Ini Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam Usia 40 di Apotek

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

“Flek hitam umum terjadi di usia 40 tahun ke atas akibat paparan sinar matahari. Nah, ada beberapa rekomendasi cream penghilang flek hitam seperti Interquin cream, Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night Cream, hingga Refaquin Cream yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam Usia 40 di ApotekIni Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam Usia 40 di Apotek

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Flek hitam merupakan masalah kulit yang umum terjadi di usia 40 tahun ke atas. Untungnya, ada berbagai cream penghilang flek hitam usia 40 di apotek yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. 

Flek hitam yang muncul di usia 40 ini sering disebut juga sebagai age spot. Mereka hadir dalam bentuk bintik cokelat atau hitam yang datar dan biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari.

Yuk, cari tahu rekomendasi cream penghilang flek hitam usia 40 tahun ke atas di sini!

Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam Usia 40 di Apotek

Meskipun tidak berbahaya, munculnya flek hitam pada kulit tentu merusak penampilan kulitmu dan mengurangi rasa percaya diri.

Berikut adalah beberapa rekomendasi cream penghilang flek hitam usia 40 di apotek yang bisa kamu gunakan:

1. Interquin Cream 15 g

Cream yang satu memiliki fungsi whitening agent dan tabir surya yang tidak lengket di kulit. Produk ini bekerja dengan memutihkan kulit secara bertahap dari kondisi hiperpigmentasi seperti flek hitam, kloasma, melasma, bercak akibat penuaan. 

Hiperpigmentasi lain pada area kulit yang tidak diinginkan juga bisa teratasi dengan Interquin Cream. 

Cara menggunakan obat ini cukup mudah kok. Oleskan cream ini di area yang sakit hanya saat malam hari. Jangan gunakan pada seluruh wajah. 

Rentang harga: Rp85.200 – Rp89.400 per tube.

Dapatkan Interquin Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024. 

2. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night Cream 40 g

Cream malam ini memiliki kandungan arbutin, vitamin C, hyaluronic acid yang bisa mencerahkan kulit serta memudarkan flek hitam. Tak hanya itu, menggunakan Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night Cream juga membuat kulit tetap elastis.

Kamu cukup ambil produk secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan ke seluruh wajah hingga merata dan biarkan meresap. 

Rentang harga: Rp79.500 – Rp116.500 per pot.

Dapatkan Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night Cream 40 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Vitaquin Cream 15 gr

Vitaquin Cream 15 gr

Pilihan cream penghilang flek hitam usia 40 di apotek lainnya adalah vitaquin cream

Krim wajah ini mengandung hydroquinone dan bermanfaat untuk memutihkan wajah, menghilangkan bekas jerawat, flek, dan warna kehitaman lain di wajah. 

Hydroquinone memutihkan kulit wajah dengan cara menghambat enzim yang bertanggung jawab pada proses konversi tirosin menjadi dihidroksifenilalanin, sehingga produksi melanin berkurang dan jaringan kulit yang terbentuk menjadi lebih cerah. 

Namun, obat ini tergolong obat merah atau keras, sehingga dalam menggunakan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskannya pada wajah secara merata.

Rentang harga: Rp59.200 – Rp93.700 per tube.

Dapatkan Vitaquin Cream 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Melanox Forte 4% Cream 15 g

Melanox Forte 4% Cream 15 g

Dengan kandungan Hydroquinone USP 4% dan AHA (Glycolic acid), Melanox Forte 4% Cream bisa menjadi cream penghilang flek hitam usia 40 tahun ke atas.

Hydroquinon bisa menghambat oksidasi enzimatik dari 3- (3, 4-dihydroxyphenyl) alanine (dopa) dan menekan proses metabolisme dari melanosit. 

Oleh karena itu, obat ini berguna untuk mengobati hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam, noda hitam karena melanin yang bisa muncul karena perkembangan usia, karena keadaan setelah peradangan, atau karena pemakaian pil KB.

Namun, dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Ini karena Melanox Forte 4% Cream tergolong obat merah atau keras.

Cara menggunakannya, oleskan cream pada kulit yang memiliki flek hitam. Melanox Forte hanya dipakai pada malam hari sebelum tidur dan setelah kulit kamu bersihkan dahulu dengan produk pembersih.

Kemudian saat siang hari, kamu tetap perlu menggunakan tabir surya. Umumnya flek hitam pada kulit akan mulai memudar setelah pengobatan 2 minggu. 

Agar flek hitam tidak muncul, ada beberapa hal yang harus kamu berhenti lakukan. Baca selengkapnya di sini: “Hindari 4 Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Flek Hitam”.

Rentang harga: Rp31.900 – Rp48.000 per tube.

Dapatkan Melanox Forte 4% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

5. Refaquin Cream 15 g

Refaquin Cream 15 g

Refaquin cream adalah obat untuk pengobatan jangka pendek melasma pada wajah yang sedang sampai parah. Cream penghilang flek hitam usia 40 di apotek mengandung hydroquinone, tretinoin, dan flucinolone acetonide.

Cara menggunakannya, oleskan lah tipis-tipis satu kali sehari pada area kulit yang mengalami flek hitam, 30 menit sebelum tidur malam. Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Hal itu karena Refaquin cream tergolong obat merah atau keras.

Rentang harga: Rp73.100 – Rp107.200 per tube.

Dapatkan Refaquin Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc, 100% produknya asli!

Itulah rekomendasi cream penghilang flek hitam usia 40 ke atas. Selain dengan obat topikal di atas, flek hitam bisa juga ditangani oleh dokter. Baca lebih lanjut di sini: “Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Medis”. 

Kamu bisa temukan lebih banyak produk perawatan kulit lainnya di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ Tersedia juga vitamin dan suplemen kesehatan kulit, klik gambar di bawah ini untuk temukan produknya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about age spots (liver spots)
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Age spots (liver spots)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan