Ini Manfaat Rutin Olahraga Bersama Keluarga

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Juni 2023

“Melakukan olahraga bersama keluarga secara rutin memiliki banyak manfaat. Antara lain, mendorong kebiasaan baik, mempererat hubungan keluarga, dan membantu mengembangkan otak anak.”

Ini Manfaat Rutin Olahraga Bersama KeluargaIni Manfaat Rutin Olahraga Bersama Keluarga

Halodoc, Jakarta – Salah satu alasan mengapa orang malas berolahraga adalah karena takut olahraga sendirian. Supaya tidak malas, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk ikut olahraga bersamamu.

Memiliki teman atau partner yang bisa diajak berolahraga ternyata bisa meningkatkan semangat. Sebab, biasanya seseorang akan lebih senang dan termotivasi saat melakukan kegiatan bersama orang terdekatnya.

Selain membuat semangat, olahraga bersama keluarga juga memiliki manfaat yang lain. Mau tau apa saja? Simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Olahraga bersama Keluarga

Berikut ini manfaat melakukan olahraga bersama keluarga secara rutin:

1. Mendorong kebiasaan baik

Seperti yang sudah diketahui, kasus diabetes pada anak atau remaja sudah banyak terjadi di Indonesia. Umumnya kondisi ini disebabkan karena pola makan yang buruk dan kurangnya gerak.

Nah, dengan mengajak anak berolahraga ibu bisa mengurangi risiko penyakit ini, dan menjaga kesehatan anak agar terhindar dari penyakit lainnya. 

Tak hanya itu, melakukan olahraga bersama keluarga secara rutin, juga akan membangun kebiasaan baik yang akan diterapkan oleh anak seumur hidupnya. Dengan terbiasa berolahraga, ibu juga mengajari anak untuk berkomitmen dan menjadikan olahraga sebagai prioritas.

2. Mempererat hubungan keluarga

Melakukan olahraga bersama keluarga juga menjadi salah satu cara untuk mempererat hubungan. Penelitian telah menunjukan bahwa menghabiskan waktu bersama keluarga meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak, meningkatkan rasa memiliki, mendukung komunikasi, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Pilihlah olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama dan menyenangkan. Contohnya bersepeda, joging, bulu tangkis, voli, dan lain-lain. 

Dengan melakukan olahraga bersama anak, orang tua dapat mengetahui hal apa yang paling memotivasi anak, serta bagaimana mereka bekerja dalam tim. Tentunya kegiatan ini juga akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan baik untuk anak maupun orang tua.  

3. Mengurangi screen-time

Semenjak pandemi, kini baik anak-anak maupun orang dewasa rasanya sudah sangat bergantung pada gadget. Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar tidak hanya buruk untuk penglihatan, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Hal ini karena ketika kamu berkutat dengan smartphone tubuh menjadi kurang aktif bergerak. 

Karena itu, ajak keluarga untuk melakukan olahraga, sebagai suatu cara untuk beristirahat sejenak dari dunia maya. Tak perlu melakukan olahraga yang sulit, kamu bisa mengajak mereka untuk berjalan santai keliling komplek, jogging, atau berenang.

Selain menyehatkan, kegiatan ini juga membantu mengurangi stress yang diakibatkan karena terlalu lama melihat layar smartphone.    

4. Membantu mengembangkan otak anak

Melakukan aktivitas fisik ternyata juga berpengaruh pada perkembangan otak anak. Beberapa penelitian menunjukan bahwa berolahraga dapat mempengaruhi struktur otak anak, sehingga menghasilkan kinerja akademik yang lebih baik.

Anak-anak yang aktif bergerak telah dikaitkan dengan volume materi abu-abu yang lebih besar di beberapa daerah otak kortikal dan subkortikal. 

Materi abu-abu merupakan jaringan penting di otak dan sumsum tulang belakang yang berperan penting dalam fungsi mental, memori, emosi dan gerakan. Selain berolahraga ada cara lain juga untuk mengembangkan otak anak, ketahui info lebih lengkapnya di sini, “Ibu, Ini Kegiatan Seru untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Apabila kamu memiliki riwayat penyakit jantung, sangat penting melakukan olahraga bersama keluarga, untuk menjaga kesehatan jantung bersama. Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mencoba senam aerobik dengan intensitas sedang, karena tidak hanya menyenangkan, olahraga ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah penyakit 

Melakukan olahraga bersama keluarga juga dapat menjaga mereka terhindar dari penyakit. Rutin berolahraga menyebabkan antibodi dan sel darah putih bersirkulasi lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal.

Aktivitas ini juga membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara, yang dapat mengurangi kemungkinan terkena flu, pilek, atau penyakit lainnya. 

Setelah berolahraga, jangan lupa juga untuk membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri supaya terhindar dari penyakit. Nah, kamu bisa gunakan sabun Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 untuk menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga. 

Sesuai namanya, Lifebuoy Anti Bacterial mengandung Activ Silver+ formula yang dapat bekerja sama dengan imunitas kulit dan memberikan perlindungan 10 kali lebih kuat untuk melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Dengan busanya yang lembut dan kaya manfaat Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dapat membersihkan pori-pori secara mendalam dan melawan 99.9 persen kuman penyebab penyakit. Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan keluarga dengan rutin berolahraga dan merawat kebersihan menggunakan Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 .

Itulah beberapa manfaat rutin berolahraga bersama keluarga yang bisa kamu pahami. Jika kamu atau anggota keluarga mengalami keluhan kesehatan, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Referensi: 
Metro YMCA. Diakses pada 2023. 5 Benefits of Being Active with Family.
Mindful Living Network. Diakses pada 2023. Amazing Benefits of Families Exercising Together.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan