Ini Langkah-Langkah Pengobatan Sindrom Kelelahan Kronis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Juli 2024

“Sindrom kelelahan kronis merupakan kondisi tubuh yang terus-menerus mengalami kelelahan meskipun telah beristirahat secara cukup. Memperbaiki pola tidur, mengelola stres, serta mengonsumsi obat tertentu dapat meringankan gejala sindrom ini.”

Ini Langkah-Langkah Pengobatan Sindrom Kelelahan KronisIni Langkah-Langkah Pengobatan Sindrom Kelelahan Kronis

DAFTAR ISI

  1. Pengobatan Sindrom Kelelahan Kronis di Rumah
  2. Menggunakan Obat-Obatan
  3. Pengobatan Alternatif untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Halodoc, Jakarta – Kelelahan sebenarnya merupakan hal yang wajar setelah seseorang melakukan suatu aktivitas dan kurangnya istirahat. Namun, terdapat kondisi kelelahan yang disebut sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome yang justru tidak berhubungan dengan kurangnya waktu beristirahat. 

Kondisi ini ditandai dengan kelelahan yang ekstrem dan berkepanjangan. Seseorang dikatakan mengalami sindrom ini apabila mengalami kelelahan yang tidak kunjung hilang selama enam bulan atau lebih. Bahkan, tidak membaik meskipun sudah cukup beristirahat.

Sebenarnya, tidak ada standar pengobatan tertentu untuk mengobati kondisi ini. Namun, terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Pengobatan Sindrom Kelelahan Kronis di Rumah

Melakukan perubahan gaya hidup adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi sindrom kelelahan kronis.

Perubahan ini bisa berpengaruh sangat besar untuk perasaan dan pikiran yang kamu alami.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Kenali batas aktivitas yang bisa dilakukan.
  • Memperbaiki pola atau kebiasaan tidur.
  • Melatih pikiran dan pernapasan untuk mengelola stres.
  • Diet.

Menggunakan Obat-Obatan

Salah satu cara untuk mengelola gejala sindrom kelelahan kronis adalah dengan mengonsumsi beberapa obat yang dapat meredakan gejalanya.

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan sindrom kelelahan kronis secara langsung, berbagai obat dapat membantu mengurangi intensitas gejala yang dialami sehingga memungkinkan penderita untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman. 

Penggunaan obat-obatan ini sering kali menjadi bagian dari strategi pengelolaan gejala yang lebih luas, yang mencakup perubahan gaya hidup, terapi fisik, dan teknik manajemen stres. 

  • Obat tidur. Obat tidur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur yang sering kali terganggu pada penderita sindrom kelelahan kronis. Tidur yang berkualitas dapat membantu tubuh dalam proses pemulihan dan mengurangi kelelahan.
  • Obat pereda nyeri.Obat pereda nyeri digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin dirasakan oleh penderita sindrom kelelahan kronis, terutama jika disertai dengan nyeri otot atau sendi.
  • Obat antiinflamasi non-steroid atau NSAID, seperti ibuprofen atau naproxen. NSAID bekerja dengan mengurangi peradangan dan nyeri. Ini bermanfaat bagi penderita sindrom kelelahan kronis yang mengalami nyeri otot atau sendi yang terkait dengan peradangan 

Meskipun ketiga jenis obat tersebut bisa kamu konsumsi tanpa resep dokter, tetapi pastikan kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu guna mencegah dampak dan efek samping yang tidak diinginkan.

Selain menjadi tanda dari sindrom kelelahan kronis, Kelelahan Berkepanjangan juga Bisa Jadi Tanda Gangguan Tiroid.

Selain itu, terdapat beberapa obat lain, yaitu obat antidepresan yang bisa digunakan untuk mengobati atau meringankan gejala chronic fatigue syndrome.

Namun, penggunaan obat tersebut memerlukan resep dokter sebelum mengonsumsinya. 

Pengobatan Alternatif untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengobatan alternatif untuk mengelola atau mengobati sindrom kelelahan kronis.

Namun, pengobatan alternatif ini belum memiliki penelitian yang lebih lanjut. Sebab, metode ini berhasil di sebagian orang, sementara sebagian lainnya tidak. 

  • Akupunktur: Berbagai bentuk akupunktur dapat membantu beberapa orang dalam mengelola rasa sakit. Metode ini juga digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. 
  • Pijat: Pijatan yang lembut dan santai dapat membantu relaksasi, mengurangi kecemasan, dan memperbaiki kualitas tidur.
  • Qigong: Ini adalah praktik tradisional Tiongkok untuk meningkatkan pergerakan energi (qi atau chi) di seluruh tubuh. 
  • Hipnoterapi: Terapi ini mungkin ditujukan untuk mencapai relaksasi dan mengurangi stres.

Itulah berbagai langkah-langkah dan cara pengobatan yang bisa dilakukan terkait sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome. 

Ketahui juga, Ini Hal yang Bisa Menyebabkan Sindrom Kelelahan Kronis.

Perlu diingat bahwa tidak semua cara tersebut cocok untuk semua orang. Sebab, hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi kesehatan setiap orang yang berbeda-beda.

Karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc jika kamu mengalami sindrom kelelahan kronis.

Dokter di Halodoc bisa menyarankan metode atau cara yang efektif sesuai dengan kondisi yang kamu alami.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Myalgic encephalomyelitis/chronic fatigue syndrome (ME/CFS)
National Health Service. Diakses pada 2024. Myalgic encephalomyelitis or chronic fatigue syndrome (ME/CFS). 
Very Well Health. Diakses pada 2024. How Chronic Fatigue Syndrome Is Treated. 
Healthline. Diakses pada 2024. CFS (Chronic Fatigue Syndrome).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan