Ini Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri Bagi Pekerja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Januari 2023

“Ada beberapa alasan utama mengapa kesehatan dan keselamatan penting di tempat kerja. Salah satunya adalah mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja.”

Ini Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri Bagi PekerjaIni Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri Bagi Pekerja

Halodoc, Jakarta – Kesehatan dan keselamatan merupakan salah satu kewajiban penting yang harus dipenuhi bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi para pekerja, baik di kantoran atau mereka yang banyak menghabiskan waktunya di lapangan. Salah satu contohnya adalah pekerja konstruksi yang industrinya rentan akan sejumlah situasi berbahaya seperti kecelakaan kerja. 

Jika perusahaan lalai dalam menjaga keselamatan pekerjanya, ini tentu akan berakibat fatal bagi keselamatan pekerjanya. Misalnya menyebabkan pekerja sakit atau bahkan kehilangan nyawanya. Karena itu, penggunaan alat pelindung diri sangatlah penting bagi para pekerja. 

Tujuan Penggunaan Alat Pelindung Diri 

Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja, ada beberapa tujuan utama Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berkaitan dengan mesin, peralatan, landasan tempat kerja dan lingkungan tempat kerja. Mulai dari mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja, hingga memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini dianggap penting mengingat kesehatan pegawai yang kurang terjamin dapat mengakibatkan turunnya produktivitas yang dapat berujung pada demotivasi kerja.

Di sisi lain, setiap pegawai juga perlu mempertimbangkan cara tersendiri dalam proteksi diri terhadap ancaman kecelakaan kerja atau penyakit dalam pekerjaannya. Misalnya dengan menggunakan masker ketika flu, menunda perjalanan saat pandemi berlangsung, maupun dengan menjaga kebersihan sekaligus kenyamanan ruangan kerja. 

Perusahaan yang bertanggung jawab tahu bahwa tujuan utama program keselamatan dan kesehatan adalah untuk mencegah cedera, penyakit, dan kematian di tempat kerja. Adapun, alat pelindung diri merupakan peralatan yang dapat melindungi pekerja dari kecelakaan atau penyakit. Penyebab kecelakaan dan penyakit yang dimaksud dapat disebabkan oleh kontak bahaya potensial lingkungan kerja baik bersifat kimia, fisik, maupun biologis. 

Di sisi lain, ada beberapa alasan utama mengapa kesehatan dan keselamatan penting di tempat kerja, meliputi: 

1. Alat Pelindung Diri Dapat Mengurangi Risiko Kecelakaan Kerja

Keamanan lokasi konstruksi tidak hanya mengurangi risiko cedera pada publik, tetapi juga mengurangi risiko cedera dan kecelakaan terkait pekerjaan. Misalnya kecelakaan akibat terjepit di antara peralatan, terjatuh, tersengat listrik, hingga tertabrak benda. Nah, adanya prosedur penggunaan alat perlindungan diri sebagai bentuk budaya keselamatan dapat mengurangi risiko jenis kecelakaan ini.

2. Keselamatan di Lokasi Konstruksi Melindungi Masyarakat

Keamanan di lokasi konstruksi tidak hanya melindungi pekerja, tetapi juga menjaga keamanan publik. Sebab, situs konstruksi biasanya terletak di daerah sibuk di mana masyarakat umum datang dan pergi. Protokol keamanan yang tidak memadai dapat membuat benda jatuh menimpa orang yang tidak bersalah. Hal ini berisiko membuat orang yang bahkan tidak terhubung dengan proyek berada dalam risiko tinggi. 

3. Meningkatkan Produktivitas Pekerja

Sekalipun kecelakaan tidak terjadi, tempat kerja yang tidak aman tetap berisiko. Nah, alasan pentingnya penggunaan pelindung diri saat bekerja berikutnya adalah meningkatkan produktivitas pekerja. Sebab, dengan menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan yang tepat, karyawan kemungkinan besar akan lebih bahagia dan merasa aman dalam peran mereka. Jika pekerja memiliki pengetahuan dan alat yang tepat, hal ini juga dapat meningkatkan moral di lokasi konstruksi dan menghasilkan produktivitas yang lebih baik. Dengan lebih sedikit penyakit dan cedera, para pekerja juga dapat menyelesaikan jam kerja yang ditentukan dengan lebih produktif.

4. Dapat Membantu Proyek Cepat Selesai

Keselamatan adalah bagian penting dalam menyelesaikan proyek. Jika kecelakaan terjadi di tempat kerja, waktu henti merupakan aspek yang dapat merepotkan setiap orang. Sebab, pencarian pekerja pengganti perlu dilakukan ketika seseorang tidak dapat melakukan pekerjaannya setelah kecelakaan. Hal ini baik secara langsung atau tidak langsung dapat menghambat kemajuan proyek yang dilakukan. Sebab, penggunaan alat pelindung diri bertujuan untuk menghindari luka akibat kecelakaan kerja. 

Itulah alasan pentingnya penggunaan pelindung diri bagi pekerja di lapangan. Selain menerapkan prosedur keselamatan di tempat kerja, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kesehatan. Nah, kamu bisa membuat tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Baca juga: 9 Jenis Alat Pelindung Diri (APD) dan Fungsinya

Referensi: 
NY Engineers. Diakses pada 2023. The Importance of Safety on Construction Sites. 
On Site Support. Diakses pada 2023. Why is Construction Safety Important?
jdih.kemnaker.go.id. Diakses pada 2023. UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1970
TENTANG KESELAMATAN KERDJA. 
Osha.gov. Diakses pada 2023. A safe workplace is sound business. 
djkn.kemenkeu.go.id. Diakses pada 2023. Kesehatan dan Keselamatan Kerja itu Penting. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan