Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Juli 2024

“Diare yang masih terbilang ringan umumnya bisa ditangani dengan perawatan rumahan. Mulai dari perbanyak asupan cairan, membuat oralit sendiri, hingga mengonsumsi teh jahe.”

Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di RumahIni Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta – Diare terjadi saat kamu mengalami buang air besar berulang kali dengan tekstur feses yang cair. Kondisi ini tentu membuat tubuh terasa tidak nyaman, bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sebelum mengonsumsi obat, kamu bisa juga mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Apa saja obat diare alami yang aman dan bisa dicoba di rumah? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Berbagai Obat Diare Alami yang Bisa Dicoba

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat diare, diantaranya: 

1. Oralit

Kamu berisiko tinggi mengalami dehidrasi ketika diare. Selain minum air putih lebih banyak, saat mengalami diare kamu juga disarankan minum oralit sebagai pengganti cairan tubuh. 

Oralit bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya, larutan sebanyak 6 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam di dalam satu liter air. Aduk sampai gula dan garam tercampur dan minum sebanyak 250 mililiter setiap empat hingga enam jam sekali. 

Jika bahan herbal belum bisa mengatasi diare yang kamu alami, cobalah konsumsi obat diare yang daftarnya ada pada artikel berikut “Ini 7 Pilihan Obat Diare yang Ampuh untuk Orang Dewasa”

2. Teh jahe

Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai herbal yang kaya khasiat. Tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia ini salah satunya bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan rasa tidak nyaman di area perut. 

Jahe banyak digunakan sebagai obat karena di dalamnya mengandung antioksidan, antibakteri, antinyeri, dan anti peradangan. Kamu bisa mengonsumsi air jahe atau teh jahe untuk kurangi rasa tidak nyaman akibat diare. 

3. Lada putih

Bahan alami yang bisa dicoba di rumah berikutnya yaitu lada putih. Lada putih umumnya berbentuk kering dan banyak digunakan sebagai penambah cita rasa masakan. 

Selain itu, ternyata lada putih juga punya manfaat sebagai obat alami untuk atasi diare dan sakit perut. Hal ini berkat kandungan piperine atau senyawa yang bisa meringankan rasa nyeri dan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Namun memang, hingga saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. 

4. Cuka apel

Bahan alami untuk atasi diare dan rasa tidak nyaman di perut berikutnya yaitu cuka apel. Cuka apel berasal dari ekstrak apel yang sudah melewati proses fermentasi. 

Proses fermentasi ini kemudian menghasilkan senyawa pektin, yang dipercaya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Nah, bakteri baik dalam sistem pencernaan nantinya bisa bantu mencegah terjadinya peradangan yang umum dialami oleh penderita diare. 

5. Chamomile

Saat mengalami diare, tak jarang perut akan terasa kembung dan mual. Kamu bisa mengatasinya dengan Chamomile yang kaya akan senyawa antiperadangan. 

Kamu bisa mengonsumsi teh chamomile seperti teh pada umumnya. Rebus tangkai chamomile kering hingga mendidih, kemudian tambahkan satu sendok teh madu untuk menambahkan cita rasa. 

Itulah beberapa obat alami diare yang bisa kamu coba di rumah. Jika diare tidak kunjung membaik, kamu bisa segera lakukan konsultasi ke dokter di Halodoc. 

Selain itu, kamu bisa juga mencoba obat diare generik yang diresepkan dokter. Beli lebih mudah secara online di Toko Kesehatan Halodoc menggunakan aplikasi Halodoc.

Referensi:
The American Journal of Chinese Medicine. Diakses pada 2024. Stir-fried white pepper can treat diarrhea in infants and children efficiently: a randomized controlled trial.
International Journal of Applied And Pure Science and Agriculture. Diakses pada 2024. Antibacterial Effect of Garlic and Ginger Extracts.
Journal of Agricultural and Food Chemistry. Diakses pada 2024. Ginger and Its Bioactive Component Inhibit Enterotoxigenic Escherichia coli Heat-Labile Enterotoxin-Induced Diarrhea in Mice.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Diarrhea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan