Ini Kandungan Protein Telur Rebus yang Wajib Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Desember 2022

“Telur rebus memiliki protein yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Satu telur rebus bisa memiliki 6 gram protein saat dikonsumsi.”

Ini Kandungan Protein Telur Rebus yang Wajib DiketahuiIni Kandungan Protein Telur Rebus yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi, salah satunya protein. Di samping tahu dan tempe, telur rebus memang kerap menjadi pilihan dalam memenuhi nutrisi agar tubuh tetap sehat. Namun, besarannya perlu diketahui guna memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Besaran Kandungan Protein pada Telur Rebus

Telur merupakan sumber protein yang baik disertai semua asam amino esensial di dalamnya sebagai pelengkap. Satu telur rebus mengandung 6 gram protein, angka ini dapat mencukupi 11% asupan harian pada pria dan 14% pada wanita. Pada telur berukuran besar, sekitar 43% proteinnya ditemukan pada kuning telur.

Pria membutuhkan protein sebesar 56 gram dan wanita sebesar 46 gram. Tercukupinya kebutuhan protein harian dapat membuat tubuh mereka mampu menjaga kebugarannya.

Protein lebih dibutuhkan oleh atlet yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan. Rekomendasi besaran protein pada atlet sebesar 1,2 hingga 2 gram protein untuk setiap 1 kg berat badan.

Hal ini juga tergantung pada intensitas latihan. Jumlah protein yang dibutuhkan setiap hari juga bisa bertambah atau berkurang, tergantung kesehatan seseorang dan tuntutan medisnya.

Ada beberapa nutrisi menyehatkan lainnya yang terkandung pada telur rebus selain protein, yaitu:

  • Kalori sebesar 77
  • Karbohidrat sebesar 0,6 gram
  • Total lemak sebesar 5,3 gram
  • Lemak jenuh sebesar 1,6 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal sebesar 2 gram
  • Kolesterol sebesar 212 mg

Ada juga nutrisi menyehatkan lainnya yang didapatkan tubuh melalui persentase, seperti:

  • Vitamin A sebesar 6% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B2 sebesar 15% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B12 sebesar 9% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B5 sebesar 7% dari kebutuhan harian
  • Fosfor sebesar 9% dari kebutuhan harian
  • Selenium sebesar 22% dari kebutuhan harian

Telur rebus mengandung asam amino yang lengkap, artinya dapat menjadi sumber protein yang baik. Makanan ini juga dapat memberikan banyak nutrisi menyehatkan lainnya. Kamu bisa mendapatkan kandungan protein dari putih maupun kuning telurnya.

Atau kamu juga bisa mendapat protein dari whey, ini ulasannya: Ini Manfaat Whey Protein untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya.

Apakah Kandungan Kolesterol pada Telur Rebus Berbahaya?

Telur rebus mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Namun, besarannya tidak meningkatkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular. Meski begitu, ada juga yang percaya jika mengonsumsi telur terlalu banyak juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Faktanya, studi terbaru menyebut jika diet kolesterol memiliki efek yang sedikit pada kadar kolesterol pada darah. Kandungan pada makanan ini tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, konsumsi makanan ini aman dilakukan setiap hari terkait jantung.

Itulah pembahasan mengenai protein telur rebus, salah satu makanan yang kandungan zat tersebut cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan ini secara rutin, diharapkan kebutuhan protein harian pada tubuh tercukupi dengan baik. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat pada para atlet yang ingin menjaga tubuhnya tetap prima.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait protein telur rebus, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan melalui smartphone yang dimiliki. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
SF Gate. Diakses pada 2022. How Much Protein Is in a Boiled Egg?
Healthline. Diakses pada 2022. Hard-Boiled Egg Nutrition Facts: Calories, Protein and More.
Vinmec. Diakses pada 2022. Nutrition facts of hard-boiled eggs: Calories, Protein and more.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan