Ini Pilihan Kontrasepsi untuk Wanita yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 September 2023

“Dalam memilih kontrasepsi, wanita perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi kesehatan, gaya hidup, dan preferensi pribadi."

Ini Pilihan Kontrasepsi untuk Wanita yang Perlu DiketahuiIni Pilihan Kontrasepsi untuk Wanita yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sebagai seorang wanita, memilih kontrasepsi yang tepat menjadi hal yang penting dalam merencanakan keluarga dan mengontrol kehamilan yang tidak terduga.

Ada banyak jenis kontrasepsi yang tersedia. Pemilihan secara tepat bisa membantu merasa aman dan terlindungi, terutama dari kehamilan yang tidak terduga dan penyakit menular seksual. 

Ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan kontrasepsi untuk wanita. Salah satunya usia, karena semakin bertambahnya usia maka risiko kehamilan cenderung meningkat, terutama jika sudah menginjak usia lebih dari 35 tahun.

Untuk mengetahui lebih lanjut, bisa juga membaca artikel mengenai Pilihan Alat Kontrasepsi untuk Wanita di Atas 35 Tahun.

Alternatif Pilihan Kontrasepsi Wanita 

Berikut adalah beberapa pilihan kontrasepsi untuk wanita yang perlu diketahui.

1. Pil Kontrasepsi

Pil kontrasepsi adalah salah satu jenis kontrasepsi yang paling umum. oleh wanita. Kontrasepsi ini mengandung hormon progesteron dan estrogen yang membantu menghambat ovulasi dan mencegah kehamilan.

Konsumsi pil ini bisa setiap hari pada waktu yang sama untuk efektivitas yang optimal. Namun, pil kontrasepsi hanya melindungi dari kehamilan dan tidak melindungi dari penyakit menular seksual.

2. Kontrasepsi Suntik

Kontrasepsi suntik adalah metode kontrasepsi yang melibatkan suntikan hormon progesteron ke dalam otot atau kulit setiap tiga bulan.

Metode ini efektif dalam mencegah kehamilan, tetapi tidak melindungi dari penyakit menular seksual.

Wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik juga harus berhati-hati karena suntikan hormon dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kelelahan, dan gangguan siklus menstruasi.

3. Alat Kontrasepsi dalam Rahim (IUD)

IUD adalah metode kontrasepsi yang terpasang di dalam rahim dan melindungi dari kehamilan selama beberapa tahun.

Jenis kontrasepsi wanita ini tersedia dalam dua jenis, yaitu hormonal dan non-hormonal. IUD hormonal melepaskan hormon progesteron yang membantu mencegah kehamilan, sementara IUD non-hormonal menggunakan tembaga untuk mencegah kehamilan.

IUD adalah metode kontrasepsi yang efektif, tetapi penggunaannya dapat menyebabkan efek samping seperti kram dan pendarahan.

4. Kondom

Kondom adalah metode kontrasepsi yang melindungi dari kehamilan dan penyakit menular seksual. Jenis kontrasepsi ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran dan dapat dengan mudah dibeli di apotek atau toko obat. Selain itu, kondom juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.

5. Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (LARC)

Metode kontrasepsi jangka panjang seperti implant dan suntikan jangka panjang adalah metode kontrasepsi yang melindungi dari kehamilan selama beberapa tahun.

Implan terpasang di bawah kulit dan melepaskan hormon progesteron, sementara suntikan jangka panjang melibatkan suntikan hormon progesteron yang efektif selama tiga bulan.

Metode ini efektif dalam mencegah kehamilan tetapi dapat menyebabkan efek samping seperti perubahan siklus menstruasi dan sakit kepala.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Kontrasepsi Wanita

Penggunaan kontrasepsi wanita adalah hal yang penting dalam mengontrol kehamilan dan mencegah penyakit menular seksual. Namun, ingat bahwa beberapa hal dalam penggunaan kontrasepsi agar efektif dan aman, seperti:

  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih dan menggunakan kontrasepsi
  • Mengetahui efek samping dari setiap jenis kontrasepsi
  • Mengikuti petunjuk penggunaan kontrasepsi dengan benar
  • Melakukan pengecekan kesehatan berkala
  • Mengkombinasikan beberapa jenis kontrasepsi untuk efektivitas yang lebih baik

Hari Kontrasepsi Sedunia dapat menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan kontrasepsi.

Dalam memilih kontrasepsi wanita yang tepat, perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kondisi kesehatan, gaya hidup, dan preferensi pribadi. Dengan memilih kontrasepsi yang tepat, wanita dapat memiliki kontrol atas kehamilan dan menjaga kesehatan reproduksinya.

Untuk menyukseskan program penundaan kehamilan, bisa dapatkan produk kontrasepsi yang tersedia di toko kesehatan Halodoc. Selain itu juga, bisa melakukan konsultasi secara mudah dengan dokter spesialis. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
American Family Physician. Diakses pada 2023. Contraception Choices in Women with Underlying Medical Conditions.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Contraception.
Queensland Health. Diakses pada 2023. 9 types of contraception you can use to prevent pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan