Ini Manfaat Kuaci atau Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Oktober 2022

“Kuaci atau biji bunga matahari mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kuaci di antaranya mengurangi peradangan, mengelola diabetes, hingga meningkatkan kesehatan kulit dan tulang.”

Ini Manfaat Kuaci atau Biji Bunga Matahari untuk KesehatanIni Manfaat Kuaci atau Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kuaci atau biji bunga matahari dipanen dari kepala bunga matahari. Bijinya terbungkus cangkang berwarna hitam atau putih dan memiliki tekstur yang lembut. Kamu bisa memakannya secara mentah, dipanggang, atau dicampur ke dalam hidangan lain.

Manfaat kuaci hadir karena nilai gizinya yang tinggi, selain itu rasanya juga khas dan enak. Makanan sehat ini mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan ganda, yang merupakan sumber lemak antiinflamasi dan baik untuk jantung yang sehat. Selain itu, kuaci juga merupakan sumber serat dan protein yang baik. 

Lantas, apa saja manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan 

Banyak studi yang menghubungan konsumsi biji bunga matahari dengan sejumlah manfaat kesehatan. Misalnya, menurunkan risiko penyakit akibat tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Kuaci diketahui mengandung nutrisi yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mampu meningkatkan energi. 

Berikut beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi peradangan

Biji bunga matahari menawarkan manfaat antiinflamasi berkat kandungan vitamin E, flavonoid, dan senyawa tumbuhan lain yang dapat mengurangi peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kuaci dan jenis biji lainnya sebanyak lebih dari lima kali setiap minggu, dapat menurunkan peradangan. Selain itu, konsumsi kuaci secara rutin dapat menurunkan faktor risiko beberapa penyakit kronis. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji bunga matahari memiliki banyak lemak sehat, termasuk lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kuaci secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan energi

Tingkat protein yang tinggi dalam kuaci juga dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Ditambah lagi dengan adanya nutrisi lain seperti vitamin B dan selenium yang juga membantu tubuh tetap berenergi. Vitamin B1 (juga dikenal sebagai thiamin) yang terkandung dalam kuaci dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Sementara itu, selenium dapat meningkatkan aliran darah dan memberikan banyak oksigen ke tubuh.

4. Baik untuk kesehatan kulit dan tulang

Kuaci juga mengandung asam lemak omega-6, yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Mengingat kekurangan asam esensial dapat berpengaruh pada fungsi dan penampilan kulit, maka makan kuaci sangat direkomendasikan untuk mencegah kondisi kulit. Contohnya seperti dermatitis, dan mengurangi efek penuaan pada kulit. Biji bunga matahari juga mengandung zinc, magnesium, kalsium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. 

5. Diabetes

Efek kuaci pada gula darah dan diabetes tipe 2 telah diuji dalam beberapa penelitian dan tampak menjanjikan, meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Studi pada PubMed menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 30 gram kuaci setiap hari, mengalami penurunan gula darah  sekitar 10 persen dalam waktu enam bulan. Hal tersebut jika dibandingkan dengan pola makan biasa. Efek penurunan gula darah dari kuaci kemungkinan disebabkan oleh senyawa tanaman asam klorogenat. 

Biji bunga matahari bisa menjadi alternatif camilan sehat sehari-hari. Makanan ringan ini menawarkan nutrisi penting dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kuaci juga mengandung serat dan memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. 

Sebagai sumber mineral yang baik, kuaci dapat mendukung kesehatan tulang, kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, beberapa orang mungkin alergi atau sensitif terhadap kuaci.

Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai pola makan sehat atau memiliki keluhan kesehatan, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Sunflower Seeds
Healthline. Diakses pada 2022. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More
Medical News Today. Diakses pada 2022. Sunflower seeds: Nutritional and health benefits

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan