Ini Resep Kentang Mustofa yang Renyah dan Lezat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Juli 2023

“Kentang mustofa merupakan kentang tipis yang digoreng yang renyah dan enak untuk dijadikan lauk maupun camilan. Namun, jaga porsinya agar konsumsinya tidak berlebihan.”

Ini Resep Kentang Mustofa yang Renyah dan LezatIni Resep Kentang Mustofa yang Renyah dan Lezat

Halodoc, Jakarta – Kentang memang merupakan salah satu bahan yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam makanan maupun camilan lezat. Salah satu kreasi kentang yang pastinya enak dan bisa bikin ketagihan adalah kentang mustofa. 

Ini adalah olahan kentang yang diiris tipis dan digoreng kering, lalu disajikan dengan bumbu halus sederhana. Cara membuatnya pun tidak sulit, jadi kamu bisa coba buat kentang mustofa untuk lauk maupun camilan keluarga di rumah. Yuk, intip resepnya di sini!

Resep Kentang Mustofa

Berikut resep kentang mustofa yang renyah dan lezat yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang (kupas dan parut/iris tipis seperti korek).
  • Minyak untuk menggoreng.

Bumbu halus:

  • 15 batang cabai merah.
  • 5 batang cabai rawit merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 2 lembar daun salam.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap secukupnya.
  • 1 sendok teh air asam jawa.

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kentang yang sudah dikupas dan kamu parut atau iris tipis (sebaiknya cuci sampai tiga kali, sampai warna air benar-benar jernih), lalu rendam dengan air garam. Diamkan selama 30 menit.
  2. Siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng. Kamu perlu menyiapkan minyak yang banyak agar kentang benar-benar terendam minyak waktu digoreng. Jangan diaduk selagi masih basah. Kalau sudah kecoklatan angkat.
  3. Blender atau ulek bumbu halus kecuali daun salam dan daun jeruk, lalu tambah air sedikit.
  4. Panaskan wajan kembali (tanpa minyak), lalu masukan bumbu halus dan daun salam serta daun jeruk, aduk sampai agak mengering.
  5. Tambahkan garam dan penyedap secukupnya, lalu koreksi rasa.
  6. Setelah kelihatan agak mengering, tambakan 3/4 sdm minyak goreng, aduk lagi sampai kering. Setelah itu, matikan kompor.
  7. Diamkan bumbu sampai dingin, setelah itu baru aduk dengan kentangnya. Kentang mustofa pun siap kamu nikmati bersama keluarga.

Tips agar renyahnya awet, simpan lah kentang di wadah yang ada penutupnya, seperti toples.

Tips Sehat Mengonsumsi Kentang Mustofa

Karena kentang mustofa merupakan gorengan, kamu perlu membatasi konsumsinya. Sesekali menikmati gorengan ini memang tidak masalah, tapi jagalah agar jangan sampai kalap dan menyantapnya terlalu banyak. 

Pasalnya, terlalu banyak atau sering mengonsumsi gorengan bisa meningkatkan risiko kamu terkena berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan lain-lain.

Bila kamu ingin mengonsumsi kentang mustofa, berikut tips sehat menikmatinya:

1. Pilih minyak yang sehat

Kentang mustofa digoreng dengan menggunakan teknik yang bernama deep frying. Nah, ada beberapa jenis minyak yang lebih sehat yang bisa kamu pilih untuk memasak gorengan ini.

Salah satunya adalah minyak kacang tanah. Minyak goreng yang terbuat dari kacang tanah ini kaya akan asam lemak tunggal, yaitu asam oleat.

Banyak penelitian menemukan bahwa kandungan tersebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan.

Selain minyak kacang tanah, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat. Minyak ini tahan terhadap panas karena, seperti lemak hewani, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi.

Dengan begitu, jenis minyak ini bisa menjadi pilihan yang baik dan sehat untuk deep-frying.

2. Gunakan minyak baru

Bila kamu tidak memiliki jenis minyak sehat di atas, setidaknya gunakanlah minyak goreng yang baru. Pasalnya, menggunakan minyak goreng yang sudah lebih dari dua kali pemakaian sangat berbahaya  bagi kesehatan tubuh, terutama tekanan darah dan kolesterol. 

Minyak yang sudah kamu gunakan berulang kali bisa menghasilkan sisa atau serbuk penggorengan. Inilah yang kemudian memicu kolesterol.

Minyak bekas juga mengandung lebih banyak asam lemak trans, sehingga akan meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan risiko timbulnya plak di pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

3. Air-fryer

Bila ingin lebih sehat, kamu juga bisa menggoreng kentang mustofa dengan air-fryer. Peralatan memasak ini bekerja dengan sistem sirkulasi udara panas yang bisa mencapai 200 derajat Celsius. 

Jadi, menggoreng makanan dengan air-fryer hanya membutuhkan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali. Meski begitu tekstur makanan tetap renyah dan enak untuk dinikmati.

Agar lebih jelas mengenai keamanan peralatan masak ini untuk kesehatan, coba baca Tren Air Fryer Menjadikan Makanan Lebih Sehat, Ini Faktanya.

Nah, itulah resep kentang mustofa yang menggugah selera. Bila kamu memiliki kolesterol tinggi, coba tanyakan lah pada ahlinya mengenai makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi lewat aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, ahli gizi terpercaya dari Halodoc bisa memberimu saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Kentang Mustofa (Renyah & Anti Melempem).
Healthline. Diakses pada 2023. The Healthiest Oil for Deep Frying.
Kementerian Kesehatan. Diakses pada 2023. Dampak Penggunaan Minyak Goreng Secara Berulang Bagi Kesehatan.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan