Ini Psikolog dan Psikiater yang Bisa Jadi Tempat Konseling di Halodoc

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Mei 2024

“Sesi konseling dapat membantu kamu untuk menghadapi berbagai masalah yang mengganggu secara psikologis. Psikolog dan psikiater bisa menjadi tempat bercerita yang tepercaya serta memberikan saran dan tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.”

Ini Psikolog dan Psikiater yang Bisa Jadi Tempat Konseling di HalodocIni Psikolog dan Psikiater yang Bisa Jadi Tempat Konseling di Halodoc

DAFTAR ISI

  1. Tanda-Tanda Seseorang Membutuhkan Sesi Konseling
  2. Hubungi Psikolog/Psikiater Ini Jika Butuh Tempat Konseling
    1. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog
    2. Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog
    3. Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog
    4. dr. Mariati Sp.KJ
    5. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Halodoc, Jakarta – Sering kali seseorang kewalahan dalam menghadapi masalah yang mereka miliki. Terlebih jika mereka tidak memiliki teman atau seseorang yang bisa dijadikan tempat bercerita.

Kondisi tersebut akan semakin berbahaya apabila dibiarkan. Karena itu, psikolog dan psikiater bisa memberikan konseling yang merupakan proses pemberian bantuan melalui percakapan langsung guna menghadapi masalah tertentu. 

Sesi ini bertujuan untuk membantu seseorang untuk mengelola stres, kecemasan, serta masalah lainnya yang berkaitan dengan psikologis. Namun, sering kali gangguan psikologis tersebut tidak disadari oleh pengidapnya. Padahal hal tersebut sangat penting untuk mencegah dampak yang lebih berbahaya.

Tanda-Tanda Seseorang Membutuhkan Sesi Konseling

Berbagai masalah yang kamu alami dapat menyebabkan terganggunya kesehatan secara mental atau emosional. Kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. 

Namun, sering kali kondisi tersebut tidak disadari sehingga beban pikiran atau stres yang dialami menumpuk dan mengakibatkan permasalahan yang lebih serius. 

Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menyadari tanda-tanda ketika kamu membutuhkan sesi konseling.

Melakukan sesi konseling dapat menurunkan tingkat stres dan membantu kamu mengatasi masalah yang sedang dialami. Nah, berikut tanda-tanda kamu memerlukan sesi konseling:

  • Mengalami stres yang berlebihan.
  • Penurunan produktivitas di sekolah atau tempat kerja.
  • Mengalami perubahan nafsu makan dan pola tidur.
  • Memiliki permasalahan serius dengan pasangan.
  • Mengalami kecemasan terhadap sesuatu.

Jika mengalami tanda-tanda tersebut, kamu bisa menghubungi psikolog atau psikiater untuk melakukan sesi konseling.

Dengan begitu, mereka dapat membantu sehingga kondisi psikologis kamu menjadi lebih baik.

Sebelum melakukan konseling, ketahui Tips dan Trik Melakukan Konseling Psikologi Online dan Rekomendasinya.

Hubungi Psikolog/Psikiater Ini Jika Butuh Tempat Konseling

Apabila kamu atau orang terdekat sedang mengalami masalah dan membutuhkan tempat bercerita atau konseling yang tepercaya, segera hubungi psikolog atau psikiater di Halodoc.

Psikolog dan psikiater di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Kamu bisa menceritakan hal apa pun kepada psikolog atau psikiater agar perasaan yang kamu alami menjadi lebih baik.

Selain itu, psikolog dan psikiater juga dapat memberi saran tertentu terhadap masalah yang sedang dialami agar kondisi kamu semakin membaik.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi

Dokter pertama yang bisa kamu menghubungi adalah Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma pada 2020 dan 2014.

Kini, ia berpraktik di Depok, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc.

Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog dapat memberikan konsultasi seputar masalah kesehatan mental lainnya, seperti keluarga dan hubungan, trauma, stres, gangguan kecemasan, pengasuhan dan anak, serta depresi. 

Chat Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Catat, Ini Hal yang Dilakukan saat Sesi Konseling dengan Psikolog.

2. Munazilah S.Psi, M.Psi

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2015 dan Universitas Gadjah Mada pada 2019.

Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog berpraktik di Semarang, Jakarta Pusat dan Depok. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait berbagai hal yang berkaitan dengan psikologis.

Ia bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan kecemasan, pekerjaan dan karier, pengembangan diri dan gangguan mood.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. Yolanda Candra Arintina M.Psi

Kamu juga bisa menghubungi Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2014 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Saat ini, Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog berpraktik di Semarang, Jawa Tengah. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 2 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog di Halodoc.

Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, stres, trauma, gangguan kecemasan, pekerjaan dan karier dan depresi.

Chat Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Mariati Sp.KJ

Sementara untuk psikiater, kamu bisa menghubungi dr. Mariati Sp.KJ.

Dokter Mariati Sp.KJ merupakan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada 2013 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Saat ini, dr. Mariati Sp.KJ melakukan praktik di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. 

Ia juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Mariati Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 8 tahun sehingga kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc jiika sedang mengalami permasalah secara mental atau emosional

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar depresi, gangguan kepribadian, gangguan mood, trauma, pengembangan diri maupun masalah kesehatan mental lainnya.

Chat dr. Mariati Sp.KJ mulai dari Rp 75.000,- di Halodoc.

5. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Pilihan psikiater selanjutnya yang dapat kamu hubungi adalah dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia pada 2013 dan Universitas Udayana pada 2022.

Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ saat ini berpraktik di Brebes, Jawa Tengah dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Berbekal pengalaman menjadi dokter kejiwaan selama 10 tahun, kamu bisa berkonsultasi dengannya di Halodoc terkait kesehatan mental.

Chat dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa psikolog dan psikiater yang bisa kamu hubungi sebagai tempat konseling atau bercerita tentang beban dan masalah yang sedang kamu alami.

Jangan ragu untuk segera menghubungi psikolog atau psikiater agar apa yang kamu rasakan dan alami dapat segera membaik. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Jangan khawatir, privasi kamu juga pasti aman dan terjaga di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
One TeleMed. Diakses pada 2024. 7 Important Signs You Might Need Counseling Services.
WebMD. Diakses pada 2024. Guide to Psychiatry and Counseling.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan