Ini Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Ikan Patin

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Agustus 2022

“Ikan patin kaya nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalori, lemak, protein, natrium, vitamin B12, selenium, fosfor, dan tiamin.”

Ini Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Ikan PatinIni Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Ikan Patin

Halodoc, Jakarta –  Ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dari daging merah. Daging merah tinggi lemak jenuh, vitamin B12, zat besi, niasin, dan seng. Sementara itu, ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin D, tiamin, selenium, dan yodium.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak adalah ikan patin. Kandungan vitamin B12 pada patin dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, dan pencegahan terhadap anemia. Yuk simak selengkapnya menegnai kandungan nutrisi pada ikan patin lainnya di sini!

Kandungan Nutrisi pada Ikan Patin

Perbedaan jenis ikan patin nyatanya dapat berdampak pada kandungan nutrisi yang tidak sama pula. Misalnya, pada ikan patin yang dibesarkan di peternakan, mereka biasanya diberikan makanan berprotein tinggi yang mencakup biji-bijian seperti kedelai, jagung, dan gandum. Vitamin, mineral, antioksidan, asam lemak, dan bahkan probiotik juga secara teratur ditambahkan ke pakannya. Alhasil, ikan patin di peternakan memiliki kandungan nutrisi lebih baik ketimbang patin liar.

Akan tetapi, umumnya ikan patin berukuran 100 gram memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti: 

  • 105 kalori.
  • 2,9 gram lemak.
  • 18 gram protein.
  • 50 mg natrium.
  • Memenuhi 121 persen kebutuhan harian vitamin B12.
  • Memenuhi 26 persen  kebutuhan harian selenium.
  • Memenuhi  24 persen kebutuhan harian fosfor.
  • Memenuhi 15 persen kebutuhan harian tiamin.
  • Memenuhi 18 persen kebutuhan harian kalium.
  • Memenuhi 24 persen kebutuhan harian kolesterol.
  • 237 mg asam lemak omega-3.
  • 337 mg asam lemak omega-6.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak kekhawatiran tentang kontaminasi logam berat pada ikan dan makanan laut lainnya. Salah satunya adalah kandungan logam berat merkuri pada makanan laut. 

Berbeda dengan ikan yang hidup di laut, ikan patin yang tergolong sebagai ikan air tawar ini mengandung konsentrasi merkuri yang sangat minimal.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S. Food and Drug Administration yang berlangsung dari tahun 1990 hingga 2012, rata-rata kandungan merkuri yang terdapat pada ikan patin adalah 0,024 PPM.

Tips Memilih Ikan Patin Segar

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada ikan patin, tentunya hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan lainnya adalah memastikan kalau ikan yang kamu beli masih dalam kondisi segar. Ikan yang segar berarti masih memiliki kandungan nutrisi.

Nah, ada beberapa cara untuk tahu apakah ikan patin yang ingin kamu beli masih dalam kondisi segar, yaitu:

1. Bau

Ikan yang masih segar seharusnya tidak memiliki bau asam ataupun amis yang berlebihan. 

2. Penyimpanan Ikan 

Proses penyimpanan ikan bisa menentukan tingkat kesegarannya. Jangan membeli ikan yang sudah disimpan dalam jangka waktu terlalu lama.

3. Penampilan

Tampilan ikan yang kamu beli adalah indikator kualitas kesegarannya. Ikan yang berkualitas harus memiliki penampilan yang cerah dan warna yang relatif jernih. Ikan juga harus terlihat padat berisi.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, dan tips membeli ikan patin segar untuk diolah. Punya pertanyaan lebih jauh mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.
Heartland Catfish.com. Diakses pada 2022. A Nutritional Breakdown of U.S. Farm-Raised Catfish.
Stylecraze.com. Diakses pada 2022. Catfish Nutrition Facts, Health Benefits, Recipes, And More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan