 
Eating well. Diakses pada 2022. The 12 Best Vegetables for Weight Loss, According to Dietitians. 
I Really Like Food. Diakses pada 2022. How to Boil Vegetables without Losing Nutrients. 
Healthline. Diakses pada 2022. What Is the Healthiest Way to Cook Meat?
Healthline. Diakses pada 2022. How Cooking Affects the Nutrient Content of Foods. 
NIH. Diakses pada 2022. Influence of cooking methods on antioxidant activity of vegetables. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan