Ini Rekomendasi Obat Tenggorokan Gatal Ampuh yang Ada di Apotik

7 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 April 2024

"Solusi tepat untuk mengatasi tenggorokan gatal adalah mengonsumsi obat. Beberapa rekomendasi obat tenggorokan gatal, antara lain Degirol Hisap, Cooling 5 Mouth Spray Cappucinno, hingga Tantum Lozenges yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini Rekomendasi Obat Tenggorokan Gatal Ampuh yang Ada di ApotikIni Rekomendasi Obat Tenggorokan Gatal Ampuh yang Ada di Apotik

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Tenggorokan Gatal


Halodoc, Jakarta – Tenggorokan gatal tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa mengganjal. Penyebabnya beragam, mulai dari udara yang kering, alergi atau iritasi akibat asap dan polusi udara. 

Berbicara atau bernyanyi terlalu keras dan terlalu lama juga dapat menyebabkan kelelahan pada pita suara dan tenggorokan. Alhasil, tenggorokan menjadi gatal dan sedikit nyeri.

Mengatasi tenggorokan gatal tentu saja perlu kamu sesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah alergi, maka sebaiknya pilih obat yang mengandung antihistamin. 

Jika kondisinya cenderung ringan, kamu bisa menggunakan produk-produk di bawah ini.

Rekomendasi Obat Tenggorokan Gatal

Solusi cepat untuk mengatasi tenggorokan gatal tentu saja mengonsumsi obat yang bisa melegakan tenggorokan. Jika kamu sedang  mencarinya, simak rekomendasi produk atau obat gatal tenggorokan berikut ini:

1. Degirol Hisap 0.25 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat tenggorokan gatal yang pertama adalah Degirol Hisap. Obat berjenis tablet hisap ini mengandung  Dequalinium Chloride,  zat antiseptik yang bisa membunuh bakteri, jamur, atau virus. 

Masalah mulai dari sakit tenggorokan, radang atau infeksi di rongga mulut dan tenggorokan, dan flu serta batuk bisa diatasi dengan konsumsi obat ini. 

Kapan sebaiknya Degirol Hisap digunakan? Kamu boleh memakai obat ini setiap harinya maksimal 8 tablet, dengan 3 sampai 4 jam jarak pemakaian setiap tabletnya. 

Tapi, hindari konsumsi obat ini dalam jangka waktu yang panjang dan berulang. 

Rentang harga: Rp15.500 – Rp15.700  per strip.

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 m

Rekomendasi selanjutnya adalah obat tenggorokan gatal dalam bentuk mouth spray. Obat ini tergolong praktis, cukup semprotkan 2 sampai 3 kali tepat ke arah tenggorokan, dan kuman penyebab gatal tenggorokan bisa teratasi. 

Sakit tenggorokan karena merokok, makan makanan berminyak, perubahan cuaca,  dan gejala flu juga bisa diobati dengan Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml.

Saat menyemprotkan obat ini, pastikan untuk tidak mengenai lidah dan ulang setiap 3 jam sampai gatal tenggorokan reda. 

Rentang harga: Rp23.400 – Rp49.700 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml di Toko Kesehatan  Halodoc. 

Bahan alami seperti kencur ternyata bisa diandalkan dikala tenggorokan gatal. Yuk cari tahu fakta-fakta di sini: “Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur”.

3. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Nah, kalau yang satu ini adalah obat tenggorokan gatal yang cara pakainya dikumur. Tantum Verde Oral Rinse memiliki bezydamine HCl dan alkohol yang bisa meringankan rasa sakit di mulut dan tenggorokan. 

Selain tenggorokan gatal, kondisi seperti tonsilitis (radang amandel), sakit kelainan periodontal, dan bisa juga digunakan setelah ekstraksi gigi, juga bisa dibantu penyembuhan dengan obat ini.

Kamu boleh berkumur 2-3 kali sehari 15 ml selama 60 detik. Tapi, penggunaannya tidak boleh lebih dari seminggu. 

Perlu diingat juga bahwa Tantum Verde Oral Rinse tidak untuk ditelan dan juga tidak dianjurkan untuk anak di bawah 12 tahun. 

Kisaran harga: Rp47.300 per botol. 

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Betadine Lozenges Menthol & Eucalyptus 8 Tablet

Tablet hisap yang satu ini bisa membantu meredakan gatal tenggorokan berkat kandungan amylmetacresol dan dybenal yang merupakan antiseptik. 

Gabungan keduanya bisa  melegakan tenggorokan dengan membunuh bakteri atau virus penyebab infeksi di mulut dan tenggorokan. 

Kamu cukup hisap 1 tablet Betadine Lozenges Menthol & Eucalyptus sampai terlarut di mulut setiap 2-3 jam. Tapi, jangan gunakan lebih dari 12 tablet hisap dalam waktu 24 jam. 

Rentang harga: Rp20.300 – Rp41.800

Dapatkan Betadine Lozenges Menthol & Eucalyptus 8 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Rekomendasi obat tenggorokan gatal terakhir adalah Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet. Obat ini tergolong Traditional Chinese Medicine (TCM) yang bisa membantu meredakan panas, batuk, dan menghilangkan reak. 

Untuk aturan pakainya, obat ini bisa digunakan 1 sampai 2 kali dalam 1 kotak kecil atau sekitar 14 gram per harinya. Cukup larutkan sato potong obat ini dengan 100 ml air dan aduk sampai larut sebelum minum.

Rentang harga: Rp17.200 – Rp36.500 per box

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

6. Efisol-C 10 Tablet

Berikutnya, kamu juga bisa mengkonsumsi Efisol-C 10 Tablet yang mengandung dequalinum chloride sebagai antiseptik rongga mulut dan Vitamin C. 

Obat ini bekerja membasmi berbagai bakteri untuk mengatasi infeksi ringan sampai sedang yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada mulut serta tenggorokan.

Untuk menggunakan obat ini, kamu cukup melarutkan tablet perlahan-lahan dalam mulut  setiap 3 jam. Batas konsumsinya tidak lebih dari 8 tablet sehari. Bila infeksi sudah mereda, kamu dapat menggunakan tablet setiap 5 jam sekali.

Sebaiknya hindari penggunaan jangka panjang dan berulang-ulang. Belum terdapat data keamanan terkait penggunaan obat ini pada wanita hamil dan/atau menyusui. Konsultasikan kepada dokter apabila dirimu sedang hamil dan/atau menyusui.

Rentang harga: Rp19.300 per strip.

Dapatkan Efisol-C 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet

Opsi obat tenggorokan gatal  lainnya yang bisa kamu coba adalah Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet.

Obat ini merupakan jenis obat herbal dari ekstrak semangka yang digunakan untuk membantu meredakan panas dalam yang disertai tenggorokan kering

Kamu dapat menghisap tablet perlahan-lahan hingga larut dalam mulut. Dosis yang disarankan adalah 1-2 tablet dihisap 3 kali per hari.

Rentang harga: Rp20.500 per box.

Dapatkan Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

8. Tantum Lozenges 12 Tablet

Obat tenggorokan gatal terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Tantum Lozenges 12 Tablet.

Dengan kandungan benzydamine, Lozenges dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kuman bakteri di dalam mulut, sehingga terhindar dari bau mulut dan radang tenggorokan.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan dengan cara dihisap tanpa perlu dikunyah. Dosis penggunaan obat ini adalah sebagai berikut:

  • Kasus berat : 1 tablet dihisap perlahan lahan tiap 2 jam.
  • Kasus ringan : 1 tablet dihisap perlahan lahan tiap 3 jam.

Batas maksimal konsumsi adalah 12 tablet hisap per hari dan jangan digunakan berturut turut lebih dari 7 hari.

Rentang harga: Rp46.500 per box.

Dapatkan Tantum Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai produk atau obat gatal tenggorokan yang bisa mengatasi tenggorokan gatal. Dapatkan produk-produk di atas dengan praktis dan cepat di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Remedies for an Itchy Throat.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Everything you need to know about itchy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan