Ini Resep dan Cara Membuat Jasuke yang Enak dan Praktis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Agustus 2023

“Jasuke merupakan camilan yang mudah untuk dibuat di rumah. Kamu bisa membuatnya dengan mudah dan tentunya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.”

Ini Resep dan Cara Membuat Jasuke yang Enak dan PraktisIni Resep dan Cara Membuat Jasuke yang Enak dan Praktis

Halodoc, Jakarta – Jagung susu keju atau jasuke adalah camilan yang populer dan menggugah selera. Selain nikmat, camilan ini juga bisa membuat kamu merasa kenyang. Makanan ini bisa kamu temukan di berbagai restoran. 

Bagi penggemar jasuke, rasanya kurang puas jika kamu tidak mencobanya sendiri di rumah. Bukan hanya porsinya yang bisa lebih banyak, kamu juga bisa membuat makanan ini dengan versi yang lebih sehat.

Resep Jagung Susu Keju

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar jagung manis. Selain itu, tambahan susu dan keju membuat makanan ini juga memiliki rasa gurih.

Bukan hanya susu keju, kamu juga bisa membuat makanan ini dengan lebih bervariasi, yaitu menambahkan cokelat meses atau buah-buahan kering lainnya. 

Untuk membuat jasuke di rumah, kamu hanya perlu menyiapkan berbagai bahan-bahan yang simpel. Bahkan, pembuatannya tidak terlalu rumit. Jadi, jangan ragu untuk coba membuat makanan ini sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 3 jagung manis. Serut bijinya dan kukus.
  • 1 saset vla vanila instan.
  • 2 saset  kental manis.
  • 450 mililiter susu full cream.
  • 55 gram keju cheddar parut.
  • 2 sdt maizena, larutkan dengan air.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan panci, kemudian masukkan bubuk vla vanila, kental manis, susu cair, dan keju. Kemudian panaskan bahan tersebut diatas kompor menggunakan api kecil.
  2. Setelah semuanya tercampur, kembali aduk hingga tidak ada gumpalan dalam saus.
  3. Selanjutnya, setelah matang, saring saus dan berikan campuran maizena dengan air.
  4. Siapkan jagung yang telah dikukus dalam wadah terpisah.
  5. Jika ingin menikmati jasuke, ambil jagung pada mangkuk, dan siramkan saus susu manis yang telah dibuat.
  6. Selanjutnya, tambahkan keju parut di atasnya untuk menambahkan sensasi gurih dan lezat.

Selain jasuke, cobalah buat camilan sehat berikut ini:

Tips Membuat Jasuke Lebih Sehat

Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, sesuaikan porsi dari masing-masing bahannya. Dengan begitu, semua anggota keluarga bisa menikmati jasuke buatanmu.

Selain porsi yang lebih banyak, kamu juga bisa menyiapkan berbagai bahan yang berkualitas dan lebih sehat. Susu full cream yang kamu gunakan, ganti dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Contohnya, yaitu susu kacang kedelai atau susu oat.

Tidak hanya itu, penggunaan kental manis juga bisa kamu batasi jumlahnya. Kamu bisa menggantinya dengan madu atau gula stevia agar rasa manisnya tetap terasa. Namun, dengan versi yang lebih sehat.

Penggunaan vla vanila saset juga bisa kamu keluarkan dari resep agar kamu bisa mendapatkan rasa manis dari bahan-bahan alami. Jika ingin mendapatkan rasa vanila, kamu bisa menggunakan bahan yang lebih sehat, yaitu biji vanila.

Selain itu, perhatikan pula porsi saat mengonsumsi makanan ini. Sesuaikan porsinya agar kesehatan tetap dalam kondisi yang optimal. Kan=mu bisa tanyakan pada ahli gizi di Halodoc✔️ untuk porsi atau takaran yang tepat. Klik gambar di bawah ini.

banner chat dokter
Referensi:
Briliofood. Diakses pada 2023. 13 Cara membuat jasuke, lembut, creamy, dan mudah dibuat.
Craftsy. Diakses pada 2023. Here Are All the Milk Substitutes You Might Need for Baking.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan