Ini Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2024

“Meski termasuk wajar, gatal di tenggorokan saat batuk bisa membuat tubuh tidak nyaman serta mengganggu aktivitas. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari lendir yang menumpuk, infeksi, gejala asam lambung, hingga alergi.”

Ini Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal saat BatukIni Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk

Halodoc, Jakarta – Rasa gatal pada tenggorokan yang muncul saat sedang mengalami batuk sebenarnya adalah hal yang wajar. Batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau zat iritasi lainnya yang menyebabkan tenggorokan gatal. 

Biasanya, beberapa jenis batuk dapat disebabkan oleh infeksi ringan. Inilah yang menyebabkan gatal pada tenggorokan. Bahkan rasa gatal masih bisa tinggal meski batuk sudah sembuh. 

Kira-kira apa penyebab tenggorokan terasa gatal saat batuk? Simak ulasan selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Penyebab Tenggorokan Gatal Saat Batuk

Batuk adalah refleks tubuh yang muncul di saluran pernapasan, untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi benda asing. 

Batuk biasanya disebabkan oleh infeksi ringan, misalnya flu atau alergi. Batuk biasanya muncul dibarengi dengan rasa gatal di tenggorokan, kesulitan menelan, suara serak, bahkan hilangnya suara. 

Meski batuk sudah mereda, terkadang rasa gatal di tenggorokan belum hilang. Hal ini rupanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: 

1. Ada lendir yang menumpuk

Saat kamu mengalami batuk berdahak atau batuk kering yang disertai pilek, biasanya tenggorokan akan terasa gatal saat batuk. Bahkan terkadang, tenggorokan masih tetap terasa gatal, meski batuk telah sembuh. 

Kemungkinan ini disebabkan oleh adanya lendir yang menumpuk di saluran pernapasan. Lendir tersebut menetes dari belakang tenggorokan, yang kemudian menyebabkan tenggorokan terasa kering dan gatal. 

Kondisi tersebut dikenal sebagai post-nasal dan biasanya terjadi meski seseroang sudah sembuh dari flu. 

Jika kamu mengalami kondisi ini, segera atasi dengan menggunakan obat. Saat ini ada berbagai merek obat batuk yang bisa kamu beli dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc.

Beberapa rekomendasinya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk Dewasa”. 

2. Infeksi

Tenggorokan gatal saat batuk bisa jadi karena adanya infeksi seperti infeksi jamur dan infeksi sinus. 

Infeksi jamur disebabkan oleh jamur Candida albicans, yang umumnya terjadi di area mulut, tenggorokan, atau kerongkongan. Jika jamur ini menginfeksi area tenggorokan, nantinya akan muncul bercak putih di lidah, serta kemerahan di bagian ujung mulut. 

Sementara itu, infeksi sinus juga bisa menjadi penyebab gatal tenggorokan. Gejalanya hampir mirip dengan pilek, mulai dari bersin-bersin, hidung tersumbat, serta rasa tidak nyaman di tenggorokan. 

3. Gejala penyakit asam Lambung

Jika kamu memiliki asam lambung atau GERD (asam lambung naik), maka kamu dapat mengalami tenggorokan gatal saat batuk.

Sebenarnya produksi cairan asam di lambung, akan mempermudah kinerja sistem pencernaan. Hanya saja, saat asam yang diproduksi terlalu banyak, kamu bisa mengalami GERD. Ini merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, hingga menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. 

4. Alergi

Jika kamu mempunyai riwayat alergi debu, asap rokok, polusi udara, atau zat iritan lainnya, hal ini juga bisa menyebabkan batuk disertai tenggorokan gatal.

Gejala alergi ini dapat hilang dan muncul bersamaan atau bergantian. Jadi, bukan hal yang mustahil jika kamu merasakan gatal di tenggorokan. 

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini:

  • Minum sesendok madu.
  • Berkumur dengan air garam.
  • Memakan tablet hisap dan obat batuk.
  • Memberikan semprotan hidung.
  • Minum teh panas dengan lemon dan madu.

Jika cara-cara di atas tidak mampu meredakan tenggorokan gatal dan batuk yang kamu alami, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Dokter mungkin akan meresepkan sejumlah obat untuk meredakan gatal di tenggorokan. Terkait hal ini, kamu tak perlu khawatir, sebab kini obat dan suplemen lainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah di Toko kesehatan Halodoc

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Everything you need to know about itchy throat
National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI). Diakses pada 2024. Asthma.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan